Tazkia, Aulia and Risna Wijayanti, (2022) Pengaruh Influencer Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal (Studi Pada Generasi Milenial Di Wilayah Dki Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Proporsi jumlah investor generasi milenial yang cukup besar di Indonesia menunjukkan potensi generasi milenial sebagai investor potensial bagi perkembangan pasar modal Indonesia di masa depan. Di sisi lain indeks literasi keuangan Indonesia masih rendah dibandingkan negara lain, sehingga dapat mengakibatkan munculnya perilaku herding dari investor. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan literasi keuangan agar investor dapat membuat keputusan investasi yang rasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari influencer keuangan dan literasi keuangan terhadap minat investasi generasi milenial di wilayah DKI Jakarta. Metode analisis yang digunakan adalah analisis partial least square dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Sampel terdiri dari 100 orang responden yang merupakan investor individu yang termasuk ke dalam generasi milenial. Hasil temuan dari studi ini menunjukkan bahwa influencer keuangan dan literasi keuangan secara positif dan signifikan terbukti menentukan minat investasi individu. Literasi keuangan memiliki peranan yang lebih dominan terhadap minat investasi seseorang dibandingkan dengan influencer keuangan.
English Abstract
The high numbers of millennial investors in Indonesia have indicated the generation’s prospects to become potential investors for Indonesia’s future capital market development. However, as the financial literacy index of the country is still low, it is very likely that herding behavior appears among investors. Therefore, financial literacy is required to enable them to make rational investment decisions. The objective of this research is to identify the effects of financial influencer and financial literacy on the investment interest of millennials in the Special Capital Region of Jakarta. Here Partial Least Squares were used for the analysis, performed in SmartPLS 3.0. The samples are 100 individual investors categorized as millennials. This study finds that financial influencer and financial literacy positively and significantly determine individual interest on investment. Furthermore, financial literacy has a more dominant effect that financial influencer
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | :0522020186 |
Uncontrolled Keywords: | Kunci: Influencer Keuangan, Literasi Keuangan, Minat Investasi, Generasi Milenial, financial influencer, financial literacy, investment interest, millennial generation |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 06:29 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 06:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196884 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
AULIA TAZKIA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (9MB) |
Actions (login required)
View Item |