Hidayati, Andina and Dr.Andarwati, and Dr. Siti Aisjah, (2022) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilias Terhadap Nilai Perusahan Dimediasi Leverage (Studi Pada Perusahaan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Nilai perusahaan adalah presepsi para investor terhadap keberhasilan dari suatu perusahaan yang keranp kali dikaitan dengan harga saham dari perusahaan tersebut. Nilai perusahaan yang tinggi juga mencerminkan bahwa perusahaan memiliki prospek serta kinerja yang baik pula. Berdasarkan penelitian terdahulu terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan diantaranya:ukuran perusahaan,pertumbuhan perusahaan, profitabilitas,serta leverage. Terdapat beberapa faktor yang memiliki hubungan sserta pengaruh yang tidak konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas terhada nilai perusahaan yang dimediasi oleh leverage. Populasi pada penelitian ini adalah perusahan sektor makanan dan minuman yang tertdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Metode penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dan sampel yang digunakan sebantak 19 perusahaan. Metode analisis yang digunakan untuk menjawab msalah penelitian dan pengujian hipotesis yaitu teknik analisis jalur (path analysis) dan sobel tesrt. Hasil pnelitian ini menunjukan bahwa 1) ukuran perusahaan signifikan terhadap leverage, 2) pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas tidak signifikan terhadap leverage, 3) ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage signifikan terhadap nilai perusahaan, 4) pertumbuhan perusahaan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. 5) Sedangkan untuk pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa leverage tidak mampu memediasi ukuran perusahaan ,pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan.
English Abstract
Firm value is investors perception of the success of a company which is often associated with the share price of the company. A high company value also reflects that the company has good prospects and performance as well. Based on previous research, there are several factors that influence firm value including: firm size, firm growth, profitability, and leverage. There are several factors that have an inconsistent relationship and influence. This study aims to determine the effect of firm size, firm growth, profitability on firm value mediated by leverage. The population in this study are food and beverage sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2016-2020 period. The sampling method used the saturated sample technique and the sample used was 19 companies. The analytical methods used to answer research problems and hypothesis testing are path analysis and Sobel tests. The results of this study show that 1) firm size has a significant effect on leverage, 2) firm growth and profitability have no significant effect on leverage, 3) firm size, profitability, leverage have a significant effect on firm value, 4) firm growth has no significant effect on firm value. . 5) As for the indirect effect, it shows that leverage is not able to mediate firm size, firm growth, and profitability on firm value.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | :0422020018 |
Uncontrolled Keywords: | Ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, leverage, nilai perusahaan, Firm size, firm growth, profitability, leverage, firm value |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 06:45 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 06:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196819 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Andina Hidayati.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |