Analisis Mekanisme Pembiayaan Mikro Kepada Kelompok Umkm Di Bank Dki Syariah Dan Bank Dki Konvensional

Sari, Amila Aulia and Aminnullah Ahmad Muttaqin (2021) Analisis Mekanisme Pembiayaan Mikro Kepada Kelompok Umkm Di Bank Dki Syariah Dan Bank Dki Konvensional. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembiayaan untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM). Supaya masyarakat bisa membedakan antara mekanisme pembiayaan atau kredit dalam Bank Syariah dengan Bank Konvensional yang bisa dibedakan yaitu dari segi hukum akad yang digunakan, persyaratan yang diajukan oleh Bank itu sendiri. Dan pembiayaan mana yang lebih memberikan kemudahan untuk pelaku kelompok UMKM. Secara singkat Bank Syariah dalam melaksanakan akad pembiayaan murabahah namun bank konvensional menggunakan sistem bunga. Jadi masyarakat bisa lebih tau atau waspada terhadap perbankan di Indonesia terutama pada pembiayaan.

English Abstract

The objective of this reseach is to identify the mechanism of financing for micro, small, and medium-sized enterprises (MSME). The identification can help people distinguish financing mechanisms applied in islamic and conventional banks based on the law of the contracts and the requirements made by the bank. Furthermore, MSME can Choose easily which type of financing benefit them most. In brief, Islamic banks use Murabaha, while their counterparts use interest system. Hence, people can be more aware about banking in Indonesia especially in terms of the offered financing products.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020552
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:27
Last Modified: 19 Jan 2023 07:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196784
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
amila aulia sari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 March 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item