Haritz, Ahmad Nauval and Christin Susilowati (2022) Analisis Penerapan Strategi Cost Transparency Pada Usaha Coffee Roastery (Studi Pada Langgan Coffee Roasters). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan bisnis di industri kopi semakin ketat tiap tahunnya. Dimulai dengan konsumsi dan produksi kopi Indonesia yang meningkat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, juga dalam periode tahun 2016-2019 tercatat ada peningkatan jumlah kedai kopi di Indonesia sebanyak 3 kali lipat. Berdasarkan fenomena tersebut, dibutuhkan strategi yang berbeda agar bisnis dapat bersaing dan eksis. Maka dilakukanlah penelitian cost transparency sebagai strategi berbeda yang diterapkan oleh Langgan Coffee Roasters, bisnis yang kegiatan utamanya menyangrai dan menjual biji kopi dengan metode berlangganan dan konsep transparansi biaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan cost transparency dan preferensi pelanggan terhadap penerapan cost transparency di Langgan Coffee Roasters. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan datanya. Hasilnya didapatkan bahwa cost transparency di Langgan Coffee Roasters diterapkan dengan cara membuka struktur biaya yang menyusun produk melalui Google Sheets yang dibuka aksesnya untuk umum dan preferensi pelanggan terhadap penerapan strategi tersebut adalah meningkatnya product knowledge konsumen, menumbukan kepercayaan terhadap penjual, menciptakan kedekatan hubungan antara penujual dengan pembeli, dan dapat menentukan anggaran sebelum melakukan pembelian.
English Abstract
Business competition in coffee industry is increasing in every year. Coffee consumption and production in Indonesia have been increasing drastically during the last five years. It has also been recorded that the number of coffee shops tripled only from 2016 to 2019. Therefore, coffee businesses need to apply different strategies in order to stay exist and competitive. This research was conducted at Langgan Coffee Roasters, a business that uses cost transparency whose main activities are roasting and selling coffee beans through subscription. The goal of this study is to identify how the strategy is applied and how their customers respond to it. The data of this research was harvested through interviews, observations, and documentations. This study finds that cost transparency is applied by opening the cost structure that constitutes the product to the public through Google Sheets. Their customers respond to it well since they can get better product knowledge and can make better budget planning before making transaction. Then, as they trust the company more, both parties have a closer relationship.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | :0522020163 |
Uncontrolled Keywords: | Cost Transparency, Kopi, Strategi,Cost transparency, Coffee, Strateg |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 02:18 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 02:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196751 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ahmad Nauval Haritz.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |