Pengaruh Kepercayaan Kepada Pemerintah, Kualitas Pelayanan Petugas Pajak Dan Diskriminasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Umkm Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan)

Kusuma, Abel Nathaniel Bima Arya and Devy Pusposari, (2022) Pengaruh Kepercayaan Kepada Pemerintah, Kualitas Pelayanan Petugas Pajak Dan Diskriminasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Umkm Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh kepercayaan kepada pemerintah, kualitas pelayanan petugas pajak, dan diskriminasi terhadap kepatuhan pajak. Kepatuhan wajib pajak merupakan salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan penerimaan pajak. Kepatuhan mengenai perpajakan merupakan tanggung jawab kepada Tuhan, pemerintah, dan rakyat sebagai Wajib Pajak untuk memenuhi semua kegiatan kewajiban perpajakan dan melaksanakan hak perpajakannya. Data diperoleh dari wajib pajak UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Malang Selatan dengan metode pengambilan sampel convenience sampling. Penelitian ini menggunakan metode survei kuesioner yang disebarkan secara online dan secara langsung dengan mendatangi UMKM di wilayah kerja KPP Pratama Malang Selatan untuk mengumpulkan data responden. Data yang dapat diolah dalam penelitian ini adalah sebanyak 99 kuesioner atau 91,66% dari jumlah kuesioner yang disebarkan oleh peneliti. Pengujian data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan kepada pemerintah, dan kualitas pelayanan petugas pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan pajak, sedangkan diskriminasi berpengaruh negatif terhadap kepatuhan pajak. Di samping itu, diskriminasi merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepatuhan pajak.

English Abstract

The objective of this research is to analyze and assess the effects of trust in the government, tax official’s service quality, and discrimination on taxpayer’s compliance, which is a key factor for tax revenue improvement. Citizens’ compliance to tax is their responsibility to God, the government, and to themselves as taxpayers. They have to fulfill all tax obligation activities and carry out their taxation rights. The data of this research was harvested from questionnaires distributed both online and offline to MSME taxpayers listed on the Small Taxpayers Office of South Malang that had been selected using convenience sampling. A number of 99 sheets of questionnaires (91.66%) were recollected and processed. The results of the multiple linear regression analysis have led to findings that trust in the government and tax official’s service quality positively influence the tax compliance, that discrimination negatively affects the tax compliance, and that discrimination is the most dominant factor for tax compliance

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020150
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Pajak, Kepercayaan Kepada Pemerintah, Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Diskriminasi, tax compliance, trust in government, tax official’s service quality, discrimination
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Jan 2023 07:02
Last Modified: 18 Jan 2023 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196706
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Abel Nathaniel Bima Arya Kusuma.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item