Analisis Strategi Marketing Politik Relawan Gerakan Sosial (Rgs) Indonesia Dalam Pemenangan Pasangan Calon Khofifah-Emil Pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur Tahun 2018

Khozin, Taufiq Muhammad and Tri Hendra Wahyudi, (2022) Analisis Strategi Marketing Politik Relawan Gerakan Sosial (Rgs) Indonesia Dalam Pemenangan Pasangan Calon Khofifah-Emil Pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur Tahun 2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Kontemporer ini sejak tahun 2014, fenomena kehadiran relawan politik dalam agenda kontestasi politik semakin banyak kita jumpai tidak terkecuali pada saat pemilihan Gubernur Jawa Timur tahun 2018 lalu. RGS adalah relawan mandiri dan juga salah satu relawan efektif dalam pemenangan pasangan Khofifah- Emil pada pemilihan Gubernur Jawa Timur tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif - deskriptif dengan pendekatan paradigma post- positivisme untuk mengkaji mengenai strategi marketing politik RGS untuk mendapatkan dukungan massa serta bagaimana posisi dan hubungan RGS dalam tim pemenangan. Peranan RGS dalam pemenangan Khofifah-Emil diidentifikasi melalui strategi marketing politik yang dilakukan dan dianalisis dengan menggunakan teori Marketing Politik 3p oleh Adman Nursal. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan proses wawancara langsung dengan narasumber yaitu para pelaksana dan aktor terkait dalam strategi dan marketing politik yang dilakukan RGS dalam pemenangan Khofifah-Emil serta masyarakat lokal untuk melihat respon terhadap marketing politik yang dilakukan oleh relawan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan peranan RGS dalam pemenangan Khofifah-Emil mulai dari segmentasi dan targeting marketing politik yang menuju pada basis lawan dan disesuaikan dengan karakteristik identitas dan politik suatu daerah, kemudian pendekatan marketing politik yang dilakukan oleh RGS untuk mendapatkan dukungan massa juga dilakukan mulai dari bergerak secara door to door langsung menuju masyarakat pemilih, pendekatan dengan menggunakan media cetak, elektronik, online, ataupun media sosial, dan melakukan penyebaran Alat Peraga Kampanye melalui koordinator sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing. Temuan dalam penelitian inipun juga melihat RGS merupakan relawan mandiri yang bergerak atas motif pribadi yaitu tidak dibuat atas kepentingan paslon, partai politik atau pihak manapun.

English Abstract

In this Contemporary since 2014, the phenomenon of the presence of political volunteers in the political contestation agenda is increasingly being encountered, including during the 2018 East Java gubernatorial election. RGS is an independent volunteer and also one of the best volunteers in winning the Khofifah- Emil pair in the 2018 East Java Governor election. This study uses a qualitative - descriptive method with a post-positivism paradigm approach to examine the RGS political marketing strategy to get mass support and how the position and relationship of RGS in the winning team. The role of RGS in winning Khofifah- Emil was identified through a political marketing strategy that was carried out and analyzed using the 3p Political Marketing theory by Adman Nursal. The data collection of this research was carried out by direct interviews with resource persons, namely the implementers and related actors in the strategy and political marketing carried out by RGS in winning Khofifah-Emil and the local community to see the response to political marketing carried out by these volunteers. The results of this study indicate the role of RGS in winning Khofifah-Emil starting from segmenting and targeting political marketing that leads to the opponent's base and is adjusted to the identity and political characteristics of a region, then the political marketing approach carried out by RGS to get mass support is also carried out starting from moving door to door directly to the voting community, approaches using print, electronic, online, or social media, and distributing Campaign Props through coordinators according to the needs of each region. The findings in this study also see that RGS is an independent volunteer who works for personal motives, that is, it is not made on the interests of the candidate pair, political party or any party

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522110022
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Gubernur Jawa Timur, Relawan Politik, Marketing Politik,RGS, East Java Governor Election, Political Volunteers, Political Marketing,RGS
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:34
Last Modified: 18 Jan 2023 03:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196695
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
TAUFIQ MUHAMMAD KHOZIN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item