Ramadiansyah, Sahri Aflah and Dr. Bambang Dwi Prasetyo, and Reza Safitri, (2022) Pengaruh Self-Efficacy Dan Social Influence Terhadap Behavioral Intention To Use Zoom Cloud Meeting Dalam Pelaksanaan Virtual Learning Mahasiswa Universitas Brawijaya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini menganalisis hubungan antara pengaruh self-efficacy dan social influence terhadap behavioral intention to use Zoom Cloud Meeting dalam pelaksanaan virtual learning pada Mahasiswa Universitas Brawijaya. Teori yang digunakan oleh Davis (1989) adalah Technology Acceptance Model (TAM). Teori ini memprediksi penerimaan penggunaan terhadap teknologi berdasarkan dua faktor kognitif yaitu persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan. Dalam penelitian ini peneliti memodifikasi konsep teori inti yaitu Perceiver Usefulness (PU), Perceived Easy of Use (PEOU), dan Behavioral Intention to Use (BITU) dengan menambahkan variabel eksternal yaitu Self-Efficacy dan Social Influence terhadap penggunaan Zoom CLoud Meeting dalam peaksanaan virtual learning Mahasiswa Universitas Brawijaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh self-efficacy terhadap behavioral intention to use zoom cloud meeting dalam pelaksanaan virtual learning mahasiswa Universitas Brawijaya melalui mediasi perceived usefulness, dan melalui mediasi perceived easy of use, selanjutnya untuk mengetauhi pengaruh social influence terhadap behavioral intention to use zoom cloud meeting melalui mediasi perceived usefulness, dan melalui mediasi perceived easy of use. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan di Universitas Brawijaya Malang yang memiliki jumlah populasi 50.359 Mahasiswa dan untuk pengambilan sampel peneliti menggunakan rumus slovin dengan tingkat error 10% yaitu kepada 100 Mahasiswa Universitas Brawijaya, serta menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dalam membegi sampel dari berbagai fakultas yang berbeda. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan google form sebagai alat dalam penyebaran kuesioner dan peneliti menggunakan Smart PLS 3 dalam menghitung data statistik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah self-efficacy atau efikasi diri dapat digunakan sebagai faktor eksternal dalam pengembangan konsep TAM, dan faktor eksternal social influence tidak dapat digunakan dalam pengembangan konsep TAM karena social influence tidak memiliki pengaruh tidak langsung terhadap persepsi kemudahan dan tidak berpengaruh langsung terhadap niat untuk menggunakan. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat menguji konsep TAM dengan variabel eksternal yang berbeda agar dapat mengembangkan konsep TAM agar lebih luas, dan dapat mengambil sampel dari lokasi yang berbeda agar dapat menjadi perbandingan penelitian ini dengan penelitian yang akan datang
English Abstract
This study analyzes the relationship between the influence of self-efficacy and social influence on the behavioral intention to use Zoom Cloud Meeting in the implementation of virtual learning in Brawijaya University students. The theory used by Davis (1989) is the Technology Acceptance Model (TAM). This theory predicts acceptance of the use of technology based on two cognitive factors, namely perceived usefulness and perceived convenience. In this study, the researchers modified the core theory concepts, namely Perceived Usefulness (PU), Perceived Easy of Use (PEOU), and Behavioral Intention to Use (BITU) by adding external variables, namely Self-Efficacy and Social Influence on the use of Zoom Cloud Meetings in virtual operations student learning Brawijaya University. The purpose of this study is to describe and analyze the effect of self-efficacy on behavioral intention to use zoom cloud meeting in the implementation of virtual learning by Brawijaya University students through perceived usefulness mediation, and through perceived easy of use mediation, then to determine the effect of social influence on behavioral intention to use zoom cloud meeting through perceived usefulness mediation, and through perceived easy of use mediation. In this study using a quantitative approach and carried out at Brawijaya University Malang which has a population of 50.359 students and for sampling, the researchers used the Slovin formula with an error rate of 10%, namely to 100 Brawijaya University students, and used the proportionate stratified random sampling technique in dividing samples from various faculties. In collecting data, researchers used google form as a tool for distributing questionnaires, and researchers used Smart PLS 3 in calculating statistical data. This study concludes that self-efficacy can be used as an external factor in the development of the TAM concept, and external social influence factors cannot be used in the development of the TAM concept because social influence does not have an indirect effect on perceived convenience and does not directly affect intention. to use. Suggestions for further research can be to test the TAM concept with different external variables to develop the TAM concept to be wider and to take samples from different locations so that this research can be compared with future research
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0422110005 |
Uncontrolled Keywords: | Self-Efficacy, Social Influence, TAM, Zoom Cloud Meeting, Universitas Brawijaya, Self-Efficacy, Social Influence, TAM, Zoom Cloud Meeting, Brawijaya University. |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 02:37 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 02:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196689 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sahri Aflah Ramadiansyah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (14MB) |
Actions (login required)
View Item |