Pilihan Rasional Menyekolahkan Anak Ke Sekolah Alternatif (Kajian Fenomenologi Terhadap Orang Tua Siswa Sanggar Anak Alam Bantul - Yogyakarta)

Ulfa, Nurliana and Prof. Dr. Ir. Sanggar Kanto, and Dr. Mohamad Anas, (2022) Pilihan Rasional Menyekolahkan Anak Ke Sekolah Alternatif (Kajian Fenomenologi Terhadap Orang Tua Siswa Sanggar Anak Alam Bantul - Yogyakarta). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan hal vital bagi perkembangan anak. Hal ini disadari oleh orang tua, dan salah satu kepeduliannya adalah dengan mencarikan lembaga pendidikan berupa sekolah terbaik untuk anaknya. Memilihkan sekolah untuk anak, bagi orang tua bukanlah proses yang sederhana. Karena dalam proses tersebut berperan segala aspek pengetahuan, pengalaman hidup, motivasi, hingga ideologi orang tua yang tercermin dalam jenis sekolah yang mereka pilih. Penelitian ini ingin mencoba mengungkap pilihan rasional orang tua yang menyekolahkan anaknya di sekolah alternatif Sanggar Anak Alam (SALAM) Bantul, Yogyakarta. Desain penelitian berupa kualitatif interpretatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengolahan data menggunakan metode analisis data fenomenologi Van Kaam yakni horizonalisasi, reduksi & eliminasi, pengelompokan tema, identifikasi final data, mengonstruksi deskripsi tekstural - struktural, lalu menggabungkan keduanya untuk menghasilkan makna dan esensi dari permasalahan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pilihan rasional orang tua yang menyekolahkan anaknya di SALAM lebih dipengaruhi oleh konstruksi rasionalitas yang berasal dari pengalaman hidup, kesadaran intuitif dan kebutuhan akan nilai-nilai keutamaan daripada preferensi materil

English Abstract

Education is an important thing for child’s growth. What parents are aware of, and one of their concerns is to find an educational institution, which is the best school for their child. Choosing a school, is not a simple process for parents. Because it will involve any aspects of their knowledge, life experience, motivation, and ideology to choose the type of school they prefer. This study aims to reveal the rational choice of parents who send their children to the alternative school Sanggar Anak Alam (SALAM) Bantul, Yogyakarta. The research design is in the form of interpretive qualitative with a phenomenological approach. The data processing technique uses the Van Kaam phenomenological data analysis method, namely horizonalization, reduction & elimination, themes grouping, final data analysis, textural – stuctural description, and combining both to produce the meaning and essence of the research problem. The results of this study indicate that the rational choice of parents who send their children to SALAM is more influenced by the construction of rationality derived from life experiences, intuitive awareness and transcendental needs rather than the material preferences.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0422110003
Uncontrolled Keywords: pilihan rasional, orang tua, sekolah alternati, rational choice, parents, alternative schools
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:03
Last Modified: 18 Jan 2023 02:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196686
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nurliana Ulfa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item