Pesan Kampanye Sosial Animal Welfare Melalui Media Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif Kampanye Sosial Komunitas Animal Friends Jogja Melalui Akun Instagram @animalfriendsjogja)

Rianto, Christian Triadi and Isma Adila, and Ika Rizki Yustisia, (2022) Pesan Kampanye Sosial Animal Welfare Melalui Media Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif Kampanye Sosial Komunitas Animal Friends Jogja Melalui Akun Instagram @animalfriendsjogja). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Animal welfare merupakan topik yang mulai banyak diperbincangkan. Di Indonesia, permasalahan mengenai isu animal welfare masih sering terjadi. Akibatnya, banyak komunitas pecinta hewan membentuk organisasi untuk mengatasi permasalahan mengenai animal welfare. Salah satunya adalah komunitas Animal Friends Jogja. Komunitas ini giat melakukan kegiatan kampanye sosial untuk meningkatkan kesejahteraan hewan di Indonesia. Dalam mempromosikan kampanye sosial tersebut, komunitas ini menggunakan media sosial Instagram dengan akun yang bernama @animalfriendsjogja. Hal ini dikarenakan media sosial Instagram merupakan media sosial yang popular dan memiliki basis pengguna yang besar. Pada akun Instagram @animalfriendsjogja, komunitas ini aktif menyampaikan pesan-pesan mengenai permasalahan animal welfare melalui kegiatan kampanye sosial. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pesan-pesan kampanye sosial animal welfare yang dilakuakn oleh komunitas Animal Friends Jogja melalui akun Instagram @animalfriendsjogja. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah ungahan-unggahan yang meliputi foto dan video, beserta caption yang terdapat pada akun Instagram Animal Friends Jogja. Objek dalam penelitian ini adalah Ungahan akun Instagram @animalfriendsjogja periode Januari – Desember 2021. Adapun hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa pesan-pesan animal welfare mengenai konsep lima kebebasan hewan yang sering menjadi permasalahan dalam kampanye sosial animal welfare yang dilakukan oleh komunitas Animal Friends Jogja adalah bebas dari rasa tidak nyaman dan bebas dari rasa sakit, luka, dan penyakit. Dalam penggunaan daya tarik emotional appeal, daya tarik guilt appeal lebih banyak digunakan dibandingkan dengan penggunaan fears appeals. Karakteristik konten unggahan yang sering digunakan pada akun Instagram @animalfriendsjogja adalah bersifat mendidik, persuasif, dan storytelling. Akun Instgram @animalfriendsjogja banyak melakukan pembingkaian menggunakan bingkai shocking image dan menggunakan norma sosial

English Abstract

Animal welfare is a topic that is starting to be discussed a lot. In Indonesia, problems regarding animal welfare issues are still common. As a result, many animal-loving communities have formed organizations to address animal welfare issues. One of them is the Animal Friends Jogja community. This community is active in conducting social campaign activities to improve animal welfare in Indonesia. In promoting the social campaign, this community uses Instagram social media with an account called @animalfriendsjogja. This is because Instagram is a popular social media and has a large user base. On the Instagram account @animalfriendsjogja, this community actively conveys messages about animal welfare issues through social campaign activities. Based on this, this study aims to find out and understand the messages of the animal welfare social campaign carried out by the Animal Friends Jogja community through the @animalfriendsjogja Instagram account. This research uses descriptive research with a qualitative approach. The objects in this study are posts which include photos and videos along with the captions on the Animal Friends Jogja Instagram account. The object of this research is the upload of the Instagram account @animalfriendsjogja for the period January - December 2021. The results in this study indicate that animal welfare messages regarding the concept of five animal freedoms that are often a problem in the animal welfare social campaign carried out by the Animal Friends Jogja community are free from discomfort and free from pain, injury, and disease. In using the appeal of emotional appeal, the appeal of guilt appeal is used more than the use of fears appeal. The characteristics of uploaded content that are often used on the @animalfriendsjogja Instagram account are educational, persuasive, and storytelling. Instagram account @animalfriendsjogja does a lot of framing using shocking image frames and using social norms.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521110040
Uncontrolled Keywords: nimal Welfare, Kampanye Sosial, Media Sosial, Studi Deskriptif Kualitatif, Animal Welfare, Social Campaign, Social Media, Descriptive Qualitative Stud
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:06
Last Modified: 17 Jan 2023 04:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196658
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
CHRISTIAN TRIADI RIANTO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item