Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Buah Dan Sayuran Segar Pada Pembelian Secara Online Dengan Pendekatan Ugc (Studi Kasus Tokopedia

Aditias, Yobi and Prof.Dr.Ir. Abdul Wahib Muhaimin, and Destyana Ellingga Pratiwi, (2022) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Buah Dan Sayuran Segar Pada Pembelian Secara Online Dengan Pendekatan Ugc (Studi Kasus Tokopedia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan pergeseran perilaku konsumen yang mulai melakukan kegiatan pembelian secara online. Hal ini menyebabkan meningkatnya volume serta variasi produk yang tersedia secara online termasuk pada produk hasil pertanian. Buah dan sayuran segar merupak salah satu produk yang sudah tersedia secara online. Perubahan perilaku konsumen yang menuju pembelian secara online turut menyebabkan berkembangan e-commerce di Indonesia. Perkembangan e-commerce tersebut menyebabkan bertambahnya data UGC (User Generated Content) yang tersedia di internet. Ulasan-ulasan dari konsumen setelah melakukan pembelian produk pada kolom komentar yang disediakan oleh pihak e-commerce merupakan salah satu data UGC. Salah satu e- commerce terbesar di Indonesia ialah Tokopedia. Tokopedia telah tersedia berbagai jenis produk termasuk buah dan sayuran segar. Ditengah peningkatan volume dan variasi produk yang tersedia secara online, produk buah dan sayuran segar bukan merupakan produk yang difavoritkan untuk dibelanjakan oleh konsumen. Oleh karena itu diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai produk buah dan sayuran segar di e-commerce terkait dengan kepuasan konsumen yang fokuskan pada masing-masing atribut. Penelitian akan menggunakan pendekatan UGC sebagai data yang digunakan dalam analisis. Penelitian ini menganalisis atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen pada produk buah dan sayuran segar serta kepuasan konsumen terhadap masing- masing atribut. Atribut produk terbagi atas lima variabel berupa variabel produk, variabel harga, variabel pengiriman, variabel layanan, serta variabel kesesuaian informasi. Penelitian ini menggunakan metode Naïve Bayes untuk mengelompokan ulasan-ulasan konsumen masuk dalam ulasan positif ataupun negatif. Jumlah ulasan pada komoditas buah ialah 2.345 ulasan sedangkan pada komoditas sayuran sebanyak 1.530 ulasan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa atribut-atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen pada komoditas buah ialah atribut durasi pengiriman, pelayanan penjual, serta kesegaran. Frekuensi kemunculan kata pada masing-masing atribut tersebut secara berurut-turut ialah 771, 727, dan 564. Sedangkan atribut yang kurang dipertimbangkan ialah atribut pengembalian dana atau refund, kuir, serta bonus dan promosi. Frekuensi kemunculan pada masing-masing atribut tersebut ialah 9, 33, dan 45. Pada komoditas sayuran atribut yang paling dipertimbangkan konsumen ialah atribut pelayanan pelanggan, durasi pengiriman, serta kesegaran dengan frekuensi kemunculan sebanyak 509, 470, dan 340. Pada komoditas sayuran hasilnya mirip dengan komoditas buah, namun pada komoditas sayuran tidak terdapat data tentang atribut rasa, kematangan, serta pengembalian dana. Hal tersebut menunjukan atribut tersebut tidak diulas oleh konsumenyang berarti atribut tersebut hampir atau sama sekali tidak dipertimbangkan oleh konsumen pada komoditas sayuran. Salah satu hal yang menjadi pembeda dengan komoditas buah ialah bahwa pada komoditas vii sayuran kondisi produk masuk kedalam atribut yang kurang dipertimbangkan oleh konsumen. Penentuan kepuasan konsumen diukur dengan menggunakan probabilitas kemunculan atribut pada masing-masing kelas. Model yang digunakan untuk komoditas buah merupakan model 66:34 dengan rata-rata akurasi presisi dan recallnya 93,7%. Sedangkan komoditas sayuran menggunakan model 80:20 dengan rata-rata akurasi presisi dan recall sebesar 93,9%. Pada komditas buah terdapat 5 atribut yang probabilitas kemunculan pada kelas negatifnya lebih besar dibandingkan dengan kelas positifnya yaitu atribut kondisi, ukuran, kematangan, refund, serta kesesuaian informasi. Sedangkan pada komoditas sayuran, atribut yang probabilitas kemunculan pada kelas negatifnya lebih tinggi dibandingkan pada kelas positif ialah atribut kesegara, kondisi, ukuran, dan kurir. Pada skala variabel baik itu komoditas buah ataupun sayuran, variabel yang paling dipertimbangkan ialah variabel produk, pengiriman, serta layanan. Variabel produk merupakan variabel yang paling dipertimbangkan oleh konsumen. Namun variabel produk merupakan variabel yang paling sering memberikan tidak memuaskan bagi konsumen sedangkan variabel-variabel lain cenderung telah memberikan kepuasan yang baik bagi konsumen

English Abstract

Technological developments have led to a shift in consumer behavior which has begun to make purchases online. This causes an increase in the volume and variety of products available online, including agricultural products. Fresh fruit and vegetables are one of the products that are readily available online. Changes in consumer behavior towards online purchases have contributed to the development of e-commerce in Indonesia. The development of e-commerce has led to an increase in UGC (User Generated Content) data available on the internet. Reviews from consumers after purchasing products in the comments column provided by e- commerce are one of the UGC data. One of the largest e-commerce sites in Indonesia is Tokopedia. Tokopedia has available various types of products including fresh fruit and vegetables. In the midst of increasing volume and variety of products available online, fresh fruit and vegetable products are not a favorite product for consumers to spend. Therefore, further research is needed on fresh fruit and vegetable products in e-commerce related to consumer satisfaction that focuses on each attribute. The research will use the UGC approach as the data used in the analysis. This study analyzes the attributes considered by consumers on fresh fruit and vegetable products as well as consumer satisfaction with each attribute. Product attributes are divided into five variables in the form of product variables, price variables, delivery variables, service variables, and information suitability variables. This study uses the Naïve Bayes method to classify consumer reviews into positive or negative reviews. The number of reviews on fruit commodities is 2,345 reviews while on vegetables there are 1,530 reviews. The results of this study indicate that the attributes that are most considered by consumers in fruit commodities are the attributes of delivery duration, seller service, and freshness. The frequency of occurrence of words in each of these attributes is 771, 727, and 564. While the attributes that are less considered are the attributes of refund or refund, courier, as well as bonuses and promotions. The frequency of occurrence for each of these attributes is 9, 33, and 45. In vegetable commodities, the attributes that are most considered by consumers are customer service attributes, delivery duration, and freshness with a frequency of occurrence of 509, 470, and 340. In vegetable commodities the results are similar. with fruit commodities, but in vegetable commodities there is no data on taste, ripeness, and refund attributes. This shows that these attributes are not reviewed by consumers, which means that these attributes are almost or not considered by consumers for vegetable commodities. One of the things that distinguishes it from fruit commodities is that in vegetable commodities, the condition of the product is included in the attributes that are not considered by consumers. Determination of consumer satisfaction is measured by using the probability of occurrence of attributes in each class. The model used for fruit commodities is a ix 66:34 model with an average precision and recall accuracy of 93.7%. Meanwhile, vegetable commodities use the 80:20 model with an average precision and recall accuracy of 93.9%. In fruit commodities, there are 5 attributes whose probability of occurrence in the negative class is greater than the positive class, namely the attributes of condition, size, maturity, refund, and information suitability. Meanwhile, for vegetable commodities, the attributes that have a higher probability of occurrence in the negative class than in the positive class are the attributes of freshness, condition, size, and courier. On a variable scale, whether fruit or vegetable commodities, the most considered variables are product, delivery, and service variables. Product variable is the most considered variable by consumers. However, the product variable is the variable that most often gives unsatisfactory for consumers while other variables tend to have given good satisfaction to consumers

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040327
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:35
Last Modified: 16 Jan 2023 06:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196647
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yobi Aditias.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item