Studi Tentang Komunikasi Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Agrowisata Lumbung Stroberi Milik Bumdes Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

Wijayana, Rizkyta Bintang and Dr. Ir. Hendro Prasetyo (2021) Studi Tentang Komunikasi Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Agrowisata Lumbung Stroberi Milik Bumdes Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata yang ada di Indonesia pada saat ini menunjukan kemajuan pesat yang umumnya sering terjadi di Kota besar. Kota yang sedang ramai dikaitkan dengan pariwisata yaitu Kota Wisata Batu. Ada beberapa macam tempat pariwisata yang ada di Kota Batu salah satunya Agrowisata Lumbung Stroberi. Lumbung Stroberi merupakan destinasi agrowisata yang diunggulkan pemerintah setempat namun tidak menjadi jaminan jumlah kunjungan stabil atau terus meningkat. Salah satu cara untuk menstabilkan jumlah pengunjung yaitu dengan memaksimalkan promosi melalui media sosial seperti melalui Instagram. Instagram merupakan aplikasi media sosial yang kehadirannya semakin dimaksimalkan sebagai media komunikasi promosi. Agrowisata Lumbung Stroberi sudah membagikan informasi melalui akun Instagram sejak Juni 2019. Namun informasi yang diberikan masih terlihat belum maksimal. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan antara lain: 1) mendeskripsikan karakteristik pengguna Intagram yang mengikuti akun Agrowisata Lumbung Stroberi; 2) Menganalisis pengaruh Sosial media terhadap keputusan berkunjung ke Agrowisata Lumbung Stroberi; Penelitian ini menggunakan pendekatan secara deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu follower akun Lumbung Stroberi dengan teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara accidental sampling sebanyak 90 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar dalam bentuk google form. Pengujian hipotesis dilakukan melalui analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa variabel context, communication, collaboration, connection baik secara simultan maupun parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifkan terhadap keputusan berkunjung. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa keempat variabel bebas memiliki f-hitung sebesar 396,557. Dengan nilai R-squared 94,7% sedangkan 5,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Saran yang dapat diberikan untuk perusahaan kedepannya yaitu meningkatkan minat berkunjung wisatawan dengan cara melakukan berbagai program promosi dan memberikan keuntungan lebih bagi wisatawan. Perusahaan dapat mengoptimalkan sosial media Instagram untuk lebih menunjukan nilai-nilai yang didapat wisatawan ketika berkunjung ke Lumbung Strober

English Abstract

Tourism in Indonesia is currently show the rapid progress that generally occurs in big cities. A city that is currently busy is associated with tourism, namely Kota Wisata Batu. There are several kinds of tourist attractions in Batu, one of which is Agrowisata Lumbung Stroberi. Lumbung Stroberi is an agro-tourism destination that is favored by the local government but does not guarantee that the number of visits is stable or continues to increase. One wat to stabilize the number of visitors is by maximizing marketing through social media such as through Instagram. Instagram is a social media application whose presence is increasingly being maximized as a marketing communication. Agrowisata Lumbung Stroberi has been sharing information through Instagram accounts since June 2019. However, the information provided is still not optimal. So this research was carried out with the objectives, among other: 1) to describe the characteristics of Instagram users who follow the Agrowisata Lumbung Stroberi account; 2) Analyze the influence of sosial media to the decision to visit Agrowisata Lumbung Stroberi; This research uses a descriptive quantitative approach. The population used was the followers of the Agrowisata Lumbung Stroberi account with the sampling technique carried out by accidental sampling with 90 respondents. The data collection technique is by using a questionnaire that is distributed in the form of google form. Hypothesis testing through data analysis using multiple regression analysis. The results showed that the variables context, communication, collaboration, connection both simultaneously and partially have a positive and significant influence on the interest in visiting decisions. Hypothesis test results show that the four independent variables have an f-count of 396,557, with R-squared value of 94,7% while the 5,3% the other is influenced by other variables outside the model. Suggestions that can be given to companies in the future are to increase interest in visiting tourists by carrying out various promotional programs and providing more benefits for tourists. Companies can optimize Instagram social media to more show the value that tourists get when visiting the Agrowisata Lumbung Stroberi

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040311
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Jan 2023 06:42
Last Modified: 11 Jan 2023 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196601
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizkyta Bintang.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item