Firdausi, Ramadhaniar and Dr. Riyanti Isaskar, and Heptari Elita Dwi, (2022) Efisiensi Saluran Pemasaran Produk Bee Pollen Saat Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di PT Madu Kembang Joyo, Karangploso, Malang, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Budidaya lebah madu dapat memberikan dampak yang cukup besar pada kehidupan maupun ekonomi. PT. Madu Kembang Joyo merupakan perusahaan yang bergerak dibidang budidaya lebah madu. Madu dari hasil budidaya, akan diolah dan dipasarkan ke seluruh penjuru Indonesia. Pada tahun 2020 Indonesia digemparkan oleh adanya virus COVID-19, yang menjadikan adanya kegiatan lockdown. Hal ini menyebabkan saluran pemasaran di PT. Madu Kembang Joyo terhenti. Dengan adanya permasalahan tersebut, hal yang dapat dilakukan agar PT. Madu Kembang Joyo tetap mendapatkan keuntungan yaitu dengan memanfaatkan saluran pemasaran seefisien mungkin. Untuk mengetahui apakah saluran pemasaran efisien atau tidak dilakukan analisis farmer’s share, margin pemasaran, rasio keuntungan dan biaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif yang digunakan dengan cara mengumpulkan, menganalisis dan melaporkan data mulai dari pengumpulan data hingga penampilan hasil akhirnya. Penelitian ini dilakukan di PT. Madu Kembang Joyo, yang beralamat di Jalan Raya Karangan no. 101, Jakaan, Bonowarih, Karangploso, Malang, Jawa Timur pada bulan Februari 2022. Data yang didapatkan kemudian diolah di microsoft excel. Untuk mengetahui apakah saluran pemasaran efisien atau tidak dilakukan analisis farmer’s share, margin pemasaran, rasio keuntungan dan biaya, serta perhitungan efisiensi pemasaran. Hasil yang didapatkan yaitu terdapat tiga saluran pemasaran produk bee pollen saat pandemi COVID-19. Pada saluran pertama PT. Madu Kembang Joyo menjualkan produknya langsung kepada konsumen, sedangkan pada saluran pemasaran kedua PT. Madu Kembang Joyo memanfaatkan reseller untuk vii menjualkan produknya kepada konsumen. Pada saluran pemasaran terakhir PT. Madu Kembang Joyo menjualkan produknya kepada agen, yang kemudian agen akan menjualkan produknya kepada konsumen. Dari ketiga saluran pemasaran tersebut, dilakukan perhitungan margin pemasaran, rasio keuntungan dan biaya, farmer’s share, serta perhitungan efisiensi pemasaran. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan didapatkan bahwa saluran pemasaran satu merupakan saluran pemasaran paling efisien dengan nilai margin pemasaran sebesar Rp. 0, persentase rasio keuntungan sebesar 34%, farmer’s share pada saluran satu sebesar 100% dan nilai persentase efisiensi pemasaran sebesar 1,05%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu sebaiknya PT. Madu Kembang Joyo menggunakan saluran pemasaran I karena keuntungan yang didapat adalah 100% milik perusahaan, selain itu perusahaan disarankan untuk lebih meningkatkan penjualan secara online baik melalui marketplace seperti shopee atau tokopedia dan melalui social media yang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia seperti instagram dan tiktok
English Abstract
Honey bee cultivation can have a considerable impact on life and the economy. PT. Madu Kembang Joyo is a company engaged in honey bee cultivation. Honey from cultivation, will be processed and marketed throughout Indonesia. In 2020 Indonesia was shocked by the COVID-19 virus, which led to a lockdown. This causes the marketing channel at PT. Madu Kembang Joyo stopped. With these problems, things that can be done for PT. Madu Kembang Joyo is utilizing marketing channels as efficiently as possible. To find out whether the marketing channel is efficient or not, an analysis of farmer's share, marketing margin, profit and cost ratio is carried out. This research was conducted using quantitative methods used by collecting, analyzing and reporting data from data collection to the appearance of the final results. This research was conducted at PT. Madu Kembang Joyo, whose address is at Jalan Raya Karangan no. 101, Jakaan, Bonowarih, Karangploso, Malang, East Java in February 2022. The data obtained was then processed in Microsoft Excel. To find out whether the marketing channel is efficient or not, an analysis of farmer's share, marketing margin, profit and cost ratio is carried out. The results obtained are that there are three marketing channels for bee pollen products during the COVID-19 pandemic. On the first channel PT. Madu Kembang Joyo sells its products directly to consumers, while in the second marketing channel, PT. Madu Kembang Joyo utilizes resellers to sell their products to consumers. In the last marketing channel PT. Madu Kembang Joyo sells its products to agents, who then sell their products to consumers. From the three marketing channels, the calculation of marketing margins, profit and cost ratios, farmer's share, and marketing efficiency calculations were carried out. ix Based on the calculations, it was found that marketing channel one is the most efficient marketing channel with a marketing margin of Rp. 0, the percentage of profit ratio is 34%, farmer's share in channel one is 100% and the percentage value of marketing efficiency is 1.05%. Based on the results of the research that has been done, the suggestions that can be given in this study are that PT. Madu Kembang Joyo uses marketing channel I because the profits are 100% owned by the company, besides that companies are advised to further increase online sales, both through marketplaces such as shopee or tokopedia and through social media that are being loved by the Indonesian people such as Instagram and Tiktok
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521040310 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 03:04 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 03:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196584 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ramadhaniar Firdausi.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (2MB) |
![]() |
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Registered users only Download (0B) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |