Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Keripik Singkong Wijaya

Pramono, Nurcahyo Dwi and Dr. Ir. Abdul Wahib Muhaimin, and Dina Novia Priminingtyas, SP., M. Si. (2022) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Keripik Singkong Wijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang banyak tumbuh di Indonesia dikarenakan singkong mudah dibudidayakan karena dapat tumbuh diberbagai kondisi tanah. Menurut data yang dipublikasi Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang pada tahun 2019 Kabupaten Malang memiliki hasil produksi singkong sebesar 176.226 ton.. Singkong dapat diolah menjadi berbagai macam olahan, salah satunya keripik singkong. Menurut data dari Kementrian Koperasi dan UMKM pada tahun 2022 Kabupaten Malang memiliki 88 UMKM yang memproduksi keripik singkong. UMKM Wijaya merupakan salah satu usaha keripik singkong yang sudah lama berdiri di Malang. Dengan banyaknya produk baru yang muncul posisi UMKM Wijaya terancam di pasar. Berdasrkan hal tersebut perlu dilakukan untuk penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen UMKM Wijaya terhadap kualitas produk mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui atribut kualitas produk keripik singkong wijaya apa saja yang dianggap penting bagi konsumen dan mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk keripik singkong wijaya. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah rasa, harga, kerenyahan, varian rasa, kualitas kemasan, volume produk, masa kadaluwarsa, kemudahan dalam memperoleh produk, ketersediaan produk, tampilan kemasan, informasi pada produk, dan reputasi produk. Penelitian ini dilakukan di UMKM Wijaya yang berlokasi di Jalan Wijaya Barat RT 3/RW 3, Kelurahan Pangentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang dan di Jalan Kertanegara No.169, Kelurahan Pangentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik penentuan sampel menggunakan dengan metode non- probability sampling, dengan menggunkan teknik penentuan sampel yaitu accidental sampling dengan jumlah 68 responden yang ditentukan dari linear time function. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas pearson dan uji reliabilitas. Metode analisis data menggunakan analisis IPA (Importance Performance Analysis) dan CSI (Customer Satisfaction Index). Berdasarkan analisis dengan menggunakan IPA didapat hasil bahwa terdapat 2 atribut pada kuadran 1 yaitu rasa dan reputasi produk yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan. Atribut yang harus dipertahankan kinerjanya adalah atribut yang berada pada kuadran II, dianataranya adalah rasa, kerenyahan, varian rasa, kemudahan dalam memperoleh produk, dan ketersedian produk. Berdasarkan perhitungan metode Customer Satisfaction Index (CSI) diketahui bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk keripik singkong wijaya adalah sebesar 76,64%. Nilai 76,64% tersebut terletak pada rentang nilai 0,66-0,80 (66%- 80%) menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen UMKM Wijaya berada pada kategori “puas

English Abstract

Cassava is one type of tuber that grows a lot in Indonesia because cassava is easy to cultivate because it can grow in various soil conditions. According to data published by the Central Agency on Statistics for Malang Regency in 2019, Malang Regency has a cassava production output of 176,226 tons. Cassava chips are one of the processed products from cassava. According to data from the Ministry of Cooperatives and MSMEs in 2022, Malang Regency has 88 MSMEs that produce cassava chips. Wijaya MSMEs is one of the long-established cassava chip businesses in Malang. With so many new products emerging, the position of Wijaya MSMEs is threatened in the market. Based on this, it is necessary to conduct research to determine the level of consumer satisfaction of Wijaya MSMEs on the quality of their products. The purpose of this research is to find out what attributes of the quality of the Wijaya cassava chips are considered important for consumers and to know the level of consumer satisfaction with the quality of Wijaya's cassava chips. The variables used in this study were taste, price, crispness, flavor variant, packaging quality, product volume, expiry date, ease of obtaining the product, product availability, packaging appearance, product information, and product reputation. This research was conducted at Wijaya MSMEs which is located on Jalan Wijaya Barat RT 3/RW 3, Pangentan Village, Singosari District, Malang Regency and on Kertanegara Street No.169, Pangentan Village, Singosari District, Malang Regency. The type of research used in this research is quantitative research. The sampling technique used was the non-probability sampling method, using the sampling technique, namely accidental sampling with a total of 68 respondents determined from the linear time function. Data collection techniques were carried out by means of interviews using questionnaires and documentation. Test the instrument using the Pearson validity test and reliability test. The data analysis method uses IPA (Importance Performance Analysis) and CSI (Customer Satisfaction Index) analysis. Based on the analysis using IPA, the results show that there are 2 attributes in quadrant 1, namely taste and product reputation which are the main priority to be improved. Attributes that must be maintained in their performance are attributes that are in quadrant II, including taste, crispness, flavor variants, ease of obtaining products, and product availability. Based on the calculation of the Customer Satisfaction Index (CSI) method, it is known that the level of consumer satisfaction with the quality of Wijaya cassava chips is 76.64%. The value of 76.64% lies in the range of values 0.66-0.80 (66%-80%) indicating that the level of consumer satisfaction of Wijaya MSMEs is in the "satisfied" categor

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040268
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:35
Last Modified: 03 Jan 2023 06:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196550
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
NURCAHYO DWI PRAMONO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Actions (login required)

View Item View Item