Rayhan, Muhammad Ihsan and Rachman Hartono and Heptari Elita Dewi, (2022) Evaluasi Pendidikan Kewirausahaan Menggunakan Theory Of Planned Behaviour Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Peran Kewirausahaan penting akibat dari dinamika perkembangan ekonomi, khususnya yang berkaitan dengan pertumbuhan dan pengembangan bisnis untuk meningkatkan daya beli masyarakat agar mencapai kemakmuran. Dalam misi menciptakan wirausahawan baru Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menjadikan Pendidikan Kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib di stiap Universitas di Indonesia. Institusi pendidikan dapat menjadi sarana pelatihan tempat inkubasi kewirausahaan bagi para mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam bidang kewirausahaan. Ada beberapa pendekatan untuk mempelajari minat kewirausahaan yang berdampak kepada lahirnya wirausahawan baru, salah satunya adalah Theory of Planned Behavior yang sudah banyak diterapkan untuk mempelajari minat individu. Teori ini mengklaim bahwa sikap (Attitude), norma subjektif (subjective norm), dan persepsi kontrol perilaku (perceived behavioral control) mampu memprediksi minat individu untuk bertindak. Penelitian yang dilakukan fokus terhadap evaluasi aspek-aspek yang mempengaruhi mahasiswa dalam menumbukan minat dalam berwirausaha menggunakan Theory of Planned Behaviour yang dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh Perguruan Tinggi dan pemerintah terhadap keberlangsungan program Pendidikan kewirausahaan. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan variabel yang ada dalam penelitian yaitu sikap (Attitude), norma subjektif (subjective norm), dan persepsi kontrol perilaku (perceived behavioral control) guna memprediksi minat individu untuk bertindak. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan responden. Kemudian digunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS), menggunakan aplikasi SmartPLS 3.3. Penentuan responden dilakukan dengan teknik nonprobability sampling dengan jumlah sampel minimal 100, dan didapatkan 306 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2022. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yang pertama yaitu Pendidikan Kewirausahaan dilihat dari aspek Attitude mempunyai hubungan positif terhadap minat berwirausaha. Hal ini disebabkan adanya pengaruh pendidikan berwirausaha terhadap perubahan Attitude mahasiswa dalam menyikapi minat berwirausaha. Hasil kedua menunjukkan bahwa Pendidikan Kewirausahaan dilihat dari aspek Perceived Behavior Control mempunyai hubungan positif terhadap minat berwirausaha. Hal ini disebabkan adanya pengaruh pendidikan berwirausaha terhadap cara pandang mahasiswa baik berdasarkan pengalaman maupun pelajaran vii yang didapat dalam menciptakan minat berwirausaha. Hasil ketiga menunjukkan bahwa Pendidikan Kewirausahaan dilihat dari aspek subjective mempunyai hubungan positif terhadap minat berwirausaha. Hal ini disebabkan adanya pengaruh pertimbangan orang lain dalam menciptakan minat berwirausaha. Menurut mayoritas responden mahasiswa senior, pendidikan kewirausahaan dapat menambah ilmu dan wawasan dalam bidang wirausaha. Terbukti dari 71 responden menjawab sangat sesuai, 56 menjawab sesuai dan enam diantaranya menjawab tidak sesuai. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dapat membantu mahasiswa sebagai langkah awal dalam mengenal dunia wirausaha karena mampu memberikan ilmu dan wawasan terkait.
English Abstract
The role of entrepreneurship is important due to the dynamics of economic development, especially those related to business growth and development to increase people's purchasing power in order to achieve prosperity. In its mission to create new entrepreneurs, the Ministry of Education and Culture makes Entrepreneurship Education a compulsory subject at every university in Indonesia. Educational institutions can be a training facility for entrepreneurship incubation for students who have an intention into entrepreneurship. There are several approaches to studying entrepreneurial intentions that have an impact on the birth of new entrepreneurs, one of which is the Theory of Planned Behavior which has been widely applied to study individual intentions. This theory claims that attitude (Attitude), subjective norm (subjective norm), and perceived behavioral control (perceived behavioral control) are able to predict individual intention to act. This research focused on evaluating aspects that influence students in growing intention in entrepreneurship using the Theory of Planned Behavior which can be taken into consideration by universities and the government for the sustainability of the entrepreneurship education program. The method used is a quantitative approach with the variables in the research are attitude, subjective norm, and perceived behavioral control in order to predict individual intention in entrepreneurship acting. The data analysis method used in this research is descriptive analysis method which is used to identify and explain respondents. Then, it used a quantitative approach, with the data analysis method used in this study, namely Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS), using the SmartPLS 3.3 application. Determination of respondents is done by non- probability sampling technique with a minimum sample size of 100, and obtained 306 respondents. The data collection technique used was a questionnaire. This research was conducted in March 2022. The results obtained in this study are the first, Entrepreneurship Education seen from the Attitude aspect has a positive relationship to intention in entrepreneurship. This is due to the influence of entrepreneurship education on changes in student attitudes in responding to entrepreneurial intentions. The second result shows that Entrepreneurship Education seen from the Perceived Behavior Control aspect has a positive relationship to entrepreneurial intentions. This is due to the influence of entrepreneurship education on students' perspectives, both based on experience and lessons learned for creating intention in entrepreneurship. The third result shows that Entrepreneurship Education seen from the subjective aspect has a positive relationship to intention in entrepreneurship. This is due to the influence of other people's considerations in creating entrepreneurial intention. ix According to the majority of 2018 respondents, entrepreneurship education can add knowledge and insight in the field of entrepreneurship. 71 respondents responded very well, 56 responded appropriately, and 6 did not respond properly. This shows that entrepreneurship education can help students as the first step in learning about the world of entrepreneurship, as it has the ability to give relevant knowledge and insight
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040256 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 01:12 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 01:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196515 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Ihsan Rayhan.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |