Awuk, Melania and Prof.Dr.Ir. Djoko Koestiono, and Dr. Silvana Maulidah, (2022) Perumusan Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Sumberdaya Pemasaran Pada Umk Kopi Bubuk Di Kabupaten Manggarai Timur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan suatu unit usaha bisnis ditentukan dengan kemampuannya dalam membangun sebuah strategi. Menemukan strategi bisnis yang tepat dalam menghadapi tantangan dunia bisnis merupakan tahap awal yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha. Karena strategi memaksa perusahaan untuk memandang masa depan dan berusaha membentuk masa depannya secara proaktif. Dalam memilih model dan konsep bisnis yang digunakan idealnya para pelaku bisnis harus mengkombinasikan antara faktor internal terutama sumberdaya dan melihat struktur usaha tersebut secara eksternal. Merumuskan strategi pengembangan bisnis pada Usaha Mikro Kecil (UMK) kopi bubuk bersumber pada kriteria dan subkriteria sumberdaya pemasaran. Diantaranya kriteria kemampuan manajerial, kemampuan berhubungan dengan pelanggan, kriteria aset dan reputasi, kemampuan kompetisi dan kemampuan inovasi pasar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan sumberdaya pemasaran pada Usaha Mikro Kecil (UMK) kopi bubuk di kabupaten Manggarai timur. (2) Menganalisis prioritas sumberdaya pemasaran melalui strategi pengembangan bisnis pada UMK kopi bubuk di Kabupaten Manggrai Timur. (3) Merumuskan strategi pengembangan bisnis melalui sumberdaya pemasaran pada UMK kopi bubuk di Kabupaten Manggarai Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, ANP dan TOPSIS. Analisis deskrpitif digunakan untuk menjawab tujuan pertama. Metode ANP digunakan untuk menganalisis prioritas subkriteria sumberdaya pemasaran sedangkan metode TOPSIS digunakan untuk menentukan nilai preferensi tertinggi pada alternatif strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan subkriteria yang memiliki nilai bobot tertinggi untuk merumuskan alternatif strategi peengembangan bisnis pada UMK kopi bubuk adalah sub kriteria proses pengembangan produk dan layanan baru yang efektif dengan nilai bobot sebesar 0.118. Nilai preferensi tertinggi pada alternatif strategi pengembangan bisnis di UKM kopi bubuk adalah strategi diferensiasi dengan nilai sebesar 1.00. Maka dapat disimpulkan strategi yang cocok untuk pengembangan dan persaingan pemasaran kopi bubuk di UKM Kabupaten Manggarai Timur adalah strategi diferensiasi didukung dengan sub kriteria yang dipilih yaitu proses pengembangan produk dan layanan baru yang efektif.
English Abstract
Business development is determined by the implementation of properstrategy. Designing the right business strategy in facing business challenges should be the first step taken by business actors. Business strategy sets outlook and future projection for a company. In designing the right business model and business concept, internal factors especially the available resources and external business structure should be taken into consideration. Business development strategy for ground coffee Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) should be designed based on the criteria and sub-criteria of marketing resources that include criteria of managerial ability, customer engagement, assets and reputation management, competitiveness, and market innovation. This study was conducted to (1) describe the marketing resources, (2) analyse the prioritized marketing resources based on the right business development strategies and (3) formulate a business development strategy through marketing resources for ground coffee MSEs in East Manggarai Regency. Descriptive analysis, ANP and TOPSIS were employed in this study. Descriptive analysis was performed to answer the first objective of this study. The ANP method was used to determine the priority marketing resource sub-criteria, while the TOPSIS examined the alternative marketing strategies with the highest preference value. The results showed that new product and service development appeared as the sub-criteria with the highest alternative business development strategy value of 0.118. Differentiation strategy was the preferred alternative business strategy with a value of 1.00. To conclude, the most suitable strategy for the development and marketing competition of ground coffee in MSME in East Manggarai Regency is the differentiation strategy with effective development of new products and services
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0422040032 |
Uncontrolled Keywords: | Stratagi Bisnis, Sumberdaya Pemasaran, ANP, TOPSIS, Business Strategy, Marketing Resources, ANP, TOPSIS |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies |
Divisions: | S2/S3 > Magister Bioteknologi Agroindustri, Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 03:55 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 03:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196487 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Melania Awuk.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
![]() |
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Registered users only Download (0B) |
![]() |
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Registered users only Download (0B) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |