Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Menantea Secara Online Di Kota Malang Pada Masa Pandemi Covid-19

Shafira, Marwa Aulia and Prof. Dr. Ir. Kliwon Hidayat, and Fitrotul Laili, (2022) Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Menantea Secara Online Di Kota Malang Pada Masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya perubahan perilaku konsumen dan membuat para pelaku usaha bersaing ketat dalam melakukan pemasaran melalui internet, seperti media sosial. Selain karena penerapannya yang dianggap lebih mudah dan murah, pemanfaatan media sosial dilakukan dengan harapan agar informasi mengenai produknya dapat tersebar dengan cepat kepada masyarakat. Salah satu usaha yang melakukan pemasaran melalui media sosial di tengah pandemi Covid-19 adalah Menantea, yakni bisnis franchise yang menjual berbagai macam teh yang menyegarkan. Kebijakan PPKM membuat Menantea sempat mengalami penurunan konsumen yang datang ke outlet dan konsumen cenderung melakukan pembelian secara online. Menantea melakukan pemasaran melalui media sosial Instagram dengan menerapkan strategi viral marketing dan brand ambassador, sehingga konsumen dapat mengetahui informasi terkait produk Menantea dan memiliki persepsi terhadap produk sebelum akhirnya melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh viral marketing dan brand ambassador secara langsung terhadap keputusan pembelian minuman Menantea secara online di Kota Malang pada masa pandemi Covid-19 ataupun secara tidak langsung melalui persepsi konsumen sebagai variabel mediasi. Pengambilan data responden dalam penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2022. Penentuan sampel responden dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling atas beberapa pertimbangan tertentu dan jumlah sampel dihitung menggunakan rumus lemeshow karena populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya, yakni sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket (kuesioner) secara online melalui google form dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis SEM-PLS (Structural Equation Modeling – Partial Least Square) dengan bantuan software WarpPLS 7.0. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen Menantea serta distribusi jawaban responden terhadap variabel yang diteliti, sedangkan analisis SEM-PLS digunakan untuk menguji pengaruh viral marketing dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian minuman Menantea secara online dengan menggunakan beberapa indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa viral marketing dan brand ambassador baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui persepsi konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minuman Menantea secara online di Kota Malang pada masa pandemi Covid-19. Konsumen Menantea didominasi oleh Generasi Z dan konsumen perempuan, sehingga penyebaran informasi di media sosial lebih cepat terjadi serta membuat konsumen tidak ingin ketinggalan tren yang ada. Penyebaran informasi mengenai Menantea yang terus berlangsung secara langsung mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan ii pembelian karena tertarik dengan minuman kekinian yang dimiliki oleh Jerome. Sedangkan secara tidak langsung, informasi-informasi tersebut membuat konsumen memiliki suatu persepsi terhadap produk Menantea sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan keputusan pembelian. Saran yang dapat diberikan adalah penelitian selanjutnya dapat menguji mengenai keterkaitan antara viral marketing dan brand ambassador, menambahkan variabel atau indikator lain, menggunakan teori lain, atau menambah jumlah sampel penelitian. Bagi Menantea, dapat terus meningkatkan kualitas konten semenarik mungkin agar konsumen tertarik membagikan informasi tersebut kepada orang lain dan selalu mengikuti perkembangan tren sehingga sesuai dengan minat yang dimiliki oleh target konsumen. Selain itu, bagi pihak-pihak lain yang ingin memasarkan produknya menggunakan strategi yang sama dapat menerapkan strategi yang digunakan Menantea dan mengunggah konten serta memilih brand ambassador yang cocok dengan pangsa pasar yang dituju

English Abstract

The Covid-19 pandemic has caused changes in consumer behavior and made entrepreneurs compete fiercely in marketing via the internet, such as social media. Apart from being easier and cheaper to implement, social media is also used in the hope that information about its products can be spread quickly to the public. One of the businesses that do marketing through social media in the midst of the Covid-19 pandemic is Menantea, a franchise business that sells a variety of refreshing teas. The PPKM policy made Menantea experienced a decline in consumers who came to outlets and consumers tended to make purchases online. Menantea does marketing through Instagram social media by implementing viral marketing and brand ambassadors as strategies, so that consumers can find out information related to Menantea products and have a perception of the product before finally making a purchase decision. This study aims to analyze the effect of viral marketing and brand ambassador directly on online purchase decisions of Menantea drinks in Malang City during the Covid-19 pandemic or indirectly through consumer perceptions as a mediating variable. Respondent data collection in this study was carried out in March 2022. The sample of respondents was determined using a purposive sampling technique based on certain considerations and the number of samples was calculated using the Lemeshow formula because the population in this study was unknown, namely 100 respondents. Data collection techniques were carried out by distributing online questionnaires through google forms and documentation. The collected data was processed using descriptive statistical analysis and SEM-PLS (Structural Equation Modeling – Partial Least Square) analysis with the help of WarpPLS 7.0 software. Descriptive statistical analysis was used to describe the characteristics of Menantea consumers and the distribution of respondents' answers to the variables studied, while SEM-PLS analysis was used to examine the effect of viral marketing and brand ambassadors on the decision to purchase Menantea drinks online using several indicators. The results showed that viral marketing and brand ambassadors both directly and indirectly through consumer perceptions had a positive and significant impact on online purchasing decisions for Menantea drinks in Malang City during the Covid-19 pandemic. Menantea consumers are dominated by Generation Z and female consumers, so that the dissemination of information on social media occurs more quickly and makes consumers not want to miss the existing trends. The ongoing dissemination of information about Menantea directly influences consumers to make purchasing decisions because they are interested in the contemporary drinks owned by Jerome. Meanwhile, indirectly, this information makes consumers have a perception of Menantea products before finally deciding to make a purchase decision. Suggestions that can be given are that further research can examine the relationship between viral marketing and brand ambassadors, add other variables or iv indicators, use other theories, or increase the number of research samples. For Menantea, we can continue to improve the quality of content as attractive as possible so that consumers are interested in sharing this information with others and always follow the development of trends so that it is in accordance with the interests of the target consumers. In addition, other parties who want to market their products using the same strategy can apply the strategy used by Menantea and upload content and choose a brand ambassador that matches the intended market share.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040247
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:03
Last Modified: 02 Jan 2023 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196477
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Marwa Aulia Shafira.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Actions (login required)

View Item View Item