Nasikhah, Khafidhotin and Dina Novia Priminingtyas and Febriananda Faizal (2022) Analisis Pengaruh Harga Dan Brand Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Tanaman Anggrek Di Dd Orchid Nursery. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Peningkatan permintaan tanaman anggrek menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat antar perusahaan budidaya anggrek. Akibatnya, terjadi penurunan penghasilan DD Orchid Nursery sehingga mengharuskan untuk menggunakan strategi pemasaran yang sesuai. Strategi yang dijalankan perusahaan sangat menentukan kesuksesan dalam persaingan bisnis untuk memasarkan produk. Agar dapat menarik perhatian konsumen, produk-produk yang ditawarkan di pasar harus mendapatkan posisi di hati konsumen. Oleh karena itu DD Orchid Nursery menggunakan strategi penetapan harga dan brand positioning. Harga menjadi suatu variabel yang dapat mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan untuk membeli suatu barang, sehingga perusahaan harus memperhatikan pada saat menetapkan harga. Brand positioning (memposisikan merek) bertujuan untuk mendapatkan posisi merek di benak konsumen dengan cara menciptakan produk yang sesuai dengan target pasar, sehingga tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui karakteristik konsumen DD Orchid Nursery serta menganalisis pengaruh harga dan brand positioning terhadap keputusan pembelian tanaman anggrek di DD Orchid Nursery. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode SEM PLS. Responden yang digunakan berjumlah 60 orang dengan metode purposive sampling kemudian diolah dengan bantuan WarpPLS 7.0. Variabel yang digunakan berjumlah tiga yaitu harga (X1), brand positioning (X2) dan keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian menunjukkan model dalam keadaan baik dan tidak terdapat masalah karena telah memenuhi goodness of fit. Pada pengujian hipotesis, variabel harga (X1) berpengaruh positif dan signifikan tinggi terhadap keputusan pembelian tanaman anggrek di DD Orchid Nursery dengan nilai muatan faktor sebesar 0.52 dan p-value < 0.001 sehingga H1 diterima. Variabel brand positioning juga berpengaruh positif dan signifikansi tinggi terhadap keputusan pembelian tanaman anggrek di DD Orchid Nursery dengan iv muatan faktor sebesar 0.32 dan p-value 0.004. Hasil R2 sebesar 0.59 artinya kontribusi pengaruh variabel harga (X1) dan brand positioning (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 59% dan sisanya sebesar 41% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini dan error. Saran yang diberikan kepada DD Orchid Nursery ialah perusahaan dapat menjaga harga yang ditawarkan agar tetap terjangkau untuk target pasarnya dan menambah waktu garansi produk agar kepercayaan konsumen dapat meningkat dalam hal keamanan produk. Perusahaan juga dapat memperpanjang manfaat secara estetika dari tanaman anggrek dengan cara melakukan control secara rutin, memberikan panduan merawat anggrek kepada konsumen dan membuat inovasi dengan menggunakan bunga anggrek asli yang diawetkan
English Abstract
The increase in demand for orchids has led to intense competition between orchid cultivation companies. As a result, there was a decrease in revenue at DD Orchid Nursery, thus requiring the use of appropriate marketing strategies. The strategy carried out by the company will determine success in business competition to market products. In order to attract the attention of consumers, the products offered in the market must gain a position in the hearts of consumers. Therefore, DD Orchid Nursery uses a pricing strategy and brand positioning. Price is a variable that can influence consumers in making decisions to buy an item, so companies must pay attention when setting prices. Brand positioning aims to get the brand position in the minds of consumers by creating products that are in accordance with the target market. So the purpose of this study was to determine the consumer characteristics od DD Orchid Nursery and analyze the effect of price and brand positioning on purchasing decisions for orchids at DD Orchid Nursery. This study uses a descriptive quantitative approach using the PLS SEM method. The respondents used were 60 people with purposive sampling method and then processed with the help of WarpPLS 7.0. The variables used are three, namely price (X1), brand positioning (X2) and purchasing decisions (Y). The results showed that the model was in good condition and there were no problems because it had fulfilled the goodness of fit. In testing the hypothesis, the price variable (X1) has a positive and high significance effect on purchasing decisions for orchids at DD Orchid Nursery with a factor loading value of 0.52 and a p-value <0.001 so that H1 is accepted. The brand positioning variable also has a positive and high significance effect on purchasing decisions for orchids at DD Orchid Nursery with a factor load of 0.32 and p-value of 0.004. The result of R2 is 0.59, meaning that the contribution of the influence of price variables (X1) and brand positioning (X2) on purchasing decisions (Y) is 59% and the remaining 41% is influenced by other variables outside this research model and errors. The advice given to DD Orchid vi Nursery is that the company can maintain the price offered so that it remains affordable for its target market and increase the product warranty time so that consumer confidence can increase in terms of product safety. Companies can also extend the aesthetic benefits of orchid plants by carrying out routine controls, providing guidance on caring for orchids to consumers and making innovations using preserved native orchids
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040238 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 02:03 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 02:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196451 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
KHAFIDHOTIN NASIKHAH.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |