ArmasarI, Ivonia Indah and Ir. Effy Yuswita, and Anisa Aprilia, (2022) Strategi Pengembangan Produk Sayur Segar Hidroponik Cv. K.E Hidroponik Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sayuran Hidroponik merupakan salah satu komoditas pangan yang memiliki potensi jual yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan sayuran jenis ini memiliki kuantitaas dan kualitas produk yang lebih tinggi dan bersih, jauh lebih efisien dalam penggunaan lahan dan periode tanam yang pendek. Terlebih lagi dorongan gaya hidup sehat yang dimiliki masyarakat tentunya merupakan sebuah peluang untuk menjual produk hasil pertanian hidroponik. CV K.E Hidroponik merupakan salah satu badan usaha yang bergerak dalam proses produksi sayuran hidroponik yang memerlukan strategi pengembangan produk demi mengatasi persaingan dengan usaha serupa, sehingga penting bagi perusahaan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dari perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal CV. K.E Hidroponik serta strategi apa yang harus diambil oleh CV K.E Hidroponik untuk menjalankan bisnisnya kedepan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan analisis deskriptif kuantitatif melalui aplikasi metode analisa IFAS EFAS untuk mengetahui nilai bobot faktor internal eksternal, kemudian didukung oleh penggunaan Matriks SWOT dan QSPM untuk mengetahui strategi pengembangan produk yang bisa diambil oleh CV K.E Hidroponik Tulungagung. Hasil analisa IFAS menunjukkan bahwa kekuatan utama perusahaan yakni memiliki kualitas produk yang baik dengan nilai bobot sebesar 0,054 dan kelemahan yang dimiliki perusahaan yakni harga produk yang cukup mahal dengan bobot sebesar 0,050. Sementara analisa EFAS menunjukkan tingginya minat konsumen dalam mengonsumsi sayuran sebagai upaya penerapan gaya hidup sehat sebesar 0,054 dan ancaman utama yakni adanya stigma bahwa harga sayuran hidroponik mahal dengan bobot sebesar 0,040. Sementara analisa EFAS konsumen menunjukkan peluang yang dapat dimanfaatkan yakni adanya peran media sosial untuk mencapai konsumen dengan nilai bobot 0,1 dan ancaman yakni banyak pesaing yang menjual produk serupa dengan bobot 0,086. Analisa SWOT menunjukkan bahwa perusahaan pada kuadran I sehingga dapat menerapkan strategi yang berorientasi ke pengembangan perusahaan, yang mengerucut ke 5 alternatif strategi: Memaksimalkan tenaga kerja dengan melakukan pemasaran via media sosial, memanfaatkan SOP untuk meningkatkan kualitas produk untuk mendorong minat konsumsi sayuran hidroponik, memaksimalkan kualitas produk untuk memasok restoran atau cafe yang memerlukan sayuran hidroponik, manajemen yang baik akan meningkatkan pangsa pasar, memanfaatkan lokasi outlet yang strategis. Matriks QSPM menunjukkan bahwa memaksimalkan tenaga kerja untuk melakukan pemasaran via media sosial memiliki skor tertinggi yakni sebesar 3,63
English Abstract
Hydroponic vegetables are one of food commodities that have fairly high selling potential. Since it have high-level of both quantity and quality, better hygiene, and provide much efficiency on land use and short growing time. Moreover, the increase of public awareness on healthy lifestyle also provide an opportunity to sell hydroponic product. CV. K.E Hidroponik is one of company that engaged in the production of hydroponic vegetables that require proper strategy on product development to overcome the competition with other companies that work on the same field. In this case, it’s important for CV. K.E Hidroponik to asses both its internal and external factor. Therefore, the purpose of this research is to perceive both internal and external factor of CV. K.E Hidroponik and to ascertain what kind of strategy that can be implemented for their bussiness to thrive in the future. The research is conducted by using Descriptive Analysis approach. Using IFAS (Internal Factor Analysis Summary) and EFAS (External Factor Analysis Summary) to obtain weight value of both factor while the application of SWOT and QSPM Matrix are to choose which strategy that can be applied by CV. K.E Hidroponik Tulungagung. IFAS Analysis shows that great quality of the product is the major strength of the company with weight value of 0,054 and its main weakness is the price of hydroponic product is quite expensive with weight value of 0,050. EFAS Analysis also shows high-level of interest from consument on vegetables as a way to apply healthy lifestyle by 0,054, beside that, there is also threat that need to be cautiously taken care by the company is the public opinion about hydroponic vegetables are expensive with weight value 0,4. EFAS Analysis on consument shows different opportunity, such as social media role to reach wider market as much as 0,1 and there are a lot of rival companies that sell the same product as a major threat with weight value 0,086. According to the SWOT Analysis, CV. K.E Hidroponik position is at the first quadrant, which mean that the company can apply growth-oriented strategies in the future. There are 5 alternative strategies that can be used: Maximizing human resources by using social media as a marketing place, Utilise the current SOP to increase product quality, that will also increase consumption interest of hydroponic vegetables, Maximizing product quality to supply restaurant or cafe that require hydroponic, Using the management to increase market share and the last strategy is by taking advantage of outlet strategic location. Analysis by QSPM Matrix shows that maximizing human resource by using social media as a marketing place has the highest score, at 3,63.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040233 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 08:02 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 08:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196445 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
IVONIA INDAH ARMASARI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |