Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Kenangan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Malang

Cahyani, Indria and Prof. Dr. Ir. Abdul Wahib Muhaimin and Anisa Aprilia, (2022) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Kenangan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan bisnis kedai kopi yang semakin pesat mengharuskan pelaku usaha menciptakan strategi pemasaran yang tepat dan unggul. Namun adanya pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini mengakibatkan seluruh aktifitas bisnis menjadi terhambat. Sehingga pelaku usaha perlu bekerja keras lagi untuk menciptakan strategi pemasaran yang tepat agar perusahaan bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan dan situasi pandemi Covid-19 saat ini. Pada penelitian sebelumnya dilakukan oleh Pramezwary (2021), yang menyatakan bahwa persaingan yang ketat membuat gerai kopi tidak hanya menjual kegunaan produk saja, namun sudah harus dihubungkan dengan ekuitas merek dari merek coffee shop itu sendiri. Ekuitas merek yang baik dapat memberikan value baik bagi perusahaan dan konsumen. Semakin kuat ekuitas merek akan meningkatkan kepercayaan konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Kopi Kenangan merupakan salah satu merek lokal yang mampu bertahan dan terus melakukan ekspansi di tengah pandemi Covid-19. Sehingga dirasa penting untuk mengetahui apakah faktor ekuitas merek yang mempengaruhi konsumen melakukan keputusan pembelian produk Kopi Kenangan semasa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di Kedai Kopi Kenangan yang berada di Kota Malang. Data yang digunakan merupakan data primer, yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online dengan menggunakan google form yang disebarkan melalui media sosial. Metode penentuan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 70 responden. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif analisis SEM- PLS dengan menggunakan bantuan software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Kopi Kenangan pada masa pandemi Covid- 19. Hal tersebut dapat diketahui dengan melihat nilai koefisien jalur dan p-value disetiap variabel. Hasil temuan di lapang melalui penyebaran kuisioner dapat diketahui bahwa konsumen melakukan pembelian berulang di Kopi Kenangan karena produk yang diberikan dan pelayanan yang dikasih Kopi Kenangan sesuai dengan harapan konsumen. Berkaitan dengan penelitian selanjutnya dapat memperluas indikator pada masing-masing variabel ekuitas merek, agar didapatkan informasi yang lebih detail mengenai faktor yg mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian

English Abstract

The increasingly rapid growth of the coffee shop business encourages business people to create appropriate and superior marketing strategies. However, the current Covid-19 pandemic has hampered all business activities. So that business actors need to work hard again to create the right marketing strategy so that companies can survive in the midst of intense competition and the current Covid-19 pandemic situation. In a previous study conducted by Pramezwary (2021), who stated that intense competition made coffee shops not only sell product uses, but had to be linked to the brand equity of the coffee shop brand itself. Good brand equity can provide good value for companies and consumers. Stronger equity will increase consumer confidence in the purchasing decision-making process. Kopi Kenangan is one of the local brands that is able to survive and continue to grow in the midst of the Covid-19 pandemic. So it is important to know what are the brand equity factors that influence consumers to continue to make purchasing decisions for Kopi Kenangan products during the Covid-19 pandemic. This research was conducted at the Kopi Kenangan, Malang City. The data used is primary data obtained through the distribution of online questionnaires using google forms which are distributed through social media. The sampling method used is purposive sampling and the number of samples used is 70 respondents. This research uses a quantitative approach with SEM-PLS analysis using WarpPLS 7.0 software. The results showed that the variables of brand awareness, brand association, perceived quality, and brand loyalty had a positive and significant effect on purchasing decisions for Kopi Kenangan products during the Covid-19 pandemic. This can be seen by looking at the path coefficient value and p value in each variable. The findings in the field through the distribution of questionnaires can be seen that consumers make repeated purchases at Kopi Kenangan because the products provided and the services provided by Kopi Kenangan are in accordance with consumer expectations. In connection with further research, it is possible to expand the indicators on each brand equity variable, so that the information obtained is more detailed about the factors that influence consumers in making purchasing decisions

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040229
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:31
Last Modified: 29 Dec 2022 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196441
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
INDRIA CAHYANI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item