Pengaruh Komunikasi Pemasaran Dengan Media Sosial Instagram Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Rasaki Hydrofarm Selama Masa Pandemi Covid-19

Febritania, Giezka Rien and Sugeng Riyanto,, SP., M.Si. and Mas Ayu Ambayoen,, SP., M.Si. (2021) Pengaruh Komunikasi Pemasaran Dengan Media Sosial Instagram Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Rasaki Hydrofarm Selama Masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada awal tahun 2020 dunia dilanda dengan pandemi Covid-19. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan perekonomian di Indonesia mengalami penurunan pertumbuhan. Salah satu upaya agar perekonomian dapat pulih kembali yaitu dengan memperhatikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. Pemanfaatan sosial media dapat digunakan UMKM untuk melakukan komunikasi pemasaran. Penggunaan sosial media Instagram oleh UMKM untuk mengomunikasikan dan mempromosikan produknya kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat mengetahui produk yang ditawarkan dan melakukan proses pembelian. Salah satu UMKM yang terus bertahan di tengah pandemi Covid-19 adalah Rasaki Hydrofarm. Rasaki Hydrofarm menggunakan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Rasaki Hydrofarm untuk mengetahui bagaimana konsumen menjelaskan suatu informasi yang kemudian dijadikan sebagai pertimbangan dalam keputusan pembelian. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis bauran komunikasi pemasaran dengan media sosial Instagram yang dilakukan oleh Rasaki Hydrofarm. Tujuan selanjutnya yaitu untuk menganalisis pengaruh bauran komunikasi pemasaran terhadap proses keputusan pembelian sayur hidroponik selama masa pandemi Covid-19 di Rasaki Hydrofarm. Penelitian ini dilaksanakan di Rasaki Hydrofarm yang beralamat di Jl. Raya Wangun Gg. Cibalok RT 03/03 No. 30a, Bogor Timur. Pemilihan lokasi di Rasaki Hyrofarm dikarenakan Rasaki Hydrofarm merupakan pusat head lettuce organik di Kota Bogor. Penentuan responden menggunakan non-probability sampling dengan cara accidental sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian produk Rasaki Hydrofarm selama masa pandemi Covid-19. Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Rasaki Hydrofarm terdiri dari advertising dengan mengunggah produk Rasaki Hydrofarm di Instagram, sales promotion dengan memberikan diskon produk Rasaki Hydrofarm di Instagram, public relations and publicity dengan membagikan aktivitas yang dilakukan oleh Rasaki Hydrofarm melalui Instagram, dan direct marketing dengan memberikan kemudahan dalam komunikasi secara langsung dengan konsumen dengan menggunakan fitur direct message. Proses keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk Rasaki Hydrofarm meliputi pengenalan masalah yaitu kebutuhan konsumen akan produk sayur hidroponik dan organik, pencarian informasi mengani produk melalui Instagram, evaluasi alternatif yaitu dengan membandingkan produk Rasaki Hydrofarm dengan produk UMKM lain, dan tingkah laku pasca pembelian bahwa konsumen Rasaki Hydrofarm puas dengan produk Rasaki Hydrofarm dan akan membeli ulang produk Rasaki Hydrofarm. Berdasarkan hasil penelitian, variabel yang berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian adalah variabel sales promotion (X2) dan public relations and publicity (X4). Variabel sales promotion (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel proses vii keputusan pembelian (Y) dengan nilai kofiesien jalur sebesar 0.351 dengan p-value sebesar 0.003. Pemberian potongan harga produk Rasaki Hydrofarm di Instagram telah menarik perhatian konsumen untuk membeli produk Rasaki Hydrofarm. Selanjutnya, pada variabel public relations and publicity (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel proses keputusan pembelian (Y) dengan koefisien jalur sebesar 0.429 dengan p-value sebesar <0.001. Rasaki Hydrofarm menjalin hubungan yang baik dengan konsumen dengan cara membagikan aktivitas mulai dari menanam hingga pemasaran di Instagram. Hal tersebut dapat membuat konsumen lebih tertarik dengan produk Rasaki Hydrofarm. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah bauran komunikasi pemasaran lainnya yang ada di lapang

English Abstract

At the beginning of 2020 the world was hit by the Covid-19 pandemic. The Covid-19 pandemic has caused the Indonesian economy to experience a decline in growth. One of the efforts so that the economy can recover is by paying attention to Micro and Small Enterprises and Medium Enterprises (MSMEs) to survive in the midst of the Covid-19 pandemic. The use of social media can be used by MSMEs to carry out marketing communications. The use of social media Instagram by SMEs to communicate and promote their products to the public so that people can know the products offered and make the purchase process. One of the MSMEs that continues to survive in the midst of the Covid-19 pandemic is Rasaki Hydrofarm. Rasaki Hydrofarm uses Instagram as a marketing communication medium. The marketing communication strategy carried out by Rasaki Hydrofarm is to find out how consumers explain information which is then used as a consideration in purchasing decisions. This study aims to analyze the marketing communication mix with Instagram social media conducted by Rasaki Hydrofarm. The next objective is to analyze the influence of the marketing communication mix on the hydroponic vegetable purchase decision process during the Covid-19 pandemic at Rasaki Hydrofarm. This research was conducted at Rasaki Hydrofarm which is located at Jl. Raya Wangun Gg. Cibalok RT 03/03 No. 30a, East Bogor. The choice of location at Rasaki Hyrofarm is because Rasaki Hydrofarm is the center of head lettuce organicin Bogor City. Determination of respondents using non-probability sampling by accidental sampling. This study uses a descriptive quantitative approach by using Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) analysis to find out how marketing communication influences purchasing decisions for Rasaki Hydrofarm products during the Covid-19 pandemic. Marketing communications carried out by Rasaki Hydrofarm consist of advertising by uploading Rasaki Hydrofarm products on Instagram, sales promotion by providing discounts on Rasaki Hydrofarm products on Instagram, public relations and publicity by sharing activities carried out by Rasaki Hydrofarm through Instagram, and direct marketing by providing convenience. in direct communication with consumers by using thefeature direct message. The consumer purchasing decision process in buying Rasaki Hydrofarm products includes the introduction of problems, namely the consumer's need for hydroponic and organic vegetable products, searching for product information through Instagram, evaluating alternatives by comparing Rasaki Hydrofarm products with other MSME products, and post-purchase behavior that consumers of Rasaki Hydrofarm is satisfied with the Rasaki Hydrofarm product and will repurchase the Rasaki Hydrofarm product Based on the research results, the variables that influence the purchasing decision process arevariables sales promotion (X2) and public relations and publicity (X4). The penyuvariable sales promotion (X2) has a positive and significant effect on the purchasing decision process variable (Y) with a path coefficient value of 0.351 with a p-value of 0.003. Giving discounts on Rasaki Hydrofarm products on Instagram has attracted the attention of consumers to buy Rasaki Hydrofarm products. Furthermore, thevariable public relations and publicity (X3) has a positive and significant effect on the purchasing decision process variable (Y) with a path coefficient of 0.429 with a p- value of <0.001. Rasaki Hydrofarm builds good relationships with consumers by sharing activities ranging from planting to marketing on Instagram. This can make consumers more interested in Rasaki Hydrofarm products. Suggestions for further researchers are expected to add other marketing communication mixes in the field

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040306
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Nov 2022 06:33
Last Modified: 18 Nov 2022 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196397
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
GIEZKA RIEN FEBRITANIA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item