Eldisthia, Erika and Prof. Dr. Ir. Abdul Wahib Muhaimin,, MS and Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan,, MS (2022) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Sikap Minat Dan Keputusan Pembelian Buah Jeruk Lokal Di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Buah-buahan memiliki prospek pengembangan yang bagus, dan salah satu jenis buah yang baik untuk dikembangkan adalah buah jeruk (Poerwanto, 2004). Jeruk menjadi komoditas buah yang penting di dunia, dengan produksi pertahun yang mencapai lebih dari 120 juta ton. Varietas yang paling banyak diproduksi adalah jenis jeruk manis (orange) 60%, diikuti oleh keprok (mandarin) sebanyak 20% dan sisanya adalah jenis siam (tangerine), lemon, purut, dan lainnya (Scordino & Sabatino 2014). Produksi jeruk di Indonesia cenderung meningkat dari tahun 2015 sampai tahun 2019 (BPS 2020) dengan proyeksi rata-rata peningkatan produksi sebesar 4,93% per tahun. Atribut dari produk dinilai sangat berpengaruh penting dalam keputusan pembelian yang dilakukan konsumen. Rahmawati (2018) menyatakan bahwa terdapat empat atribut yang dinilai sangat penting oleh konsumen yaitu harga, rasa, kesegaran dan aroma buah jeruk. Atribut buah jeruk impor yang dipercaya yaitu warna, ukuran, aroma dan teksur sedangkan atribut buah jeruk lokal yang dipercaya konsumen yaitu atribut harga, rasa, dan kesegaran. Secara keselurahan nilai sikap konsumen lebih positif terhadap atribut buah jeruk impor, sehingga jeruk impor lebih unggul dibandingkan dengan buah jeruk lokal. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Menganalisis pengaruh atribut buah jeruk terhadap sikap konsumen di Kota Malang (2) Menganalisis pengaruh atribut buah jeruk lokal terhadap minat konsumen di Kota Malang (3) Menganalisis pengaruh sikap dan minat konsumen terhadap keputusan pembelian buah jeruk lokal di Kota Malang Metode penelitian ini secara kuantitatif deskriptif menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Warp Partial Least Square (WarpPLS). Data primer diperoleh melalui pengisian kuesioner sebagai media wawancara secara online. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi literatur dari berbagai sumber terkait. Penarikan sampel dilakukan berdasarkan teknik nonprobability sampling dan terpilihlah 122 sampel sebagai responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap dan minat konsumen, sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Minat Konsumen positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
English Abstract
Fruits have good development prospects, and one type of fruit that is good for development is citrus fruit (Poerwanto, 2004). Oranges are an important fruit commodity in the world, with annual production reaching more than 120 million tons. The most widely produced varieties are sweet oranges (orange) 60%, followed by tangerines (mandarins) as much as 20% and the rest are siam (tangerine), lemon, kaffir lime, and others (Scordino & Sabatino 2014). Citrus production in Indonesia tends to increase from 2015 to 2019 (BPS 2020) with a projected average production increase of 4.93% per year. The attributes of the product are considered to be very important in purchasing decisions made by consumers. Rahmawati (2018) states that there are four attributes that are considered very important by consumers, namely price, taste, freshness and aroma of citrus fruits. The attributes of imported citrus fruits that are trusted by consumers are color, size, aroma and texture, while the attributes of local oranges that are trusted by consumers are the attributes of price, taste, and freshness. Overall, the value of consumer attitudes is more positive towards the attributes of imported citrus fruits, so that imported oranges are superior to local oranges. So the purpose of this study is to (1) analyze the influence of citrus fruit attributes on consumer attitudes in Malang City (2) Analyze the influence of local citrus fruit attributes on consumer interest in Malang City (3) Analyze the influence of consumer attitudes and interests on purchasing decisions of citrus fruits local in Malang This research method is descriptive quantitative using Structural Equation Modeling (SEM) analysis with Warp Partial Least Square (WarpPLS) approach. Primary data was obtained through filling out a questionnaire as an online interview media. Meanwhile, secondary data was obtained through literature studies from various related sources. Sampling was done based on non-probability sampling technique and 122 samples were selected as respondents in this study. The results showed that product attributes had a positive and significant effect on consumer attitudes and interests, consumer attitudes had a positive and significant effect on purchasing decisions, positive and significant consumer interest on purchasing decisions.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0422040022 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | S2/S3 > Magister Bioteknologi Agroindustri, Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 06:18 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 06:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196376 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
erika eldisthia.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |