Saputri, Ela and Setiyo Yuli Handono,, SP.,MP.,MBA and Vi’in Ayu Pertiwi,, SP.,MP (2022) Preferensi Konsumen Dan Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Produk Wong Coco Selama Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perusahaan dalam menjalankan usahanya harus mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk-produknya, faktor umum yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk seperti manfaat produk, keungan konsumen, dan faktor yang tidak terduga. Saat ini di Indonesia bahkan dunia sedang mengalami situasi tidak terduga yaitu pendemi Covid-19. Pandemi ini sudah menggoncangkan struktur sosial dan perekonomian di seluruh dunia. Oleh kerenanya perusahaan harus mmebuat strategi agar dapat bertahan di tengah krisis global yang terjadi saat ini. PT Keong Nusantara Abadi adalah salah satu perusahaan di bidang food and bevarage yang terkena dampak hebat dari pendemi COVID-19 ini. Saat ini jumlah penjualan dari bulan kebulan selama masa pandemi sangatlah menurun, baik penjualan lokal dan permintaan ekspor mengalami penurunan sampai di titik nol. Hal ini merupakan titik terendah penjualan di sepanjang sejarah penjualan PT keong Nusantara Abadi Kediri. Seperti wortel tidak produksi pada bulan Agustus, September dan Oktober, aloevera tidak produksi pada bulan September, Oktober, dan produk nata de coco tidak produksi pada bulan Oktober. Selama enam bulan tersebut faktanya terlihat bahwa volume penjualan produk Wong Coco dari bulan kebulan mengalami penurunan yang tidak teratur. Perusahaan terus mencari inovasi supaya produknya tetap digemari dan diminati oleh para konsumen dalam situasi pandemi saat ini. Adanya permasalahan tersebut menjadi satu hal penting untuk dilakukannya penelitian ini, dengan tujuan mengetahui preferensi konsumen dan bauran pemasaran terhadap minat beli produk Wong Coco selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan pada bulan Februari – Juni 2022. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui kuesioner atau google form yang dibagikan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari internal perusahaan dan literatur yang relevan untuk menunjang penelitian ini. Responden penelitian berjumlah 90 orang dengan purposif sampling dan diolah dengan menggunakan SPSS. penelitian ini menggunakan toleransi kesalahan atau alpha sebesar 0,5. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada 6 yaitu Preferensi Konsumen (X1), Bauran Pemasaran yaitu Produk (X2), Harga (X3), Tempat (X4), Promosi (X5) sebagai variabel independen dan Minat Beli (Y1) sebagai variabel endependen. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa tidak semua variabel berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada masa pandemi Covid-19. Pada variabel preferensi (X1) dan harga (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Sehingga dari kedua variabel tersebut perlu adanya peningkatan atau perbaikan yang nantinya berpotensi untuk meningkatkan minat beli pada produk Wong Coco. Sedangkan pada variabel produk (X2), tempat (X4), promosi (X5) menunjukkan hasil yang postif dan signifikan tehadap minat beli sehingga dapat dijaga konsistensinya dan ditingkatkan agar lebih baik sehingga dapat meningkatkan minat beli produk Wong Coco selama pandemi Covid-19.
English Abstract
Companies in running their business must know what factors influence consumers to buy their products, general factors that influence consumers to buy products such as product benefits, consumer finances, and unexpected factors. Where Indonesia and even the world are experiencing an unexpected situation at this time, namely the COVID-19 pandemic. This pandemic has shaken social and economic structures around the world. Therefore, companies must develop strategies in order to survive in the midst of the current global crisis. PT Keong Nusantara Abadi is one of the companies in the food and bevarage sector that has been severely affected by the COVID-19 pandemic. Where the number of sales from month to month during the pandemic is very declining, both local sales and export demand have decreased to zero or some products that are not in production. thus this is the lowest point of sales throughout the sales history of PT keong Nusantara Abadi Kediri. Such as carrots off in August, September and October, aloevera off in September, October, and nata de coco off products in October. During these six months, the fact can be seen that the sales volume of Wong Coco products from month to month has decreased irregularly. The company continues to look for innovations so that its products remain popular and in demand by consumers in the current pandemic situation. The existence of this problem is an important thing for this research to do, with the aim of knowing consumer preferences and marketing mix towards buying wong coco products during the Covid-19 pandemic. This research uses a quantitative approach and was conducted in October – December 2022. This study used primary and secondary data. Primary data is obtained through a questionnaire or google form shared. Meanwhile, secondary data was obtained from the company's internal and relevant literature to support this research. The study respondents were 90 people with purposive sampling and processed using SPSS 2.5. this study used an error tolerance or alpha of 0.5. There are 6 variables used in this study, namely Consumer Preference (X1), Marketing Mix, namely Product (X2), Price (X3), Place (X4), Promotion (X5) as an independent variable and Buying Interest (Y1) as an endependent variable. The results of multiple linear regression analysis show that not all variables have a significant effect on consumer buying interest during the Covid-19 pandemic. The preference variables (X1) and price (X3) have no significant effect on consumer buying interest. So from these two variables it is necessary to increase or improve which later has the potential to increase buying interest in Wong Coco products. Meanwhile, the product variable (X2), place (X4), promotion (X5) showed positive and significant results on buying interest so that consistency can be maintained and improved so that it can increase interest in buying Wong Coco products during the Covid-19 pandemic
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040200 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 04:29 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 04:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196373 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ela Saputri.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |