Sari, Dita Aprila and Setiyo Yuli Handono,, SP., MP., MBA and Medea Rahmadhani Utomo,, SP., M.Si (2022) Pemasaran Melalui Social Media Marketing (Smm) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Di Dd Orchid Nursery. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemasaran merupakan salah satu bagian penting dalam menjalankan usaha. Dalam pemasaran, diperlukan pengelolaan yang tepat agar perusahaan dapat bersaing dan berkembang dengan baik. Tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia menjadikan peluang bagi perusahaan untuk memasarkan produknya secara online. Social Media Marketing merupakan salah satu jenis digital marketing yang dapat digunakan untuk memasarkan produk melalui media sosial. DD Orchid Nursery adalah perusahaan yang menawarkan produk tanaman anggrek. Pandemi covid-19 menyebabkan terhambatnya kegiatan promosi secara offline, sehingga perusahaan ini sempat mengalami penurunan penjualan. Oleh karena itu, perusahaan memasarkan produknya secara online melalui Social Media Marketing agar dapat meningkatkan penjualan produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemasaran yang dilakukan oleh DD Orchid Nursery, khususnya pemasaran melalui Social Media Marketing (SMM) untuk meningkatkan penjualan produk. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di DD Orchid Nursery, Gang Orchid, Desa Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu pada bulan Desember 2021 sampai dengan bulan Juni 2022. Informan pada penelitian ini sebanyak lima orang, yaitu owner beserta empat orang karyawan DD Orchid Nursery. Data yang didapatkan berupa data primer dan sekunder dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu dengan cara kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas, yaitu dengan triangulasi teknik yang dilakukan dengan mengecek data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa DD Orchid Nursery melakukan kegiatan pemasaran dengan mengembangkan produk tanaman anggrek hasil penyilangan dari laboratorium milik perusahaan. Hal ini membuat produk memiliki ciri khas dan keunikan yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Sedangkan penentuan harga berdasakan cost-plus pricing, serta bergantung pada umur dan jenis anggrek. Pemilihan tempat perusahaan berdasarkan ketersediaan lahan dan latar belakang owner, sedangkan saluran distribusi menggunakan reseller. Kegiatan promosi dilakukan secara offline, yaitu melalui pameran, pelatihan, dan event-event tertentu. Perusahaan juga melakukan promosi secara online yaitu melalui media sosial. Pemasaran melalui social media marketing dilakukan menggunakan media sosial WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Perusahaan selalu ii berkomunikasi dengan pelanggan untuk membangun hubungan, membagikan konten untuk menginformasikan produk, memberikan beberapa penawaran tertentu, dan memberikan layanan/dukungan yang baik kepada pelanggan. Social media marketing ini bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasaran sehingga dapat meningkatkan penjualan produk. Saran yang dapat diberikan kepada perusahaan adalah sebaiknya membagikan konten di media sosial yang lebih kreatif seperti gambar atau video singkat terkait terkait perawatan anggrek melalui pemasaran digital sehingga dapat mengenalkan budidaya anggrek kepada masyarakat agar tertarik menanam anggrek dan membeli produk dari perusahaan.
English Abstract
Marketing is an important part of running a business. In marketing, proper management is needed so that companies can compete and develop well. The high number of internet users in Indonesia creates opportunities for companies to market their products online. Social Media Marketing is one type of digital marketing that can be used to market products through social media. DD Orchid Nursery is a company that offers orchid plant products. The COVID-19 pandemic has hampered offline promotional activities, so the company experienced a decline in sales. Therefore, the company markets its products online through Social Media Marketing in order to increase product sales. The purpose of this study was to determine the marketing process carried out by DD Orchid Nursery, especially marketing through Social Media Marketing (SMM) to increase product sales. This research approach uses descriptive qualitative research methods. This research was conducted at DD Orchid Nursery, Gang Orchid, Dadaprejo Village, Junrejo District, Batu City from December 2021 to June 2022. There were five informants in this study, namely the owner and four employees of DD Orchid Nursery. The data obtained in the form of primary and secondary data using interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used is descriptive method, namely by condensing data, presenting data, as well as drawing conclusions and verifying data. Meanwhile, the validity of the data in this study used a credibility test, namely by triangulation of techniques carried out by checking interview data, observations, and documentation. The results of this study indicate that DD Orchid Nursery carries out marketing activities by developing orchid plant products from crosses from the company's laboratory. This makes the product has a characteristic and uniqueness that can be a special attraction for customers. Meanwhile, the pricing is based on cost-plus pricing, and depends on the age and type of orchid. The company's location selection is based on the availability of land and the owner's background. While the distribution channel using resellers. Promotional activities are carried out offline, namely through exhibitions, training, and certain events. The company also carries out online promotions, namely through social media. Marketing through social media marketing is done using social media WhatsApp, Facebook, and Instagram. The company always communicates with customers to build relationships, share content to inform products, provide certain offers, and provide good service/support to customers. Social media marketing aims to make it easier for companies to carry out marketing activities so that they can increase product sales.Suggestions that can be given to companies are that it is better to share content on social media that is more creative, such as pictures or short videos related to orchid care through digital marketing so that they can introduce orchid cultivation to the public so that they are interested in growing orchids and buying products from the company.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040197 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 02:26 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 02:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196369 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
DITA APRILA SARI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |