Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Dd Orchid Nursery

Pitaloka, Diha Ayu and Dina Novia Priminingtyas,, S.P., M.Si and Febriananda Faizal,, S.P., M.SP (2022) Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Dd Orchid Nursery. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini para pelaku usaha sangat membutuhkan pertimbangan agar bisa dijadikan acuan merumuskan strategi untuk memenangkan persaingan khususnya untuk memperebutkan loyalitas pelanggan. Salah satu bentuk pertimbangan tersebut yaitu dengan mengetahui variabel-variabel apa saja yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan. Variabel tersebut antara lain harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan. Salah satu perusahaan yang berupaya untuk mengembangkan suatu strategi yang efektif untuk membangun, meningkatkan, dan mempertahankan loyalitas dari pelanggannya yaitu DD Orchid Nursery. DD Orchid Nursery tidak hanya harus bersaing dengan nursery kecil maupun besar yang sudah lama ada, tetapi juga harus bersaingan dengan nursery baru yang semakin banyak bermunculan akhir-akhir ini yang dikarenakan peluang bisnis anggrek ini cukup menggiurkan. Imbas dari persaingan tersebut, pada Oktober 2020 hingga Mei 2021 penjualan DD Orchid Nursery fluktuatif dan cenderung menurun. Hal tersebut dikarenakan semakin benyaknya pesaing yang menjual anggrek dengan harga yang lebih murah. Berdasarkan permasalahan yang ada di lapang, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik pelanggan di DD Orchid Nursery dan menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, dan kaulitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di DD Orchid Nursery. Penulis menggunakan pendekatan secara kuantiatif dengan analisis desktiptif statistik. Penelitian ini dilakukan di DD Orchid Nursery, Desa Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Waktu pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2021 hingga bulan April 2022. Metode pengambilan sampling pada penelitian ini adalah dengan non probability sampling dengan teknik pengumpulan sampel purposive sampling dengan menggunakan rumus dari Ferdinand (2014) dan sampel yang digunakan sebanyak 75 sampel. Pengumpulan data dilakukan secara online kepada responden dengan mengajukan kuesioner berupa google form. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) PLS yang diolah menggunakan aplikasi/software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa karakteristik konsumen di DD Orchid Nursery didominasi oleh konsumen berjenis kelamin perempuan, berusia 31-40 tahun, bekerja sebagai pegawai swasta, memiliki pendapatan > Rp 4.000.000 per bulan, dan pendidikan terakhirnya adalah perguruan tinggi. Untuk variabel harga (X1) memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan, sedangkan kualitas produk (X2), dan kualitas pelayanan (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y) di DD Orchid Nursery dengan nilai koefisien jalur masing-masing pada variabel X1, X2, dan X3 sebesar 0,15; 0,42; 0,30. Sedangkan nilai p-value masing-masing sebesar 0.09, < 0,01; < 0,01. Saran dari penelitian ini yaitu bagi pihak DD Orchid Nursery diharapkan ii untuk selalu bisa berkembang dan menjaga konsistensi dari harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan, khususnya dalam memberikan diskon atau bonus kepada pelanggannya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan topik sejenis dengan menambah menggunakan variabel lain.

English Abstract

Currently, business actors really need consideration so that they can be used as a reference in formulating strategies to win the competition, especially for fighting over customer loyalty. One of these considerations is knowing what variables can affect customer loyalty. These variables include price, product quality, and service quality. One company that seeks to develop an effective strategy to build, improve, and maintain customer loyalty is DD Orchid Nursery. DD Orchid Nursery not only has to compete with small and large nurseries that have been around for a long time, but also has to compete with new nurseries that have been popping up more and more recently because the orchid business opportunity is quite lucrative. As a result of this competition, from October 2020 to May 2021 sales of DD Orchid Nursery fluctuated and tended to decline. This is due to the increasing number of competitors who sell orchids at lower prices. Based on the problems that exist in the field, the purpose of this study is to analyze the characteristics of customers at DD Orchid Nursery and analyze the effect of price, product quality, and service quality on customer loyalty at DD Orchid Nursery. The author uses a quantitative approach with descriptive statistical analysis. This research was conducted at DD Orchid Nursery, Dadaprejo Village, Junrejo District, Batu City. The time of the research was carried out in December 2021 to April 2022. The sampling method in this study was non-probability sampling with purposive sampling sampling technique using the formula from Ferdinand (2014) and the sample used was 75 samples. Data was collected online to respondents by submitting a questionnaire in the form of a google form. This study uses descriptive analysis techniques and Structural Equation Modeling (SEM) PLS analysis which is processed using the WarpPLS 7.0 application/software. The results of the research that have been carried out show that the characteristics of consumers in DD Orchid Nursery are dominated by female consumers, aged 31-40 years, working as private employees, having income > IDR 4,000,000 per month, and the last education is college. The price variable (X1) has a positive but not significant effect, while product quality (X2), and service quality (X3) have a positive and significant influence on the customer loyalty variable (Y) at DD Orchid Nursery with the respective path coefficient values at variables X1, X2, and X3 of 0.15; 0.42; 0.30. Meanwhile, the p-values are 0.09, < 0.01; < 0.01. Suggestions from this research are that DD Orchid Nursery is expected to always be able to develop and maintain consistency of price, product quality, and service quality, especially in providing discounts or bonuses to its customers. For further researchers, it is hoped that they can use similar topics by adding other variables.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040195
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:11
Last Modified: 17 Nov 2022 02:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196367
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DIHA AYU PITALOKA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item