Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Produk Kerupuk Udang Merek Qonjamadu

Fitria, Dewi Adriana and Dr. Dwi Retno Andriani,, SP., M and Andrean Eka Hardana,, SP., MP., M.BA (2022) Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Produk Kerupuk Udang Merek Qonjamadu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketidakpastian dan persaingan usaha yang dihadapi UMKM kerupuk udang mendorong UMKM kerupuk udang di Sidoarjo untuk perlu meningkatkan kinerja atribut produk demi menarik konsumen membeli produk mereka. Salah satunya UMKM Qonjamadu, produsen kerupuk udang di Sidoarjo yang juga menghadapi ketidakpastian dan persaingan bisnis. Salah satu strategi untuk menghadapi ketidakpastian dan tingkat persaingan yang tinggi adalah dengan mengetahui bagaimana sikap konsumen terhadap atribut-atribut produk. Adapun atribut produk kerupuk udang meliputi 6 jenis yaitu atribut harga, rasa, tekstur, kemasan, kebersihan dan kemudahan memperoleh. Sikap konsumen merupakan faktor utama dalam proses keputusan pembelian konsumen, sehingga penting bagi pemasar untuk mengetahui bagaimana sikap konsumen dapat dibentuk melalui atribut- atribut produk yang dianggap penting atau diperhatikan oleh konsumen. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk kerupuk udang Qonjamadu dan menganalisis sikap konsumen terhadap atribut-atribut produk kerupuk udang Qonjamadu. Metode penelitian yang dilakukan di umkm kerupuk udang ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja di UMKM Qonjamadu selama bulan Februari hingga Maret 2022. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan jenis teknik sampling purposive. Adapun kriteria responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah berusia minimal 17 tahun serta pernah mengonsumsi dan membeli kerupuk udang merek Qonjamadu minimal sekali dalam satu tahun terakhir. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara menggunakan kuesioner online maupun kuesioner offline saat kondisi memungkinkan. Teknik analisis data yang telah terkumpul yaitu uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif dan analisis model sikap multiatribut Fishbein. Adapun atribut yang diuji dalam penelitian ini yaitu berupa harga produk, rasa, tekstur, kemasan, kebersihan serta kemudahan memperoleh produk. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh responden sebanyak 70 orang baik dari penelitian offline maupun online. Responden dalam penelitian ini didominasi oleh responden perempuan dengan presentasi 64% dan usia responden didominasi oleh kelompok usia 20-29 tahun dengan persentase 54%. Responden juga didominasi oleh kelompok pelajar atau mahasiswa dengan tingkat pendidikan terakhir sma hingga sarjana. Sedangkan responden dalam akses pembelian produk Qonjamadu rata-rata membeli langsung pada outlet Qonjamadu di Desa Sawohan. Adapun hasil analisis multi atribut Fishbein yang pertama yaitu evaluasi kepentingan atribut. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi kepentingan atribut oleh konsumen (ei) secara berurutan yaitu kebersihan produk, kemasan, tekstur, harga, rasa dan kemudahan memperoleh. Atribut yang memiliki nilai kepentingan tertinggi adalah atribut kebersihan produk. Apabila Qonjamadu memperhatikan kebersihan produk yang disajikan kepada konsumen akan mendukung keputusan pembelian konsumen, karena dengan memperhatikan v kebersihan maka kualitas dari produk yang dijual akan meningkat juga sehingga lebih diminati oleh konsumen. Selanjutnya hasil analisis tingkat keyakinan konsumen terhadap atribut Qonjamadu (bi) dengan secara berurutan yaitu kemasan, kebersihan, tekstur, rasa, harga dan kemudahan memperoleh. Atribut yang memiliki nilai keyakinan tertinggi adalah atribut kemasan. Konsumen meyakini bahwa kemasan kerupuk udang Qonjamadu telah menyediakan informasi terkait produk seperti nama produk, tanggal kadaluarsa/produksi serta kemasan produk dianggap praktis oleh konsumen. Kemasan produk menjadi hal yang penting dalam mendukung pemasaran, dimana kemasan yang baik dapat menciptakan gambaran awal mengenai kualitas sehingga mampu mendorong penjualan. Sedangkan hasil analisis sikap konsumen secara keseluruhan terhadap atribut produk kerupuk udang Qonjamadu adalah baik atau positif dengan nilai 113.55. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen menyukai produk kerupuk udang Qonjamadu. Hasil ini juga menunjukkan bahwa sikap konsumen yang positif berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, karena sikap positif cenderung mendorong keinginan untuk memilih atau membeli produk yang disukai konsumen tersebut. Hasil analisis mengenai atribut-atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian kerupuk udang Qonjamadu diketahui dari nilai sikap konsumen (Ao) pada masing-masing atribut. Dengan urutan atribut kerupuk udang Qonjamadu yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian yaitu kemasan dengan nilai sebesar 20.51 , kebersihan dengan nilai sebesar 20.47, tekstur kerupuk dengan nilai sebesar 19.71 , rasa kerupuk dengan nilai sebesar 18.39 , harga produk dengan nilai sebesar 18.36 , dan kemudahan memperoleh dengan nilai sebesar 16.11. Selanjutnya terdapat saran yang diberikan oleh penulis dalam penelitian mengenai sikap konsumen kerupuk udang Qonjamadu (1) mengoptimalkan kinerja atribut kemasan dengan meningkatkan desain kemasan yang lebih menarik dan menggunakan standing pouch craft ziplock, (2) memperhatikan atribut kebersihan produk mulai dari proses produksi kerupuk hingga pemasaran, (3) bagi peneliti selanjutnya dapat menambahkan atribut lain seperti nilai gizi dan bebas bahan berbahaya. Selain itu peneliti selanjutnya juga dapat menambah butir pertanyaan pada setiap variabel untuk memperoleh hasil yang lebih bai

English Abstract

The shrimp cracker MSMEs in Sidoarjo are stimulated to improve the performance of product attributes in order to attract customers to buy their products because of the uncertainty and business competition that they face. One of them is MSME Qonjamadu, a producer of shrimp crackers in Sidoarjo who is also facing business competition and uncertainty. To deal with uncertainty and increasing competition, one strategy is to analyze the consumer attitudes toward product attributes. There are six main types of shrimp cracker product attributes including price, taste, texture, packaging, cleanliness, and ease of obtaining. Consumer attitudes are the most important determining factor in the consumer purchasing decision process, so marketers must understand how consumer attitudes can be formed through product attributes that are important to or considered by consumers. As a result, the purpose of this study is to analyze the attributes that consumers consider when purchasing Qonjamadu shrimp cracker products, and also to analyse consumer attitudes toward the Qonjamadu shrimp cracker product attributes. The research method that was used in this research is a Quantitative approach in shrimp cracker’s MSMEs. The research was conducted in February and March 2022, the deliberate choice of the study's location was made at the Qonjamadu MSMEs. An approach to purposive sampling known as nonprobability sampling was used to determine the samples for this study. The requirements for respondents in this study were that they be at least 17 years old and have eaten and bought Qonjamadu brand shrimp crackers at least once in the previous year. The data collection methods that was used in this study are interviews using online and offline questionnaires when conditions permit. The data analysis techniques that have been collected are used validity tests, reliability tests, descriptive statistics and analysis of fishbein multiattribute attitude models. The attributes that are examined in this study include product price, taste, texture, packaging, cleanliness, and ease of obtaining. Based on the research that has been conducted, 70 respondents were obtained from both offline and online research. In this study, female respondents made up 64 percent of the total respondents, and the age range of 20 to 29 years accounted for 54 percent of the total respondents. The group of students or college students with the last level of high school to undergraduate education also made up the majority of the respondents. In the meantime, respondents who have access to Qonjamadu products typically purchase them directly from Qonjamadu outlets in Sawohan Village. The results of fishbein's first multi-attribute analysis are attribute importance evaluations. The results showed how consumers (ei) sequentially assessed the importance of the attributes of product cleanliness, packaging, texture, price, taste, and ease of obtaining. The product cleanliness attribute is the one with the highest importance value. Consumers' purchasing decisions will be supported if Qonjamadu pays attention to how clean the products are when they are presented to them. By paying attention to cleanliness, the quality of the products sold will also rise, making more demand among consumers. Additionally, the analysis of the level vii of consumer confidence in Qonjamadu (bi) attributes sequentially packaging, cleanliness, texture, taste, price, and ease of obtaining. The packaging attribute is the one with the highest confidence value. Consumers consider that the Qonjamadu shrimp cracker packaging has included information about the product, such as the product name, expiration date, and production date, and that the packaging is practical. Product packaging plays a crucial role in assisting marketing because it can convey a positive first impression of quality and increase sales. Overall consumer attitudes toward the qualities of Qonjamadu shrimp cracker products were found to be good or positive, with a value of 113.55. This shows how much customers like Qonjamadu shrimp crackers. These results also demonstrated the impact of consumers' attitudes on their purchasing behavior, as positive attitudes are more likely to encourage consumers to select or purchase goods they find appealing. The value of consumer attitudes (Ao) on each attribute is used to determine the outcomes of the analysis of the characteristics that consumers consider most when purchasing Qonjamadu shrimp crackers.With regard to the attributes of Qonjamadu shrimp crackers that consumers value most when making purchase decisions sequentially packaging (20.51), cleanliness (20.47), cracker texture (19.71), cracker flavor (18.39), product price (18.36), and ease of obtaining (16.11). Additionally, the authors of the study make the following recommendations regarding consumer attitudes toward Qonjamadu shrimp crackers: (1) optimizing the performance of packaging attributes by improving more attractive packaging designs and using ziplock standing pouch crafts, (2) pay attention to product cleanliness attributes start from beginning with the cracker production process and continuing through marketing, (3) allowing future researchers to add other attributes like nutritional value and preservative free. Then, future researchers can add more question items to each variable for better results

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040192
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Nov 2022 01:22
Last Modified: 17 Nov 2022 01:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196361
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dewi Adriana Fitria.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item