Pengaruh Video “Jurnal Rosa” Dalam Media Sosial Instagram Dan Tiktok Terhadap Perubahan Rasa Ingin Tahu Masyarakat Mengenai Kearifan Lokal Suatu Pohon

Wiranto, Cornelius Aryo Kusumo and Ir. Effy Yuswita,, M. Si. and Anisa Aprilia,, SP., MP., M. BA. (2022) Pengaruh Video “Jurnal Rosa” Dalam Media Sosial Instagram Dan Tiktok Terhadap Perubahan Rasa Ingin Tahu Masyarakat Mengenai Kearifan Lokal Suatu Pohon. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi internet, jumlah pengguna media sosial di Indonesia pun cenderung meningkat. Jumlah pengguna media sosial yang masif ini membuat masyarakat Indonesia semakin terkoneksi satu sama lain dan membuat informasi juga menyebar lebih cepat. Namun, hal ini dapat berdampak negatif. Salah satu dampak buruk dari tingginya pengguna media sosial yakni meningkatkan penyebaran berita bohong karena masyarakat cenderung menerima informasi begitu saja. Hal ini terjadi karena rendahnya kemampuan berpikir kritis masyarakat. Salah satu informasi yang sering tersebar di masyarakat yakni mitos tentang pohon. Mitos merupakan salah satu bentuk dari kearifan lokal yang mengandung nilai-nilai bermanfaat bagi masyarakat. Masyarakat perlu meningkatkan rasa ingin tahu terhadap kearifan lokal agar dapat menggali nilai-nilai yang bermanfaat bagi kehidupan. Rasa ingin tahu ini dapat ditingkatkan melalui cara yang dekat dengan kehidupan kita, yakni melalui video di media sosial. Sebelumnya, peneliti pernah membuat beberapa video berjudul Jurnal Rosa yang berisi penjelasan dari mitos pohon yang beredar di masyarakat. Jurnal Rosa sendiri membahas mitos dan fakta tentang beberapa pohon dan menampilkannya di TikTok dan Instagram TV. Jurnal Rosa menjadi inovasi yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan rasa ingin tahu masyarakat terhadap kearifan lokal mengenai tumbuhan. Dari video ini, peneliti ingin menganalisis pengaruh dari media sosial terhadap peningkatan rasa ingin tahu. Metode penelitian yang digunakan yakni metode dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen posttest-only control group design. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 26 April 2021 sampai dengan 7 Juni 2021 dengan lokasi responden di Pulau Jawa dan Sumatera. Teknik penentuan responden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode non-probability sampling dengan purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 66 responden dengan pembagian jumlah responden yang sama rata untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online. Analisis data yang dilakukan yakni menggunakan analisis statistik deskriptif. Variabel yang digunakan yakni video yang terdiri dari indikator jumlah video yang ditonton serta dan rasa ingin tahu mengenai kearifan lokal yang terdiri dari indikator rasa ingin tahu epistemic diversive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video Jurnal Rosa mampu meningkatkan rasa ingin tahu responden terhadap mitos lain tentang tumbuhan, di mana sebanyak 69,70% responden mengatakan ingin mencari tahu mitos lainnya. Peningkatan rasa ingin tahu tersebut dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, jumlah video yang ditonton, dan tingkat kepercayaan responden terhadap mitos. Semakin tinggi ii tingkat pendidikan, maka semakin besar pula persentase responden yang ingin mencari tahu mengenai mitos lain setelah menonton video Jurnal Rosa. Kemudian semakin banyak video yang ditonton, maka persentase responden yang menjawab ya untuk mencari mitos lain akan semakin berkurang. Lebih lanjut lagi, responden yang mengalami peningkatan rasa ingin tahu paling tinggi terhadap mitos tumbuhan adalah responden yang merasa ragu-ragu terhadap kebenaran suatu mitos. Berdasarkan perbandingan dengan kelompok kontrol, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rasa ingin tahu antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Rata-rata skor rasa ingin tahu pada kelompok kontrol adalah 53,68% atau berada pada kategori interval netral. Sedangkan rata-rata skor rasa ingin tahu pada kelompok eksperimen adalah 57,14% atau berada pada kategori interval netral Persentase yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen terjadi karena video Jurnal Rosa mampu menyadarkan responden akan knowledge gap yang dimilikinya dan mampu meningkatkan awareness responden terhadap topik mitos tumbuhan. Saran yang dapat diberikan untuk pelaku usaha di bidang agribisnis, baik di sektor on-farm dan off-farm, dapat menerapkan nilai-nilai kearifan lokal dalam kegiatan usahanya, namun dengan tetap memperhatikan relevansinya dengan kondisi sekarang. Bagi pemerintah, diharapkan mampu mengembangkan sistem informasi untuk menyebarluaskan informasi mengenai kearifan lokal sehingga masyarakat dapat menemukan informasi tersebut dengan mudah. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan mampu mencari responden lebih banyak lagi untuk kedua kelompok dan melakukan pemerataan penyebaran kuesioner kepada masing- masing tingkat pendidikan dan kelompok umur sehingga peneliti dapat mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut dengan pengaruh video untuk meningkatkan rasa ingin tahu. Selain itu, peneliti selanjutnya juga dapat melakukan analisis lebih mendalam mengenai efektivitas video untuk meningkatkan rasa ingin tahu

English Abstract

The development of internet makes the number of social media users in Indonesia also tends to increase. This massive number of social media users makes Indonesians more connected to each other and makes information spread faster. However, this can have a negative impact. One of the bad effects of high social media users is increasing the spread of fake news because people tend to take information for granted. This happens because of the low critical thinking ability of the community. One of the pieces of information that are often spread in the community is the myth about trees. Myth is a form of local wisdom that contains values that are beneficial to the community. The community needs to increase their curiosity about local wisdom to explore values that are beneficial for life. This curiosity can be increased through ways that are close to our lives, namely through videos on social media. Previously, researchers had made several videos titled "Jurnal Rosa" which contained an explanation of the myths of trees circulating in the community. "Jurnal Rosa" discusses myths and facts about some trees and features them on TikTok and Instagram TV. "Jurnal Rosa" is an innovation made by researchers to increase people's curiosity about local wisdom about plants. From this video, researchers want to analyze the effect of social media on increasing curiosity. The research method used is a method with a quantitative approach. This study uses an experimental posttest-only control group design method. This research was conducted from April 26, 2021, to June 7, 2021, with the respondents being located on the islands of Java and Sumatra. The respondents determination technique used in this research is using non-probability sampling with purposive sampling. The number of respondents in this study was 66 respondents with an equal distribution of the number of respondents for the experimental group and the control group. The data collection technique was done online. Data analysis was carried out using descriptive statistical analysis. The variable used are videos which consist of indicators of the number of videos watched and curiosity about local wisdom which consists of indicators of curiosity and curiosity about epistemic diversive. The results showed that the "Jurnal Rosa" videos were able to increase respondents' curiosity about other myths about plants, whereas many as 69.70% of respondents said they wanted to find out about other myths. The increase in curiosity is influenced by the level of education, the number of videos watched, and the level of respondents' belief in myths. The higher the level of education, the greater the percentage of respondents who want to find out about other myths after watching the "Jurnal Rosa" video. Then the more videos that are watched, the percentage of respondents who answered yes to see for other myths will decrease. Furthermore, respondents who experienced the highest increase in curiosity about plant myths were respondents who felt doubtful about the truth of a myth. Based on the comparison with the control group, it can be concluded that there is a difference in curiosity between the control group and the experimental group. The average iv curiosity score in the control group was 53.68% or was in the neutral interval category. While the average curiosity score in the experimental group was 57.14% or was in the neutral interval category. The higher percentage in the experimental group occurred because the "Jurnal Rosa" video was able to make respondents aware of the knowledge gap and was able to increase respondents' awareness on myth about plant. Suggestions that can be given to business owners in the agribusiness sector, both on-farm and off-farm, can apply the values of local wisdom in their business activities, but while still paying attention to their relevance to current conditions. The government is expected to be able to develop an information system to disseminate information about local wisdom so that people can find the information easily. For further research, it is hoped that they will be able to find more respondents for both groups and distribute the questionnaires evenly to each level of education and age group so that researchers can find out the relationship between the two variables with the influence of the video to increase curiosity. In addition, future researchers can also conduct a more in-depth analysis of the effectiveness of videos to increase curiosity

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040187
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:53
Last Modified: 16 Nov 2022 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196353
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
CORNELIUS ARYO KUSUMO WIRANTO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item