Yassar, Camelia Yostiano Al and Prof.Dr.Ir. Kliwon Hidayat,, MS. and Fitrotul Laili,, SP., MP. (2022) Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Kopi Di Brain Coffee Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bisnis yang sedang trend dan mengalami pertumbuhan pesat beberapa tahun terakhir adalah usaha kedai kopi, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan konsumsi kopi di Indonesia yang naik hingga 15.000 kg dari tahun 2017 ke tahun 2021. Peningkatan konsumsi kopi di Indonesia disinyalir karena adanya perubahan gaya hidup masyarakat yakni kebiasaan minum kopi dan nongkrong, sehingga menyebabkan peningkatan kedai kopi di berbagai kota di Indonesia, termasuk kota Surabaya. Brain Coffee adalah kedai kopi di daerah Surabaya Selatan yang mengusung konsep japan minimalist. Adanya pandemi COVID-19, membuat Brain Coffee mengalami dampak yang cukup signifikan, yaitu menutup cabang outletnya serta adanya penurunan pengunjung sebesar 60% pada masa pandemi COVID-19 gelombang kedua. Selain itu, akibat pandemi COVID-19 juga membuat adanya perubahan perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian kopi. Keputusan pembelian tersebut dapat dipengaruhi oleh strategi pemasaran yang diterapkan oleh kedai kopi, yang mana dapat menimbulkan respon konsumen sehingga kedai kopi bisa melakukan evaluasi terhadap strategi bauran pemasaran yang telah diterapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses pada Brain Coffee Surabaya terhadap keputusan pembelian minuman kopi pada masa pandemi COVID- 19. Pengambilan data responden dalam penelitian ini dilakukan pada bulan Januari hingga Februari 2022. Penentuan sampel responden dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling atas beberapa pertimbangan tertentu dengan jumlah sampel sebanyak 100 yang dihitung menggunakan rumus lemeshow. Teknik pengumpulan data menggunakan angket melalui penyebaran kuesioner online (Google Form), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis SEM-PLS (Structural Equation Modeling – Partial Least Square) melalui software WarpPLS versi 7.0. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik responden dan hasil distribusi jawaban responden terkait variabel penelitian. Analisis data melalui SEM-PLS digunakan untuk menguji pengaruh dan hubungan antar variabel dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua elemen bauran pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian minuman kopi di brain coffee surabaya pada masa pandemi COVID-19. Variabel harga, promosi, orang, dan bukti fisik memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, karena harga yang ditetapkan mampu dijangkau oleh pangsa pasar Brain Coffee, kegiatan promosi yang dilakukan telah efektif dalam menjangkau konsumen, pelayanan barista yang meninggalkan kesan yang baik di benak konsumen, dan adanya fasilitas penunjang dan suasana kedai yang membuat nyaman konsumen. Sementara itu variabel produk, lokasi, dan proses tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, karena produk kopi yang tidak memiliki ciri khas, kurangnya pengetahuan konsumen mengenai ragam varian produk, lokasi yang tidak strategis dan sulit untuk dijangkau oleh konsumen, serta lamanya waktu penyajian pesanan kepada konsumen. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah diharapkan dapat melakukan pengujian lebih lanjut dengan menambah atau mengganti variabel lain seperti variabel payment, packaging, dan elemen e-marketing mix untuk penelitian keputusan pembelian secara online, serta dapat melakukan penelitian komparasi mengenai pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pada era COVID-19 dan pasca COVID-19. Saran yang dapat dipertimbangkan oleh pihak Brain Coffee Surabaya adalah memperbaiki penerapan strategi yang ada pada variabel produk, lokasi, dan proses agar sesuai dengan perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian kopi di masa pandemi COVID-19, dengan meningkatkan kualitas produk, memperluas lokasi dan lahan parkir kedai, mempercepat waktu penyajian dengan menambah karyawan atau menggunakan sistem nomor meja untuk memudahkan barista ketika mengantarkan pesanan, dan menggunakan sosial media lain dalam kegiatan promosinya agar dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih besar.
English Abstract
A business that is trending and experiencing rapid growth in recent years is the coffee shop business, this is shown by the increase in coffee consumption in Indonesia which rose to 15,000 kg from 2017 to 2021. The increase in coffee consumption in Indonesia was caused by changes in people's lifestyles, namely the habit of drinking coffee and hanging out, causing an increase in coffee shops in various cities in Indonesia, including the city of Surabaya. Brain Coffee is a coffee shop in the South Surabaya area that carries a minimalist Japanese concept. Due to the COVID-19 pandemic, Brain Coffee experienced a significant impact, namely closing its outlet branches and a 60% decrease in visitors during the second wave of the COVID-19 pandemic. In addition, due to the COVID-19 pandemic, there has been a change in consumer behavior in making coffee purchasing decisions. The purchase decision can be influenced by the marketing strategy implemented by the coffee shop, which can led to consumer responses so that the coffee shop can evaluate the marketing mix strategy that has been implemented. This study aims to analyze the effect of product, price, place, promotion, people, physical evidence, and process on Brain Coffee Surabaya on the decision to purchase coffee drinks during the COVID- 19 pandemic. Respondent data collection in this study was carried out from January untill February 2022. The determination of the respondent sample was carried out using a purposive sampling technique on certain considerations with a total sample of 100 which was calculated using the Lemeshow formula. Data collection techniques using a questionnaire through the distribution of online questionnaires (Google Form), observation, and documentation. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis and SEM-PLS (Structural Equation Modeling – Partial Least Square) analysis through WarpPLS version 7.0 software. Descriptive statistical analysis was used to describe the characteristics of respondents and the distribution of respondents' answers related to research variables. Data analysis through SEM-PLS was used to examine the influence and relationship between variables in the study. The results showed that not all elements of the marketing mix had a significant influence on the decision to purchase coffee drinks at Brain Coffee Surabaya during the COVID-19 pandemic. The variables of price, promotion, people, and physical evidence have a significant and positive influence on purchasing decisions, because the price set can be reached by Brain Coffee's market share, the promotional activities carried out have been effective in reaching consumers, the barista service that leaves a good impression on the market. the minds of consumers, and the existence of supporting facilities and a shop atmosphere that makes consumers comfortable. Meanwhile product, location, and process variables do not have a significant influence on purchasing decisions, because coffee products do not have distinctive characteristics, lack of consumer knowledge about product variants, locations that are not strategic and difficult to reach by consumers, and the length of time the order is served to the consumer. Suggestions that can be given to further researchers are that they are expected to be able to carry out further testing by adding or replacing other variables such as payment, packaging, and e-marketing mix elements for online purchasing decision research, as well as being able to conduct comparative research on the influence of the marketing mix on decisions purchases in the COVID-19 and post-COVID-19 eras. Suggestions that can be considered by Brain Coffee Surabaya are to improve the implementation of existing strategies on product, location, and process variables to suit consumer behavior in making coffee purchasing decisions during the COVID-19 pandemic, by improving product quality, expanding locations and parking lots, speed up serving times by adding employees or using a table number system to make it easier for baristas to deliver orders, and using other social media in its promotional activities in order to reach a larger market share.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040183 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 02:21 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 02:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196348 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Camelia Yostiano Al Yassar.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |