Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Merek Cokelat Silverqueen Di Kabupaten Pekalongan

Fitri, Aulia Safira and Prof. Ir. Ratya Anindita,, MS., Ph.D. and Condro Puspo Nugroho,, SP., MP. (2022) Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Merek Cokelat Silverqueen Di Kabupaten Pekalongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan data Departemen Perindustrian, menunjukkan terdapat 56 industri pengolahan coklat berskala besar di Indonesia, sehingga banyaknya industri tersebut menunjukkan bahwa industri ini mempunyai tingkat persaingan yang ketat dan memiliki peluang cukup besar. Cokelat SilverQueen merupakan salah satu produk cokelat yang populer dan mampu bersaing dengan pasar cokelat yang ada di Indonesia. Namun Top Brand Index (TBI) SilverQueen menurun dari persentase 76,30% pada tahun 2016 menjadi 61,70% pada tahun 2020. Penurunan tersebut menunjukkan adanya penurunan kekuatan merek yang ada dibenak konsumen terhadap cokelat SilverQueen. Hal tersebut menunjukkan adanya permasalahan mengenai loyalitas merek SilverQueen. Menurut Yohana (2017), salah satu faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas merek yaitu kepuasan Terdapat banyak hal yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu produk, salah satunya yaitu melalui bauran pemasaran. Menurut Kotler dalam Azmi et al. (2015), bauran pemasaran yaitu strategi yang digunakan dalam pemasaran, yakni unsur- unsur yang sering disebut dengan istilah 4P, yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat/ saluran distribusi), dan Promotion (Promosi) dapat digunakan sebagai sebuah rangsangan perusahaan agar selalu mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh bauran pemasaran 4P terhadap loyalitas merek SilverQueen di Kabupaten Pekalongan, menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek SilverQueen di Kabupaten Pekalongan, serta menganalisis pengaruh peran kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi pada bauran pemasaran 4P terhadap loyalitas merek SilverQueen di Kabupaten Pekalongan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif dan tergolong pada penelitian survei dengan jumlah sampel yaitu 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis sosial ekonomi responden untuk mengetahui usia, jenis kelamin, dan pendapatan atau uang jajan perbulan dengan menggunakan persentase. Analisis deskripsi variabel penelitian menjelaskan tabel yang berisi mengenai jawaban responden berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada kuesioner tertutup dengan skala likert. Serta analisis SEM-PLS (Structural Equation Modeling - Partial Least Square) untuk menguji secara simultan sebuah hubungan yang dibentuk dari salah satu atau lebih variabel bebas dengan satu atau lebih variabel terikat. Penelitian dilakukan di Kabupaten Pekalongan pada bulan Desember 2021 – Januari 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada karakteriktik produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap kepuasan konsumen. Pengaruh secara langsung karakteriktik produk, harga, dan saluran viii distribusi terhadap loyalitas, yaitu signifikan. Namun promosi tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap loyalitas. Sedangkan, pengaruh secara tidak langsung yakni terdapat pengaruh signifikan pada karakteriktik produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap loyalitas dengan menggunakan kepuasan konsumen sebagai variabel mediator parsial. Selain itu, pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas adalah signifikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bauran pemasaran 4P menunjukkan bahwa karakteristik produk, harga, saluran distribusi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Namun, promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Hal ini dikarenakan kurangnya kegiatan promosi produk cokelat SilverQueen dalam memberikan promosi pembelian yang dapat menarik minat konsumen, sehingga hal tersebut berpeluang menjadikan konsumen berpindah atau membeli produk pesaing. Selain itu, kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas sebab konsumen merasakan pengalaman baik terhadap produk cokelat SilverQueen yang sesuai dengan harapannya, sehingga menjadikan konsumen bersedia dalam melakukan pembelian ulang bahkan merekomendasikan produk kepada orang lain. Sererdapat peran kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi pada bauran pemasaran 4P, yakni karakteristik produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap loyalitas yaitu mediasi parsial. Hal ini berarti kepuasan konsumen dapat memediasi hubungan bauran pemasaran 4P terhadap loyalitas. Sehingga apabila konsumen merasa puas terhadap karakteristik produk, harga, saluran distribusi, dan promosi serta dapat diterima baik oleh konsumen maka hal tersebut akan berdampak pada loyalitas kosumen produk cokelat SilverQueen

English Abstract

Based on data from the Ministry of Industry, it shows that there are 56 large scale chocolate processing industries in Indonesia, so that the number of these industries indicates that this industry has a high level of competition and has quite a large opportunity. SilverQueen chocolate is one of the most popular chocolate products and is able to compete with the chocolate market in Indonesia. However, SilverQueen's Top Brand Index (TBI) decreased from 76.30% in 2016 to 61.70% in 2020. This decline indicates a decrease in the brand power in the minds of consumers towards SilverQueen chocolate. This shows that there is a problem regarding the loyalty of the SilverQueen brand. According to Yohana (2017), one of the factors that can affect brand loyalty is satisfaction. There are many things that affect the level of consumer satisfaction with a product, one of which is through the marketing mix. According to Kotler in Azmi et al. (2015), the marketing mix is a strategy in marketing, namely the elements that are often referred to as the 4Ps, namely Product (Product), Price (Price), Place (Place / distribution channel), and Promotion (Promotion) can be used as stimulation of the company to continue to achieve its marketing objectives in the target market. The purpose of this study was to analysis the influence of the 4P marketing mix on SilverQueen brand loyalty in Pekalongan Regency, analysis the effect of consumer satisfaction on SilverQueen brand loyalty in Pekalongan Regency, and analysis the influence of the role of consumer satisfaction as a mediation variable on the 4P marketing mix on SilverQueen brand loyalty in Pekalongan Regency. The research design used is a quantitative design and is classified as a survey research with a sample size of 100 respondents. The analytical method used is the socio-economic analysis of the respondents to determine their age, gender, and monthly income or pocket money by using percentages. Analysis of the research variable description explains the table containing the respondents' answers based on the questions posed on a closed questionnaire with a Likert scale. As well as SEM-PLS (Structural Equation Modeling - Partial Least Square) analysis to simultaneously test a relationship formed from one or more independent variables with one or more dependent variables. The research was conducted in Pekalongan Regency in December 2021 – January 2022. The results of this research indicate that the effect of product characteristics, prices, distribution channels, and promotions on consumer satisfaction is significant. The direct effect of product characteristics, prices, and distribution channels on loyalty is significant. However, promotion does not have a significant effect on loyalty. Meanwhile, the indirect effect is that there is a significant effect x on product characteristics, prices, distribution channels, and promotions on loyalty by using consumer satisfaction as a partial mediator variable. In addition, the effect of customer satisfaction on loyalty is significant. Based on the results of the study showed that the 4P marketing mix shows that product characteristics, prices, distribution channels have a significant effect on loyalty. However, promotion does not have a significant effect on loyalty. This is due to the lack of promotional activities for SilverQueen chocolate products in providing purchase promotions that can attract consumers, so that has the opportunity to make consumers move or buy competitors products. In addition, consumer satisfaction has a significant effect on loyalty because consumers feel a good experience for SilverQueen chocolate products are in line with their expectations, thus making consumers willing to make repurchases and even recommend products to others. And, there is a role for consumer satisfaction as a mediating variable in the 4P marketing mix are product characteristics, prices, distribution channels, and promotion of loyalty, namely partial mediation. This means that consumer satisfaction can mediate the relationship between the 4P marketing mix and loyalty. So that if consumers are satisfied with the characteristics of the product, price, distribution channels, and promotions and can be well received by consumers, it will have an impact on the loyalty of silverqueen chocolate product consumers

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040177
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:19
Last Modified: 16 Nov 2022 01:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196341
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aulia Safira Fitri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item