Sari, Annisya Lintang and Dr. Ir. Syafrial,, MS and Deny Meitasari,, SP., M.Sc. (2022) Analisis Segmentasi Pasar Pada Usaha Rumah Makan Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tercatat oleh Badan Pusat Statistik Kota Malang bahwa dari tahun 2019 hingga 2020, unit rumah makan di Kota Malang bertambah hingga 571 unit. Hal ini dapat disebabkan akibat masyarakat Kota Malang memiliki tingkat konsumsi kuliner yang meningkat dari tahun ke tahun yang didasari pada data grafik jumlah pengunjung di Kota Malang oleh Badan Pusat Statistik tahun 2018. Pengembangan usaha menggunakan strategi pemasaran dibutuhkan dan penting untuk pelaku usaha rumah makan di Kota Malang dalam upaya memenangkan persaingan antar rumah makan, mengingat pertumbuhan rumah makan yang cukup signifikan di Kota Malang. Masih banyak usaha rumah makan yang masih belum menerapkan segmentasi pasar dalam kegiatan pemasarannya untuk memenuhi preferensi target konsumen berdasarkan atribut yang dimiliki. Sehingga, pada penelitian ini dilakukan analisis segmentasi pasar pada usaha rumah makan di Kota Malang yang bertujuan untuk menganalisis segmentasi pasar yang terbentuk dan stimuli yang paling disukai pada setiap segmentasi usaha rumah makan di Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 125 responden dengan penentuan sampel bersifat non- probability sampling yang menggunakan teknik purposive sampling. Data yang didapat berupa perankingan stimuli atau kombinasi taraf dari atribut yang dibuat menggunakan tahapan Choise-Based Conjoint (CBC) dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 25. Dilakukan metode analisa uji validitas dan reliabilitas, serta analisis data menggunakan analisis cluster, analisis konjoin, dan analisis tabulasi silang atau crosstab. Hasil penelitian menunjukkan segmentasi atau kelompok yang terbentuk yaitu 4 segmentasi. Segmentasi 1 menyukai stimuli 1 yaitu harga makanan dan minuman yang terjangkau, menu yang bervariasi, lokasi yang strategis, pelayanan yang cepat, dan desain interior dan eksterior yang menarik. Segmentasi 2 menyukai stimuli 8 yaitu harga yang terjangkau, makanan dan minuman yang enak, lokasi yang startegis, karyawan ramah, dan tata letak yang membuat nyaman. Segmentasi 3 menyukai stimuli 9 yaitu harga yang sesuai dengan porsi, penyajian menarik, lokasi yang strategis, penampilan karyawan yang rapi, dan desain interior dan eksterior yang menarik. Terakhir, segementasi 4 menyukai stimuli 15 yaitu harga sesuai porsi, penyajian menarik, lokasi yang mudah dijangkau, karyawan ramah, dan tata letak yang membuat nyaman.
English Abstract
It was recorded by the Central Statistics Agency of Malang City that from 2019 to 2020, restaurant units in Malang City increased to 571 units. The people of Malang City have a high level of culinary consumption because it increases from year to year this is based on graphic data on the number of visitors in Malang City by the Central Statistics Agency in 2018. Business development using marketing strategies is needed and important for restaurant business actors in Malang City in an effort to win the competition between restaurants, considering the significant growth of restaurants in Malang City. There are still many restaurant businesses that have not implemented market segmentation in their marketing activities to meet the preferences of target consumers based on their attributes. Thus, in this study, a market segmentation analysis was carried out in the restaurant business in Malang City which aims to analyze the market segmentation formed and the most preferred stimuli in each restaurant business segmentation in Malang City. This research was conducted using a quantitative approach. The research sample was 125 respondents with the determination of the sample is non- probability sampling using purposive sampling technique. The data obtained is in the form of ranking stimuli or a combination of levels of attributes made using the Choise-Based Conjoint (CBC) stage with the help of IBM SPSS Statistics 25 software. Validity and reliability test analysis methods are carried out, as well as data analysis using cluster analysis, conjoint analysis, and analysis. cross tabulation or crosstab. The results showed that the segmentation or groups formed were 4 segments. Segmentation 1 likes stimuli 1, namely affordable food and beverage prices, varied menus, strategic locations, fast service, and attractive interior and exterior designs. Segmentation 2 likes stimuli 8, namely affordable prices, delicious food and drinks, strategic locations, friendly employees, and comfortable layouts. Segmentation 3 likes stimuli 9, namely prices according to portions, attractive presentation, strategic location, neat appearance of employees, and attractive interior and exterior designs. Finally, segmentation 4 likes stimuli 15, namely prices according to portions, attractive presentations, easy-to-reach locations, friendly employees, and comfortable layouts.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040168 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 03:59 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 03:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196331 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ANNISYA LINTANG SARI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |