Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop Pada Era Pandemi Covid-19 Di Kota Bekasi (Studi Kasus Kapasitas Coffee Dan Gerobak Kopi Bang Raden Galaxy)

Lara, Annisa Syiva and Dr. Asihing Kustanti, S., Hut., M.Si. and Medea Rahmadhani Utomo,, SP., M.Si. (2022) Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop Pada Era Pandemi Covid-19 Di Kota Bekasi (Studi Kasus Kapasitas Coffee Dan Gerobak Kopi Bang Raden Galaxy). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada jaman sekarang, biasanya mengonsumsi kopi tidak hanya di rumah namun juga pada kedai kopi atau coffee shop. Berdasarkan data dari statista (2020), 74 persen masyarakat lebih memilih mengonsumsi kopi yang disajikan di kafe atau restoran dibanding membuat kopi sendiri di rumah. Coffee shop menyediakan minuman kopi sebagai produk utamanya, dimana biasanya dijadikan tempat nongkrong terutama bagi kalangan muda mulai dari kegiatan berkumpul Bersama teman, hiburan, hingga mengerjakan tugas. Perkembangan bisnis coffee shop di Indonesia telah berkembang cukup pesat, terutama wilayah perkotaan, salah satunya adalah Kota Bekasi, Jawa Barat. Persaingan yang terjadi di dalam dunia usaha mendorong para pelaku usaha untuk senantiasa melakukan inovasi agar dapat menarik perhatian konsumen hingga mencapai target pasar. Penelitian terdahulu membuktikan bahwa dengan menerapkan strategi seperti digital marketing dan kualitas pelayanan. Temuan penelitian Hendrawan et al. (2019) menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja penjualan UMKM. Digital marketing yang user friendly dan dapat menjangkau konsumen secara luas akan menjadi platform utama dalam pemasaran dan offline store akan menjadi pelengkap. Sementara itu, Hasil penelitian Kodu (2013) menunjukkan bahwa adanya pelayanan yang berkualitas akan mendorong (positif) keputusan pembelian konsumen. Namun, pada awal tahun 2020 terjadi pandemi covid-19 yang berdampak pada kehidupan manusia di seluruh dunia. Pemerintah Indonesia mengeluarkan beberapa kebijakan dalam menangani penyebaran covid-19 mulai dari peraturan terkait protokol kesehatan (3M), PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di ii Pulau Jawa-Bali hingga New Normal. Kebijakan tersebut mempengaruhi segala bidang aktivitas manusia terutama di bidang ekonomi dan bisnis. Pada situs berita online, mediaindonesia.com yang ditulis oleh Jelita (2021) bahwa Ketua umum Asosiasi UMKM Indonesia, M. Ikhsan Ingratubun membeberkan, selama setahun terakhir pandemi, puluhan juta usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM gulung tikar. Peneliti tertarik untuk meneliti terkait beberapa hal yang kemungkinan dapat mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen pada pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penelitian terhadulu relevan atau tidak dalam situasi fenomena yang sedang terjadi. Oleh karena itu, penulis ingin menyusun sebuah skripsi dengan judul “Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop Pada Era Pandemi Covid-19 Di Kota Bekasi (Studi Kasus Kapasitas Coffee dan Gerobak Kopi Bang Raden Galaxy). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Kapasitas Coffee dan Gerobak Kopi Bang Raden Galaxy pada bulan Desember 2021-Juni 2022. Metode pengambilan sampel termasuk non probability sampling dengan menggunakan accidental sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 responden dengan metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data Primer yang diperoleh langsung melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Sedangkan data sekunder berasal dari artikel, buku-buku ilmiah, jurnal online serta dokumentasi. Kemudian metode analisis data dengan analisis regresi linear berganda pada SPSS versi 25. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh konstanta sebesar 0,298 menyatakan bahwa jika tidak ada digital marketing atau kualitas pelayanan (secara matematika yakni X1 dan X2 bernilai 0) maka keputusan pembelian (Y) akan bernilai 0,298. Kedua koefisien dari kedua variabel bebas menunjukkan nilai yang positif. Koefisien regresi X1 senilai 0,139 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 digital marketing maka akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,139. Sementara itu, Koefisien regresi X2 senilai 0,321 menyatakan bahwa setiap penambahan satu kualitas pelayanan maka akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,321. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis iii yang telah dilakukan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Coffee shop Pada Era Pandemi Covid-19 di Kota Bekasi, baik secara pasrsial maupun bersamaan. Adanya digital marketing ini memudahkan para konsumen atau calon pembeli untuk mencari informasi terkait produk dan juga memudahkan coffee shop dalam mengikuti perkembangan trend. Sedangkan pelayanan yang berkualitas dari coffee shop dapat menciptakan rasa aman dan nyaman pada konsumen yang dapat berdampak pada loyalitas konsumen. Kedua hal tersebut sangat membantu para pemilik coffee dalam beradapatasi dengan kebijakan pemerintah pada masa pandemi covid-19 ini. Saran yang dapat diberikan peneliti kepada coffee shop adalah aktif dalam berbagai sosial media selain Instagram dan tidak hanya dalam mengupload konten namun juga berinteraksi dengan pengikut pada media sosial tersebut

English Abstract

This time, usually consume coffee not only at home but also at a coffee shop or coffee shop. Based on data from statista (2020), 74 percent of people prefer to consume coffee served in cafes or restaurants rather than making their own coffee at home. The coffee shop provides coffee drinks as its main product, which is usually used as a hangout place, especially for young people, ranging from gathering activities with friends, entertainment, to doing assignments. The development of the coffee shop business in Indonesia has grown quite rapidly, especially in urban areas, one of which is Bekasi City, West Java. Competition that occurs in the business world encourages business actors to always innovate in order to attract the attention of consumers to reach the target market. Previous research has proven that by implementing strategies such as digital marketing and service quality. The research findings of Hendrawan et al. (2019) shows that digital marketing has a positive and significant effect on increasing MSME sales performance. Digital marketing that is user friendly and can reach consumers widely will be the main platform in marketing and offline stores will be complementary. Meanwhile, the results of Kodu's research (2013) show that the existence of quality services will encourage (positive) consumer purchasing decisions. However, in early 2020 there was a covid-19 pandemic that had an impact on human life around the world. The Indonesian government issued several policies in dealing with the spread of covid-19, starting from regulations related to health protocols (3M), PSBB (Large-Scale Social Restrictions), implementation of PPKM (Enforcement of Restrictions on Community Activities) in Java-Bali to New Normal. These policies affect all areas of human activity, especially in the economic and business fields. On the online news site, mediaindonesia.com, written by Jelita (2021), the general chairman of the v Indonesian MSME Association, M. Ikhsan Ingratubun, revealed that during the last year of the pandemic, tens of millions of micro, small and medium enterprises or MSMEs went out of business. Researchers are interested in researching several things that might influence consumer decision making in this pandemic. This study aims to determine whether the results of previous studies are relevant or not in the current phenomenon situation. Therefore, the author would like to write a thesis with the title “The Influence of Digital Marketing and Service Quality on Coffee Shop Consumer Purchase Decisions in the Covid-19 Pandemic Era in Bekasi City (Case Study of Kapasitas Coffee and Gerobak Kopi Bang Raden Galaxy). This research approach uses a descriptive quantitative approach. The research location was conducted at the Kapasitas Coffee and Gerobak Kopi Bang Raden Galaxy in December 2021 - June 2022. The sampling method included non-probability sampling using accidental sampling. The number of samples in this study were 100 respondents with data collection methods using primary data and secondary data. Primary data obtained directly through questionnaires, observations, and interviews. While secondary data comes from articles, scientific books, online journals and documentation. The data analysis method with multiple linear regression analysis on SPSS version 25. The results of multiple linear regression analysis obtained a constant of 0.298 stating that if there is no digital marketing or service quality (mathematically, X1 and X2 are worth 0) then the purchase decision (Y) will be worth 0.298. The two coefficients of the two independent variables show a positive value. The X1 regression coefficient of 0.139 states that each addition of 1 digital marketing will increase purchasing decisions by 0.139. Meanwhile, the X2 regression coefficient of 0.321 states that each addition of one service quality will increase purchasing decisions by 0.321. Based on the results of data analysis and hypothesis testing that have been carried out in this study, it can be concluded that Digital Marketing and Service Quality have a significant effect on Coffee Shop Purchase Decisions in the Covid-19 Pandemic Era in Bekasi City, both partially and simultaneously. The existence of digital marketing makes it easier for consumers or prospective buyers to find information related to products and also makes it easier for coffee shops to vi follow trends. Meanwhile, quality service from a coffee shop can create a sense of security and comfort for consumers which can have an impact on consumer loyalty. These two things are very helpful for coffee owners in adapting to government policies during this covid-19 pandemic. Suggestions that researchers can give to coffee shops are to be active in various social media besides Instagram and not only in uploading content but also interacting with followers on these social media

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040166
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:38
Last Modified: 15 Nov 2022 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196329
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Annisa Syiva Lara.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item