Pola Belanja Masyarakat Pengguna E- Commerce Pada Produk Pertanian Dan Olahannya

Prasetyo, Akbar Budi and Dr. Rosihan Asmara,, SE., M.P and Dr. Fahriyah,, S.P., M.Si (2022) Pola Belanja Masyarakat Pengguna E- Commerce Pada Produk Pertanian Dan Olahannya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cepat serta pengadopsian internet secara besar-besaran pada beberapa tahun terakhir membuat penggunaan E-Commerce semakin meningkat. E-Commerce bagi konsumen dapat memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi selama kurun waktu 24 jam dalam sehari dari hampir disetiap lokasi. Menurut BPS, pada tahun 2015 sektor ekonomi digital terhitung mampu berkontribusi sebesar 7,2% terhadap total pendapatan PDB dengan nilai Rp 225 triliun. Banyaknya masyarakat yang melakukan kegiatan belanja produk pertanian dan olahannya melalui E-Commerce menyebabkan adanya perubahan pola belanja masyarakat. Perubahan pola belanja masyarakat ini membuat penjual yang tidak melakukan integrasi dengan E-commerce menjadi kalah saing dan dapat kehilangan konsumen. Penelitian ini mempunyai tujuan menganalisis karakteristik konsumen produk pertanian dan olahannya dan menganalisis pola belanja masyarakat terhadap produk pertanian dan olahannya yang diakibatkan dari adanya E-commerce. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi dilakukan dengan metode purposive. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah Non Probability Sampling. Penelitian ini menggunakan jenis pengumpulan data berupa kuisioner atau angket. Teknik Pengujian Instrumen menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Pengujian Hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Cluster. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden yang melakukan pembelian produk pertanian dan olahannya melalui E-Commerce adalah responden dengan kategori sosial ekonomi menengah keatas yang merupakan cluster 1. Hal tersebut ditunjukkan oleh kelas pekerjaan mayoritas responden adalah kelas B yaitu sebanyak 63%, kelas pendapatan yang sangat tinggi yaitu lebih dari Rp 3.500.000 sebesar 48%, tingkat pendidikan S1 sebesar 61% dan usia 18-24 tahun untuk pembeli produk olahan dan 25-31 tahun untuk pembeli produk segar. Karakteristik responden yang melakukan pembelian produk pertanian dan olahannya dengan E- commerce memiliki pola tertentu. Hal ini tercermin dari mayoritas responden yang melakukan pembelian produk olahan melalui platform Marketplace dengan jenis produk untuk dikonsumsi. Responden juga mayoritas menggunakan metode pembayaran transfer Bank untuk melakukan pembayaran. Pada produk segar, responden menggunakan platform media sosial dan membeli produk untuk bahan baku produksi. Responden juga melakukan pembayaran dengan cara tunai

English Abstract

The rapid development of information and communication technology and the massive adoption of the internet in recent years have made the use of E- Commerce increasing. E-Commerce for consumers can allow customers to make transactions 24 hours a day from almost everywhere. According to BPS, in 2015 the digital economy sector was able to contribute 7.2% to total GDP with a value of IDR 225 trillion. The large number of people who do shopping activities for fresh and processed agricultural products through E-Commerce causes a change in people's shopping patterns. This change in people's shopping patterns makes sellers who do not integrate with E-commerce become less competitive and could lose the costumers. The goals of this study are to analyze the characteristics of consumers of agricultural fresh and processed products and to analyze people's shopping patterns on fresh and processed agricultural products resulting from the existence of E-commerce. The approach used in this research is a quantitative approach. Determination of the location is using purposive method. The sampling method is using Non Probability Sampling. This study uses the type of data collection in the form of questionnaires. Instrument Testing Techniques using Validity Test and Reliability Test. Hypothesis testing used in this research are Descriptive Statistical Analysis and Cluster Analysis. The results of the study indicates that the majority of respondents who purchase agricultural products and their processed products through E-Commerce are respondents with the upper middle socioeconomic category which is cluster 1. It is shown by the respondents’s occupation class are class B with income level basically high, namely more than IDR. 3,500,000 by 48%, education level of S1 by 61% and age 18-24 years for customers of processed products and 25-31 years for customers of fresh products. Characteristics of respondents who make purchases of agricultural and processed products with E-commerce have a certain pattern. This is reflected by the majority of respondents who purchase processed products through the Marketplace platform with the type of product to be consumed. The majority of respondents also use bank transfer payment methods to make payments. On fresh products, respondents use social media platforms and buy products for production purposes. These respondents also made payments by cash

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0422040013
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: S2/S3 > Magister Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Nov 2022 01:31
Last Modified: 15 Nov 2022 01:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196317
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Akbar Budi Prasetyo.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item