Wulandari, Septia and Dr. Dra. Asmika, SKM, M.Kes and dr. Astri Proborini, Sp.A., M.Biomed (2022) Literatur Review: Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dengan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Prasekolah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar Belakang: Usia anak prasekolah (3-6 tahun) merupakan masa penting bagi perkembangan anak. Salah satu bentuk stimulasi untuk meningkatkan perkembangan anak termasuk keterampilan sosial ialah dengan pendidikan anak usia dini. Namun, tidak semua anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan usia dini dan memiliki interaksi sosial yang baik. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan kemampuan interaksi sosial pada anak usia prasekolah. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Literature Review. Sebanyak 10 artikel yang masuk dalam kriteria inklusi kemudian dianalisis. Hasil: Didapatkan hasil bahwa pendidikan usia dini mampu meningkatkan kemampuan sosial pada anak prasekolah. Intervensi yang diberikan dalam pengaturan kelas yang terstruktur efektif meningkatkan kemampuan interaksi anak prasekolah. Kesimpulan: Pendidikan anak usia dini berpengaruh terhadap tingkat kemampuan sosial anak. Stimulasi dengan berbagai intervensi dan pengaturan kelas yang baik efektif mampu meningkatkan tingkat kemampuan sosial anak.
English Abstract
Background: Preschool age (3-6 years) is a crucial period for social development. One form of stimulation to enhance a child’s development including social skill is early childhood education. However, not all children have the opportunity to attend early childhood education and have good social interactions Aims: The purposes of this study were to determine and analyze the correlation early childhood education with social interactions in preschool-age. Method: This study uses the Literature Review method. Ten articles that fit the inclusion criteria were analysed. Result: It was found that early childhood education could've increased social skills in preschool-age. Interventions given in structured classroom can effectively enhance pre-schoolers ability to interact. Conclusion: Early childhood education can increase social skills in preschool-age. Stimulation with various interventions and good classroom settings is effective to improve the level of social skill of the child.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522060151 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Anak Usia Dini, Anak Prasekolah, Kemampuan Sosial, Interaksi Sosial, Interaksi Sosial di Sekolah. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kebidanan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 01:16 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 01:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196291 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Septia Wulandari.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |