Luqyana, Kusuma Inka and Putu Prima Wulandari,, SE., MSA., Ak (2021) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Dan Perilaku Penggunaan Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan Oleh Bank Perkreditan Rakyat Di Kota Dan Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan pengaruh sosial terhadap minat penggunaan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) serta pengaruh kondisi yang mendukung dan minat penggunaan terhadap perilaku penggunaan SLIK. Penelitian ini menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) sebagai landasan teori. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Account Officer di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota dan Kabupaten Malang yang menggunakan SLIK dalam melakukan analisis kredit. Sampel diperoleh melalui teknik pengambilan sampel acak sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan kuesioner. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS untuk menganalisis hubungan antar variabel. Hasil hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan pengaruh sosial berpengaruh positif terhadap minat penggunaan SLIK serta kondisi yang mendukung dan minat penggunaan berpengaruh terhadap perilaku penggunaan SLIK. Adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi praktisi maupun regulator untuk mempertimbangkan faktor ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan fasilitas yang mendukung untuk merencanakan dan mengimplementasikan menggunakan SLIK.
English Abstract
This study aims to empirically examine the effect of performance expectancy, effort expectancy, and social influence on behavioral intention to use the Financial Information Service System (SLIK) as well as the effect of facilitating conditions and behavioral intention on SLIK usage behavior. This study uses the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) Model as the theoretical basis. The sample of this study was Account Officer at the Rural Bank (BPR) in Malang City and Regency who uses SLIK in performing credit analysis. The sample was obtained through simple random sampling technique. The method uses in this research to collect the data is a survey method with probability sampling technique. This study uses Partial Least Square (PLS) with SmartPLS application to analyze the relation between variables. The results of this study indicate that performance expectancy, effort expectancy, and social influence have a positive effect on behavioral intention to use SLIK as well as facilitating Conditions and behavioral intention positively affect usage behavior in using SLIK. The existence of this study is expected to be a basis for practitioners and regulators can consider the factors of performance expectancy, effort expectancy, social influence, and facilitating conditions to plan and implement SLIK.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521020489 |
Uncontrolled Keywords: | Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Pengaruh Sosial, Kondisi yang Mendukung, UTAUT, SLIK OJK, BPR, Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, UTAUT, Financial Information Services System, Rural Bank |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 04:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196229 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kusuma Inka Luqyana.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |