Arfi Syahrullah, Hafidh (2022) Online Learning Readiness And Language Learning Strategies By English Language Learners In Indonesian Tertiary Level. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kehadiran pandemi Covid-19 di seluruh dunia, khususnya di Indonesia telah mengubah banyak aspek kehidupan, yaitu gaya hidup, kehidupan sosial, kehidupan kerja, dan terutama pendidikan. Kini di masa pandemi ini, mahasiswa dan dosen terpaksa bekerja dan belajar dari rumah melalui platform online untuk mencegah penyebaran virus. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini mengeksplorasi kesiapan siswa untuk pembelajaran online dan strategi pembelajaran bahasa yang digunakan selama konteks pandemi. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dimana datanya berbentuk numerik berdasarkan skor yang diperoleh dari kuesioner. Data penelitian ini adalah skor dari kuesioner kesiapan belajar online dan juga skor strategi pembelajaran bahasa. Data kemudian dianalisis berdasarkan statistik deskriptif. Setelah data terkumpul peneliti akan mengumpulkan menjadi satu kesatuan dan mengurutkannya berdasarkan beberapa aspek yang diberikan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan pembelajaran online masih cukup baik pada M=3.80, SD=.0.58, menunjukkan bahwa peserta didik belum siap untuk pembelajaran online. Peserta didik lebih menyukai pembelajaran hybrid: online dan offline harus disandingkan, sehingga masih ada unsur tatap muka dari pembelajaran itu sendiri. Selain itu, strategi pembelajaran bahasa online yang digunakan meliputi strategi kognitif, strategi memori, diikuti oleh strategi kompensasi, sosial, afektif dan terakhir adalah metakognitif. Data menunjukkan bahwa strategi kognitif yang paling banyak digunakan oleh siswa seperti tabel di atas memberikan M=3,98, SD=0,81 diikuti oleh strategi memori rata-rata M=3,94, SD=0,76, selanjutnya adalah strategi kompensasi rata-rata M=3,80, SD=0,83, rata-rata strategi sosial M=3.67, SD=0.83, rata-rata strategi afektif M=3.65, SD=0.91, dengan kata lain strategi yang paling sedikit digunakan untuk pembelajaran online adalah strategi metakognitif M=3.49, SD=0.91. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melakukan penelitian tentang strategi pembelajaran bahasa, kesiapan pembelajaran online dan pengembangan kecakapan bahasa Inggris. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang strategi pembelajaran bahasa berbasis kelas reguler, dan peneliti selanjutnya dapat mengeksplorasi strategi pembelajaran bahasa dalam keterampilan berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca.
English Abstract
The presence of Covid-19 pandemic in all over the world, particularly in Indonesia has changed many aspects of life, namely lifestyle, social life, work life, and especially education. Now in this pandemic, students and lectures are forced to work and study from home via online platform as to prevent the spread of the virus. Based on the phenomena, this study explores the students’ readiness for online learning and language learning strategies used during pandemic context. In conducting this research, the researcher used Quantitative methods. Furthermore, this research would have some phase, the first phase was collected and analyzed the data by used quantitative survey to the participants. After the data collected the researcher would gather into one unity and sort it by some aspects that given to answer the research questions. The study reveals that the readiness for online learning is still fair at M=3.80, SD=.0.58, suggesting that the learners are not ready for online learning. Learners prefer hybrid learning: online and offline should be juxtaposed, so that there is still a face to face element from learning itself. In addition, the online language learning strategies used include cognitive, memory strategies, followed by compensation, social, affective and last is metacognitive strategies respectively. The data shows that cognitive strategies are the most used by students as the table above provide M=3.98, SD=0.81 followed by memory strategies average M=3.94, SD=0.76, next are compensation strategies average M=3.80, SD=0.83, social strategies average M=3.67, SD=0.83, affective strategies average M=3.65, SD=0.91, on the other words the least strategy used for online learning is metacognitive strategies M=3.49, SD=0.91. This research can be a reference for future researchers who are interested to conduct a study about language learning strategies, readiness for online learning and English proficiency development. The future researchers are recommended to conduct a study about language learning strategies based on regular classes, and the future researchers can explore the language learning strategies in speaking, writing, listening, and reading skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522120078 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 02:21 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 02:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196156 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hafidh Arfi Syahrullah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |