Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dengan Ketepatan Pemilihan Analgesik Oral dalam Swamedikasi Nyeri Sendi Akut di Apotek Kota Malang

Puspitasari, Karunia Dian and apt. Ayuk Lawuningtyas H., S.Farm., M.Farm. and Prof.Dr.apt. Sri Winarsih, Dra., M.Si. (2022) Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dengan Ketepatan Pemilihan Analgesik Oral dalam Swamedikasi Nyeri Sendi Akut di Apotek Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Nyeri adalah pengalaman sensorik dan emosional yang tidak menyenangkan dan dapat berpotensi merusak jaringan dan merupakan pengalaman yang sering dirasakan oleh masyarakat. Di Indonesia pada tahun 2018 sebanyak 25,9% penduduk dengan usia lebih dari 15 tahun mengalami nyeri sendi. Pengobatan yang sering digunakan untuk mengatasi nyeri sendi yaitu dengan swamedikasi. Pelaksanaan swamedikasi diperlukan pengetahuan yang baik agar swamedikasi berjalan dengan tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan (baik, cukup, kurang) dengan ketepatan pemilihan analgesik oral dalam swamedikasi nyeri sendi akut di Apotek di Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di beberapa Apotek di Kota Malang dan telah mendapatkan persetujuan etik dari Komisi Etik Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dengan nomor 143/EC/KEPK-S1-FARM/06/2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara convenience sampling dengan responden sebanyak 100 orang dan untuk Apotek dilakukan secara cluster random sampling dengan jumlah 15 Apotek. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian dianalisis menggunakan metode statistik somers'd dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,535. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara tingkat pengetahuan (baik, cukup dan kurang) dengan ketepatan pemilihan analgesik oral untuk nyeri sendi akut dengan kekuatan hubungan antar variabel adalah sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522060141
Uncontrolled Keywords: Nyeri Sendi Akut, Obat Analgesik, Ketepatan Pemilihan Obat, Tingkat Pengetahuan, Swamedikasi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.1 Drugs (materia medica)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Nov 2022 01:34
Last Modified: 04 Nov 2022 01:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196084
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Karunia Dian Puspitasari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (36MB)

Actions (login required)

View Item View Item