The Relationships Among Self-Confidence, Anxiety, Grit, Motivation, And Efl Students’ Willingness To Communicate In Online Learning Environment

Dewi Ratih A.,, Sari (2022) The Relationships Among Self-Confidence, Anxiety, Grit, Motivation, And Efl Students’ Willingness To Communicate In Online Learning Environment. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sari, Dewi Ratih A., 2022. Hubungan antara Kepercayaan Diri, Kecemasan, Kegigihan, Motivasi, dan Kemauan Siswa EFL untuk Berkomunikasi dalam Lingkungan Pembelajaran Daring. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Pembimbing: Dr. Widya Caterine Perdhani, M.Pd. Kata kunci: Faktor Afektif, Siswa EFL, Pembelajaran Daring, Kemauan Berkomunikasi, Pembelajaran Daring. Dalam perkembangan era digital, penggunaan pembelajaran daring dapat memberikan konteks komunikatif baru bagi kemauan siswa untuk berkomunikasi. Dalam konteks Pendidikan Bahasa Inggris, kemauan berkomunikasi penting untuk meningkatkan kompetensi komunikatif. Selain itu, kemauan berkomunikasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor afektif, seperti kepercayaan diri, kegigihan, motivasi, dan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor afektif terhadap kemauan siswa untuk berkomunikasi dalam lingkungan pembelajaran online. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian survei. Kuesioner diadaptasi dari beberapa penelitian dan terdiri dari 41 item yang terbagi menjadi lima konstruk, kepercayaan diri, kegigihan, motivasi, kecemasan, dan kemauan untuk berkomunikasi selama pembelajaran online. Kuesioner diberikan kepada 100 peserta dari angkatan 2019, 2020, dan 2021 mahasiswa program Pendidikan Bahasa Inggris, di Universitas Brawijaya, Malang. Data kuantitatif dianalisis untuk validitas, reliabilitas, dan pengaruh masing-masing variabel laten dengan menggunakan SmartPLS 3 berdasarkan tahap evaluasi SEM oleh Hair et al. (2017). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh langsung yang signifikan dari kepercayaan diri, motivasi, dan kecemasan terhadap kemauan berkomunikasi siswa di lingkungan pembelajaran daring. Kepercayaan diri dan motivasi menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan, dengan koefisien jalur 0,483 dan 0,208 serta T statistik 4,721 dan 2,619 (p-value≤0,05). Sedangkan kecemasan berpengaruh secara negatif dan signifikan dengan koefisien jalur -0,210 dan T statistik 2,588 (p- value≤0,05). Di sisi lain, kegigihan menunjukkan pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap kemauan berkomunikasi siswa dengan menggunakan kepercayaan diri sebagai variabel mediasi yang bertindak sebagai mediator penuh. Berdasarkan hasil penelitian, dosen didorong untuk meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi mahasiswa serta mengurangi kecemasan mahasiswa dalam memulai percakapan selama pembelajaran daring. Selain itu, penelitian kualitatif disarankan untuk penelitian lebih lanjut terkait topik yang sama dari penelitian ini

English Abstract

In the development of digital era, the use of online learning could provide a new communicative context for students' willingness to communicate (WTC). In ELT context, WTC is important to improve communicative competence. Additionally, WTC can be influenced by some affective factors, such as self- confidence, grit, motivation, and anxiety. This study aimed to find out the relationship between affective factors and EFL students' willingness to communicate in online learning environment. This study was done quantitatively by using correlational study design. The questionnaire was adapted from several studies and consisted of 41 items which were divided into five constructs, self-confidence, grit, motivation, anxiety, and WTC during online learning. It was administered to 100 participants from batch 2019, 2020, and 2021 of English Language Education program students, in Universitas Brawijaya, Malang. The quantitative data was analyzed for its validity, reliability, and the effect of each variable latent by using SmartPLS 3 based on SEM evaluation stage by Hair et al. (2017). The results of the study showed the significant direct effect of self- confidence, motivation, and anxiety on students' WTC in online learning environment. Self-confidence and motivation showed a positive significant effect with path coefficient 0.483 and 0.208 and T statistic 4.721 and 2.619 (p- value≤0.05). Meanwhile anxiety showed a negative significant effect with path coefficient -0.210 and T statistic 2.588 (p-value≤0.05). In the other hand, grit showed a significant indirect effect on students' WTC by using self-confidence as the intervening variable which acted as a full mediator. Based on the results, the lecturers were encouraged to boost students' self-confidence and motivation and decrease students' anxiety in initiating a conversation during online learning. In addition, a qualitative study is suggested for further investigation regarding the similar topic of this study

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522120050
Uncontrolled Keywords: Faktor Afektif, Siswa EFL, Pembelajaran Daring, Kemauan Berkomunikasi, Pembelajaran Daring
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 24 Oct 2022 07:43
Last Modified: 24 Oct 2022 07:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195934
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DEWI RATIH AMBAR SARI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item