Deliana., utri (2022) Exploring Students' Perceptions On Nominal Group Technique In Critical Reading Courses To Promote Critical Thinking Skills. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan penting dalam pendidikan abad ke-21. Salah satu cara untuk merangsang berpikir kritis adalah melalui diskusi yang memungkinkan siswa untuk melihat sesuatu dari berbagai perspektif. Sayangnya, banyak siswa yang kesulitan dalam berdiskusi, terutama pada saat kelas online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang Nominal Group Technique (NGT) pada mata kuliah membaca kritis untuk meningkatkan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain survei cross-sectional. Peserta terdiri dari 73 mahasiswa semester empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya Universitas, Brawijaya tahun ajaran 2019/2020 yang telah mengambil mata kuliah membaca kritis. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Data kemudian dianalisis menggunakan SPSS versi 26. Temuan mengungkapkan bahwa NGT dalam setting daring memungkinkan siswa untuk berpartisipasi lebih aktif dan kritis dalam diskusi. NGT dapat meminimalisir kecemasan siswa sehingga mereka nyaman berpartisipasi dalam diskusi daring tanpa adanya tekanan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif dari aspek afektif, sosial, dan kognitif terhadap penerapan NGT
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522120049 |
Uncontrolled Keywords: | persepsi siswa, NGT, keterampilan berpikir kritis. |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 07:30 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 07:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195933 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Deliana Putri.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |