Karakterisasi Magnetik Gaya Dorong dan Gaya Cogging Pada Motor Linear Induksi Primer Ganda Sekunder Tangga

Rusli, Mochammad and Prof. Ir. ING Wardana, M. Eng., Ph.D. and Dr. Eng. Moch. Agus Choiron, ST., MT. and Muhammad Aziz Muslim, ST., MT., Ph.D (2019) Karakterisasi Magnetik Gaya Dorong dan Gaya Cogging Pada Motor Linear Induksi Primer Ganda Sekunder Tangga. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Disertasi ini berkaitan dengan karakteristik magnetik untuk gaya dorong dan gaya cogging dan pengurangan gaya cogging pada Motor Linear Induksi primer ganda sekunder tangga (MLIPGST) untuk meningkatkan kepresisian gerak linear pada peralatan mesin. Pada tahap awal untuk mengenali karakteristik gaya cogging, akan diteliti tentang karakteristik magnetik. Metode yang ditawarkan pada disertasi ini adalah pendekatan rangkaian ekivalen reluktansi magnetik untuk mendapatkan karakteristik magnetik gaya cogging dan gaya dorong, yang akan menghasilkan bentuk persamaan yang menyatakan hubungan antara gaya cogging dan gaya dorong terhadap parameter fisik dari motor linear induksi primer ganda sekunder tangga. Dengan mendasarkan persamaan matematik yang mencerminkan karakteristik gaya dorong dan gaya cogging yang dijealskan sebelumnya, akan diperoleh gambaran cara-cara untuk menurunkan pengaruh gaya cogging dengan tetap mempertahankan nilai magnitude gaya dorong. Di disetasi ini dilakukan kombinasi tiga cara penurunan gaya cogging dengan tetap mempertahankan gaya dorong, yaitu peletakkan bagian primer yang tidak simetri; pengubahan bentuk batang sekunder ke bentuk trapezoidal dan penetapan rasio lebar gigi dan slot pada kedua bagian motor linear induksi. Verifikasi persamaan karakteristik gaya dorong dan gaya cogging meliputi dua proses yakni verifikasi software dan verifikasi eksperimen. Verifikasi software dikasudkan dengan melakukan pemodelan fisik motor ke dalam sketsa pada software magnetic Cedrat dan melakukan meshing dan menghasilkan solusi untuk variable keluaran yang diminta. Sedangkan verifikasi eksperimen merupakan validasi model (persamaan matematik) meimplmentasikan secara fisik motor linear induksi primer ganda sekunder tangga. dengan proses, desain optimal DSLIM akan dilakukan dan pembuatan akan dilakukan di bengkel mekanik Universitas Brawijaya. Parameter yang dirancang telah diperoleh dari proses minimalisasi gaya cogging. Proses optimal terlibat: (a) inovasi DSLIM dengan satu sisi bagian yang bergerak bergeser dalam posisi relatif ke sisi lain; dan (b) desain optimal DSLIM dua sisi dengan tujuan meminimalkan kekuatan cogging dan mempertahankan daya dorong yang berguna. Desain divalidasi dengan membuat DSLIM dan mengukur kinerjanya ketika dikontrol oleh driver motor induksi komersial. Hasil pengukuran dibandingkan dengan tolok ukur motor induksi Linear dua sisi dengan slot terbuka. Hasil dari penelitian ini adalah desain motor induksi linear dua sisi fisik dengan gaya cogging minimal dan daya dorong maksimum yang berguna. Hasil penelitian adalah model kekuatan cogging dan gaya dorong yang berguna dan pengembangan gaya cogging yang berkurang. Dengan tiga metode kombinasi, gaya cogging dapat dikurangi hingga 1% dibandingkan dengan gaya dorong maksimum dari motor linear induksi primer ganda sekunder tangga.

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DIS/621.46/RUS/k/2019/061904867
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.4 Prime movers and heat engineering > 621.46 Electric and related motors
Divisions: S2/S3 > Doktor Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:18
Last Modified: 24 Oct 2022 03:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195912
[thumbnail of Mochammad Rusli.pdf] Text
Mochammad Rusli.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item