Tinjauan Yuridis Penyelesaian Sengketa Kewenangan Dalam Pengelolaan Sumber Daya Air Kota Malang Di Tinjau Dari Hukum Administrasi Negara ( Studi Kasus Sengketa Sumber Air Wendit)

Aufa, Yuyun Na‟Ifatul and Lutfhi Effendi, S.H., M.Hum and Amelia Ayu P., S.H., M.H (2020) Tinjauan Yuridis Penyelesaian Sengketa Kewenangan Dalam Pengelolaan Sumber Daya Air Kota Malang Di Tinjau Dari Hukum Administrasi Negara ( Studi Kasus Sengketa Sumber Air Wendit). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas terkait bagaiamana awal mula perjanjian kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah kota malang dengan pemerintah kabupaten malang sesampai dimana awal mula sengketa antar kedua daerah dan juga bagaimana cara penyelesaiannya ditinjau dari hukum administrasi Negara. Dengan ini rumusan masalah penelitian yang pertama, bagaimana proses kerjasama dan awal mula sengketa sumber daya air antara pemerintah kota malang dan pemerintah kabupaten malang dalam pengelolaan sumber air wendit, dan yang kedua, bagaimana penyelesaian sengketa kewenangan dalam pengelolaan sumber daya air kota malang ditinjau dari hukum administrasi Negara. Jenis penelitian yang dipilih oleh peneliti ialah yuridis normatif dengan jenis bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer yang terdiri dari Undang- undang Dasar, undang-undang, Peraturan,Perjanjian dan seterusnya lalu juga ada bahan hukum sekunder yang berupa dokumen-dokumen resmi dan wawancara,jurnal dan seterusnya juga ada bahan hukum tersier berupa (KBBI),kamus hukum dan situs internet yang berkaitan dengan kewenangan dan penyelesaian sengketa kewenangan. Penjabaran pembahasan untuk rumusan masalah pertama yakni proses- proses kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten malang dengan pemerintah kota malang bahwasanya sudah dilaksanakan dengan baik dengan sehingga merupakan bentuk kerjasama yang sailing menguntungkan bagi kedua daerah. Kerjasama antar kedua daerah ini diwujudkan melalui action networks dengan forum koordinasi, monitoring dan evalusi sebagai sarana interaksi kedua daerah dalam melakukan pembahasan kerjasama. Pemanfaatan dan pengelolaan sumber air wendit yang dilakukan sesuai dengan kemampuan dan kewenangan masing-masing daerah yang telah disepakati bersama. Akan tetapi secara keseluruhanm, evaluasi terhadap kerjasama pengelolaan sumber wendit ini terdapat beberapa kesepakatan yang tidak dilakukan oleh kedua daerah sehingga menimbulkankan kesalah pahaman yang terjadi sehingga terjadilah sengketa yang sudah bertahap pada Pengadila Tata Usaha Negara Jakarta. Kemudian untuk rumusan masalah yang ke2 berisikan bagaiaman penyelesaian sengketa kewenangan tersebut jika dilihat dari Hukum Adminitrasi Negara

English Abstract

In writing this thesis, the author discusses how the cooperation agreement between Malang city government and Malang district government began when the disputes between the two regions began and also how to resolve them in terms of State administrative law. With this first research problem formulation, how the process of cooperation and the beginning of water resource disputes between Malang city government and Malang district government in managing water resources, and second, how to resolve authority disputes in Malang city water resource management in terms of law state Administration. The type of research chosen by the researcher is normative juridical with the type of legal material used, namely primary legal material consisting of the Constitution, laws, regulations, agreements and so on and then there are also secondary legal materials in the form of official documents and interviews , journals and so on, there are also tertiary legal materials in the form of (KBBI), legal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520010447
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:20
Last Modified: 21 Oct 2022 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195895
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yuyun Na'ifatul Aufa (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item