Efektivitas Diversitas Diatom Dan Makrozoobentos Sebagai Bioindikator Perubahan Kualitas Air Sungai Prafi, Manokwari, Papua Barat.

Sinuraya, Sabarita and Dr. Catur Retnaningdyah, M.Si and Dr. Endang Arisoesilaningsih, M.S. and Dr. Suharjono, MS (2019) Efektivitas Diversitas Diatom Dan Makrozoobentos Sebagai Bioindikator Perubahan Kualitas Air Sungai Prafi, Manokwari, Papua Barat. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas fisika kimia Sungai Prafi berdasarkan nilai pH, DO dan Nitrat pada 8 lokasi masih sesuai bakumutu kelas I berdasarkan PP. No. 82 tahun 2001. Nilai BOD5 sesuai kelas III. Turbiditas di delapan lokasi ditemukan pada lokasi 5 dan 6 masih memenuhi bakumutu maksimum turbiditas suatu perairan berdasarkan WHO untuk air minum (<5 NTU). Sementara untuk lokasi 1, 2, 3, 5 dan 6 juga bisa digolongkan kedalam kegiatan budidaya ikan dengan persyaratan nilai turbiditas antara 2 sampai 30 NTU. Sedangkan pada lokasi 4, 7 dan 8 sudah melebihi standar menurut WHO dan persyaratan untuk budidaya perikanan. Nilai indeks dominansi (id), (E), (H’), TDI dan PTV diatom di seluruh lokasi penelitian masing-masing adalah parsial rendah; Keseragaman rendah, sedang dan tinggi sementara diversitas termasuk dalam kategori lebih stabil (pencemaran ringan) sampai kestabilan sedang (tercemar sedang); status oligotrofik dan mesotrofik; lokasi 2 dan 5 tidak tercemar pencemaran organik, lokasi1,3,7 dan 8 terpengaruh pencemaran organik, sementara lokasi 4 pencemaran berkontribusi untuk eutrofikasi sedangkan lokasi 6 tercemar berat pencemaran organik. Nilai indeks dominansi (id); (E); (H’); ASPT; FBI dan HBI makrozoobenthos masing masing adalah parsial rendah; keseragaman sedang sampai tinggi; belum tercemar sampai tercemar ringan; bersih dan ringan; sangat bagus (very good) dan bagus (good) sementara HBI termasuk kategori bersih, belum tercemar dan tercemar sedang. Berdasarkan PCA lokasi 1 dan 2 tidak tercemar dengan adanya genus Rhizosolenia, sementara lokasi 5, 7 dan 8 tercemar ringan dengan adanya genus Fragillaria, Pinnularia dan Tabellaria sedangkan lokasi 3,4 dan 6 tercemar sedang dengan adanya genus Gomphonema. Berdasarkan model struktural dengan menggunakan program PLS maka untuk menentukan kualitas air Sungai Prafi digunakan bioindikator (diatom) dengan parameter yang diukur adalah untuk landuse (hemeroby dan jasa lingkungan), sementara untuk kualitas air DO, indeks prati’s, dan lebar sungai, untuk nutrien yaitu orthofosfat, sedangkan untuk parameter diatom yaitu diversitas, kelimpahan dan TDI.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DIS/628.5/SIN/e/2019/061904778
Uncontrolled Keywords: Diatom, Kualitas air, Sungai Prafi, Papua.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 628 Sanitary engineering > 628.5 Pollution control and industrial sanitation
Divisions: S2/S3 > Doktor Biologi, Fakultas MIPA
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:35
Last Modified: 21 Oct 2022 02:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195885
[thumbnail of Sabarita Sinuraya.pdf] Text
Sabarita Sinuraya.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item