Peningkatan Pemahaman Teks Cerita Inspiratif Secara Daring Melalui Media Nearpod Siswa Kelas Ix Smp Bss Malang

Rahma Kharisma., Atikah (2022) Peningkatan Pemahaman Teks Cerita Inspiratif Secara Daring Melalui Media Nearpod Siswa Kelas Ix Smp Bss Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang siswa kelas IX E SMP BSS Malang yang kurang tepat menjawab soal yang diberikan saat pembelajaran daring menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks cerita inspiratif. Hal tersebut dikarenakan guru hanya mengacu pada buku teks pelajaran yang tidak bisa memotivasi siswa saat pembelajaran daring. Data tahap prasiklus menunjukkan hanya 60% siswa yang tuntas dalam pembelajaran menggunakan buku paket. Peneliti menggunakan media pembelajaran Nearpod untuk meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini meliputi (1) mendeskripsikan penerapan media Nearpod dalam meningkatkan pemahaman teks cerita inspiratif secara daring pada siswa siswa kelas IX SMP BSS Malang pada kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup pembelajaran; dan (2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman teks cerita inspiratif secara daring melalui media Nearpod pada siswa kelas IX SMP BSS Malang pada enam indikator. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Sumber data penelitian ini adalah kelas IX E SMP BSS Malang berjumlah 31 siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil tes siswa tentang materi teks cerita inspiratif, wawancara pada guru, observasi kegiatan pembelajaran, dan angket tentang media Nearpod. Penggunaan media Nearpod dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada proses dan hasil pembelajaran. Pembelajaran menjadi interaktif ketika menggunakan media Nearpod. Hasil lembar penilaian proses siswa, skor yang didapatkan pada prasiklus adalah 45,83 termasuk kriteria cukup dengan 5 indikator penilaian ketuntasan pemahaman yang belum tuntas, siklus I sebanyak 70,83 dengan kriteria baik dengan dengan 1 indikator penilaian ketuntasan pemahaman yang belum tuntas, dan siklus II sebanyak 87,5 dengan kualifikasi sangat baik dengan semua indikator ketuntasan pemahaman siswa yang tuntas. Hasil persentase ketuntasan siswa pada tahap prasiklus sebanyak 60%, siklus I sebanyak 80%, dan siklus II sebanyak 93,33%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Nearpod dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IX E SMP BSS Malang pada pembelajaran daring teks cerita inspiratif.

English Abstract

This research was conducted based on the background of class IX E SMP BSS Malang students who did not correctly answer the questions given during online learning by examining the structure, language, and content of inspirational story texts. This is because the teacher only refers to textbooks that cannot motivate students when learning online. Pre-cycle data shows that only 60% of students complete learning using textbooks. Researchers used Nearpod learning media to improve students' understanding. The aims of this study include (1) describing the application of Nearpod media in improving online understanding of inspirational story texts for class IX students of SMP BSS Malang in the introduction, core, and closing activities of learning; and (2) describe the increase in understanding of inspirational story texts online through Nearpod media in class IX students of SMP BSS Malang on six indicators. This research is a classroom action research (CAR) using the model developed by Kemmis and Mc. Taggart. The source of this research data is class IX E SMP BSS Malang totaling 31 students. The research data was obtained from the results of student tests on inspirational story text material, interviews with teachers, observations of learning activities, and questionnaires about Nearpod media. The use of Nearpod media is done to improve students' understanding of the learning process and outcomes. Learning becomes interactive when using Nearpod media. The results of the student process assessment sheet, the score obtained in the pre-cycle was 45.83 including sufficient criteria with 5 indicators of incomplete understanding completeness assessment, the first cycle was 70.83 with good criteria with 1 indicator of incomplete understanding completeness assessment, and the first cycle II as many as 87.5 with very good qualifications with all indicators of complete student understanding. The results of the percentage of students' completeness at the pre-cycle stage were 60%, the first cycle was 80%, and the second cycle was 93.33%. It can be concluded that the use of Nearpod media can improve students' understanding of class IX E SMP BSS Malang in online learning of inspirational story texts.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522120035
Uncontrolled Keywords: peningkatan pemahaman, teks cerita inspiratif, nearpod
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:24
Last Modified: 20 Oct 2022 01:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195832
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ATIKAH RAHMA KHARISMA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item