Pengawasan Penggunaan Visa Kunjungan Oleh Dosen Asing Yang Bekerja (Studi Di Wilayah Hukum Kantor Imigrasi Kelas I Malang)

Krisprilihan, Maria Winny and Dr. Shinta Hadiyantina,, S.H., M.H. and Bahrul Ulum Annafi,, S.H., M.H. (2020) Pengawasan Penggunaan Visa Kunjungan Oleh Dosen Asing Yang Bekerja (Studi Di Wilayah Hukum Kantor Imigrasi Kelas I Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan mengenai penyalahgunaan izin tinggal yang dilakukan oleh dosen asing di salah satu Perguruan Tinggi di Kota Malang. Pilihan tema tersebut di latarbelakangi karena adanya perbedaan jumlah dosen asing yang tercatat di Kantor Imigrasi Kelas I Malang dengan yang tercatat di Perguruan Tinggi, padahal seharusnya jika izin tinggal yang digunakan sesuai dengan peruntukkannya yakni dosen asing menggunakan izin tinggal terbatas maka tidak akan ada perbedaan jumlah maupun data di lapangan. Berdasarkan hal tersebut di atas, skripsi ini mengangkat rumusan masalah Bagaimana pengawasan penggunaan visa kunjungan oleh dosen asing yang bekerja di Wilayah Hukum Kantor Imigrasi Kelas I Malang? Faktor apa saja yang mempengaruhi pengawasan penggunaan visa kunjungan oleh dosen asing yang bekerja di wilayah Hukum Kantor Imigrasi Kelas I Malang? Kemudian penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu pendekatan yang mengkaji dan menganalisa aspek hukum dengan memperhatikan kenyataan yang terjadi di lapangan. Data primer dan data sekunder yang diperoleh penulis di analisis dengan menggunakan Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif dengan cara menganalisis informasi yang telah dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa pengawasan penggunaan visa kunjungan oleh dosen asing yang bekerja di Wilayah Hukum Kantor Imigrasi Kelas I Malang ini belum dilaksanakan secara maksimal karena faktor penegak hukum dimana kurangnya sumber daya manusia dalam melakukan tugas pengawasan orang asing (kurangnya Staff Pengawasan Kantor Imigrasi Kelas I Malang), faktor sarana atau fasilitas yang mendukung penegakan hukum dimana sarana dan prasarana serta anggaran di Wilayah Hukum Kantor Imigrasi Kelas I Malang xii masih kurang dan masih terbatas dan faktor masyarakat dimana masih banyak masyarakat yang tidak tahu tentang Hukum Perizinan yang berlaku bagi orang asing sehingga menimbulkan laporan/aduan yang tidak tepat.

English Abstract

In this thesis, the author raises the issue of abusing residence permits by foreign lecturers at one of the Universities in Malang. The choice of the theme is motivated by the difference in the number of foreign lecturers registered at Immigration Offices Malang and those registered in tertiary institutions, even though if a residence permit is used in accordance with its designation that foreign lecturers use a limited residence permit there will be no difference in the number of data in the field. Based on the foregoing, this thesis raises the formulation of the problem how to Supervise the Use of Visitor Visas By Foreign Lecturers Working in the Jurisdiction of Immigration Offices Class I Malang? What factors influence the Supervision of the Use of Visitor Visas By Foreign Lecturers Working in the Jurisdiction of Immigration Offices Class I Malang? Then the writing of this thesis uses empirical judicial research methods with a sociological juridical approach that is short in terms of paying for and specifying the legal aspects by paying attention to the reality in reality. Primary data and secondary data obtained by the author are analysed using qualitative descriptive analysis techniques by analysing information that has been collected through interviews and documentation. From the result of the research with the method above, the author obtained an answer to the existing problems that Supervision of the Use of Visit Visas By Foreign Lecturers Working in the Jurisdiction of Immigration Office Class I Malang has not been carried out optimally due to law enforcement factors where the lack of human resources in carrying out tasks foreigner supervision (lack of supervision of Immigration Office Class I Malang), facilities or facilities that support law enforcement where facilities and infrastructure, as well as budget in the working area of Immigration Office Class I Malang, are still lacking and still limited, and community factors where there are still many people who do not xiv know about the licensing laws that apply to foreigners, resulting in inaccurate reports/complaints

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520010400
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:13
Last Modified: 19 Oct 2022 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195810
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Maria Winny Krisprilihan (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item