Penerapan Pasal 34 Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia (Studi Di Puskesmas Kendalsari Kota Malang)

Sulendra, M. Bagus and Lutfi Effendi,, SH.M.Hum and Agus Yulianto, ,SH.MH (2020) Penerapan Pasal 34 Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia (Studi Di Puskesmas Kendalsari Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan Penerapan Pasal 34 Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi karena Daerah Kota Malang diberikan kewenangan dalam menyelenggaraaan kesejahteraan sosial namun belum terlaksana dengan benar, karena masih banyaknya lansia yang belum mendapatkan bantuan sosial yang mana hak dari lansia tersebut untuk kesejahteraan di kehidupannya. Dalam hal ini khususnya lansia di Daerah jalan papa kuning dan jalan kalpataru Kota Malang tidak banyak yang mengikuti dalam penyelenggaraan yang diadakan oleh lingkungan mereka seperti posyandu lansia yang mana memberikan pelayanan kesehatan terhadap lansia yang akhirnya mengakibatkan ketiadaan atau fakumnya pelayanan terhadap lansia tersebut Berdasarkan hal tersebut di atas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : (1) Bagaimana Penerapan Pasal 34 Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 13 Tahun 2015 terhadap lansia di Kota Malang dalam memperoleh pelayanan kesehatan? (2) Apa kendala dan upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Kendalsari dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada lansia? Kemudian penulisan menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologi. Jenis dan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu cara pembahasan dengan menggambarkan secara jelas dan sistematis data yang diperoleh untuk kemudian mengadakan analisis terhadap data tersebut, dengan tujuan adalah agar dapat dideskripsikan segala fenomena yang ada dalam praktek pelaksanaannya Dari hasil penelitian dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa penerapan Pasal 34 ayat (2) Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 13 Tahun 2015 terhadap lansia di Kota Malang sudah berjalan efektif, namun masih memiliki beberapa kekurangan, hal itu terbukti dengan masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan walaupun di usia lanjut. Selain itu kendala pokok yang dialami oleh UPT Puskesmas Kendalsari Kota Malang terkait pelayanan lansia di wilayah Kecamatan Lowokwaru mengenai rendahnya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, untuk menangani hal itu, pihak UPT Puskesmas Kendalsari Kota Malang mempunyai inisatif menggerakan peran aktif masyarakat yaitu dengan cara membentuk tim / kader kader kesehatan di organisasi PKK tingkat RW yang membantu dalam sosialisasi serta memberikan bantuan informasi seputar kesehatan.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520010397
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Oct 2022 01:56
Last Modified: 19 Oct 2022 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195804
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
M. Bagus Sulendra (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item