Nurani, Alisiananda Dewi and Dr.Warsiman, M.Pd (2020) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Metode Outdoor Study Pada Siswa Kelas VIII D Smp Negeri 2 Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Permasalahan yang terdapat pada pelaksanaan penelitian ini secara umum adalah kurangnya keterampilan siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Sidoarjo dalam pembelajaran menulis teks puisi. Permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran dapat dibuktikan dari hasil tahap prasiklus, yang diperoleh nilai rata-rata 52,97. Hal tersebut menunjukkan hasil pelaksanaan pembelajaran menulis teks puisi pada siswa kelas VIII-D masih rendah dan diperlukan adanya perbaikan untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Solusi perbaikan yang ditawarkan peneliti untuk memperbaiki permasalahan dalam pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran Outdoor Study pada pembelajaran menulis puisi. Hasil peningkatan pembelajaran dari segi proses ditandai dengan adanya peningkatan kegiatan siswa dalam pelaksanaan hasil observasi aktivitas guru siklus I pertemuan pertama sebesar 80,36%, dan pertemuan kedua sebesar 87,50% dari empat belas indikator penilian. Peningkatan hasil observasi aktivitas guru siklus II pertemuan pertama sebesar 91,07%, dan pertemuan kedua sebesar 96,43% dari empat belas indikator penilaian. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I pertemuan pertama sebesar 78,57%, dan pertemuan kedua sebesar 82,14% dari empat belas indikator penilaian. Hasil observasi aktivitas siswa siklus II pertemuan pertama sebesar 87,50%, dan pertemuan kedua 91,07% dari empat belas indikator penilaian. Peningkatan dari segi hasil pembelajaran menulis teks puisi ditandai dengan hasil nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 74,39, dan nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 86,25. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran Outdoor Study mampu meningkatkan pembelajaran menulis puisi dari segi proses dan hasil pembelajaran.
English Abstract
Poetry writing, as one of learning activities which is thought by teacher, need to be re-evaluated. The traditional learning method that limits students creativity must be removed. This research aims to upgrade the poetry writing skill through outdoor study method that takes a month of period. The researcher uses Classroom Action Research (CAR) and processes the data quantitatively. The result of the research shows that the poetry writing skill of students increase as time goes by. It can be seen from the first cycle that has 74.39% to be 86.25% in the second cycle. As well as the students writing skill, it also increases the result of teacher and student activity that is observed. The percentage of teacher activity increases from 86.60% in the first cycle to be 93.75% in the second cycle, meanwhile the student activity increases from 84.08% in the first cycle to be 89.28% in the second cycle. From these results, it can be concluded that outdoor study as the method of learning, increases students writing skill especially for poetry writing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520120017 |
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, menulis teks puisi, metode Outdoor Study,Improving, Writing Poetry, Outdoor Study learning Method |
Subjects: | 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 07:39 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 08:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195794 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alisiananda Dewi Nurani.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |