Estimasi Stok Karbon Mangrove Dengan Memanfaatkan Pemodelan Citra Satelit Penginderaan Jauh Dalam Menekan Emisi CO2

Muhsoni, Firman Farid (2018) Estimasi Stok Karbon Mangrove Dengan Memanfaatkan Pemodelan Citra Satelit Penginderaan Jauh Dalam Menekan Emisi CO2. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mangrove adalah salah satu ekosistem hutan yang mampu mengurangi efek rumah kaca. Kemampuan ekosistem mangrove dalam menyimpan karbon merupakan yang tertinggi dibandingkan hutan tropis, hutan subtropis dan hutan boreal. Kemampuan mangrove dalam mengurangi emisi CO2 sangat potensial. Metode estimasi stok karbon mangrove dengan citra satelit yang berkembang saat ini hanya memperhitungkan biomassa vegetasi saja tanpa memperhitungkan stok karbon tanah. Tujuan Penelitian ini adalah: mendapatkan data perbandingan estimasi stok karbon mangrove pada jenis mangrove muara dan mangrove laut; Mendapatkan model perhitungan stok karbon mangrove dengan akurasi yang lebih baik menggunakan citra satelit Sentinel-2 dan LDCM; Mendapatkan data perubahan stok karbon mangrove di Pulau Madura tahun 1994, 2002 dan 2017 dan konversi karbon ke CO2. Data citra yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah : citra Sentinel-2 dan citra Landsat (Landsat 5, Landsat 7 dan LDCM). Tahapan penelitian ada 4 tahapan. Tahap 1 analisis citra satelit Sentinel-2 dan Landsat mengggunakan analisis indeks vegetasi dan masking hasil klasifikasi wilayah mangrove. Tahap ini terdiri dari : a) Praprosesing koreksi radiometrik citra satelit dengan menggunakan metode at-sensor reflectance; b) Transformasi indeks vegetasi dengan 24 jenis indeks vegetasi (BR, GNVI, GR, SAVI, MSAVI, NDRE, NDVI, NDVI2, NDWI, NNIP, PSRI, RR, RVI, SVI, VIRE, VIRRE, WVVI, MTV1, MTV2, RDVI, VARI, VIGeen, MSR, TVI); c) Pemisahan wilayah mangrove hasil klasifikasi metode Otsu Threshold; d) Penentuan lokasi plot sampling. Tahap 2 pengukuran data lapang untuk perhitungan biomassa dan karbon mangrove. Estimasi biomassa dan karbon mangrove pada permukaan dan bawah permukaan mangrove menggunakan metode alometrik. Tahap 3 Pemodelan hybrid untuk estimasi karbon menggunakan citra Sentinel-2 dan Landsat. Pemodelan stok karbon mangrove dengan pendekatan statistik. Uji akurasi model dengan Root Mean Square Error (RMSE). Tahap 4 penerapan pemodelan untuk evaluasi perubahan stok karbon mangrove dan konversi ke CO2 secara temporal tahun 1994, 2002, 2017 di Pulau Madura.

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DIS/577.698/MUH/e/2018/061811957
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology > 577.69 Saltwater wetland and seashore ecology > 577.698 Mangrove swamp ecology
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Perikanan dan Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Oct 2022 08:42
Last Modified: 17 Oct 2022 08:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195762
[thumbnail of Firman Farid Muhsoni.pdf] Text
Firman Farid Muhsoni.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item