High Performance Work System Dan Resiliensi Organisasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Organisasi Dengan Mediasi Kepemimpinan Resilien Dan Budaya Organisasi (Studi pada Industri Penginapan Hotel Bintang 3 dan Setara di Kota Malang dan Batu)

Suryaningtyas, Dianawati and Prof.Dr.Achmad Sudiro,, SE.,ME. and Prof.Dr.Eka Afnan Troena, SE and Dodi Irawanto, SE.M.Com.,Ph.D (2019) High Performance Work System Dan Resiliensi Organisasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Organisasi Dengan Mediasi Kepemimpinan Resilien Dan Budaya Organisasi (Studi pada Industri Penginapan Hotel Bintang 3 dan Setara di Kota Malang dan Batu). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model konseptual baru resiliensi organisasi sebagai variabel multi-disipliner dan multi-dimensional kedalam ilmu manajemen sumberdaya manusia strategik, mengeksplorasi dan menguji: (1) hubungan High Performance Work System (HPWS) dengan resiliensi organisasi dan dampaknya pada kinerja organisasi, (2) resiliensi organisasi dengan kepemimpinan resilien dan bagaimana dampaknya pada kinerja organisasi, (3) resiliensi organisasi dengan kinerja organisasi yang dimediasi oleh budaya organisasi dan dampaknya pada kinerja organisasi dalam upaya merespon berbagai gangguan lingkungan eksternal akibat globalisasi. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan SEM-PLS, dengan sampel dengan jumlah 76 responden dari 38 perusahaan (hotel bintang 3, resort, dan premium guest house). Unit analisis yang digunakan adalah organisasi yang diwakili oleh General Manager, General Manager in charge, dan Manager/Supervisor SDM. Teknik sampling yang digunakan adalah judgment sampling. Teknik sampling ini dipilih karena pertimbangan tertentu yang menyesuaikan dengan masalah penelitian. Metode analisis menggunakan path analysis, dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square dengan software SmartPLS versi 3. Temuan penelitian menunjukkan bahwa HPWS berpengaruh signifikan terhadap resiliensi organisasi, namun tidak memberikan dampak terhadap kinerja organisasi. Resiliensi organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepemimpinan resilien, dan ketika diuji dampaknya terhadap kinerja organisasi hasilnya menjadi tidak signifikan. Resiliensi organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi dan dimediasi penuh oleh budaya organisasi. Dengan demikian, resiliensi organisasi sebagai variabel multi-disipliner dan multi-dimensional dapat digunakan didalam ilmu manajemen sumbersaya manusia strategik. Implikasi hasil penelitian ini bahwa perusahaan seharusnya secara strategik maupun operasional mempertimbangkan, memutuskan, dan melaksanakan resiliensi organisasi untuk mengantisipasi berbagai krisis, disrupsi dan tantangan lingkungan eksternal lainnya sebagai akibat globalisasi sehingga perusahaan mampu bertahan hidup, menjadi lebih baik dan kuat. Keterbatasan studi ini adalah tidak memasukkan indikator keuangan sebagai pengukuran kinerja organisasi.

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DIS/658.409 2/SUR/h/2019/061906246
Uncontrolled Keywords: HPWS, resiliensi organisasi, kepemimpinan resilien, budaya organisasi, tantangan lingkungan eksternal
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.409 Personal aspects of executive management > 658.409 2 Executive leadership
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:43
Last Modified: 14 Oct 2022 01:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195659
[thumbnail of Dianawati Suryaningtyas.pdf] Text
Dianawati Suryaningtyas.pdf

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item