Evaluasi Dan Perancangan Ulang Proses Bisnis Penyelenggaraan Pelatihan Di Instansi XYZ Dengan Pendekatan Business Process Management (BPM)

Kurniawan, Uli Mahendra and Ismiarta Aknuranda, S.T., M.Sc., Ph.D. and Tri Astoto Kurniawan, S.T., M.T., Ph.D. (2019) Evaluasi Dan Perancangan Ulang Proses Bisnis Penyelenggaraan Pelatihan Di Instansi XYZ Dengan Pendekatan Business Process Management (BPM). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Instansi XYZ merupakan lembaga pelatihan milik Pemerintah Republik Indonesia yang berada di bawah Kementerian Pertanian. Instansi XYZ mendapatkan tugas untuk memberikan pelatihan kepada penyuluh pertanian dan petani dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kemampuan di bidang pertanian. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal, instansi XYZ mengalami beberapa kendala dalam penyelenggaran pelatihan selama ini, antara lain penyediaan instrumen dan bahan praktek untuk pelatihan yang terlambat, tidak adanya pemodelan dari proses bisnis pelatihan yang dijalankan serta indikator kinerja keberhasilan pelatihan yang tidak tercapai. Fakta ini menjadi indikator awal dari tidak efektifnya proses bisnis penyelenggaraan pelatihan di instansi XYZ. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengevaluasi proses bisnis penyelenggaraan pelatihan untuk memastikan bahwa proses bisnis telah berjalan sesuai dengan harapan organisasi . Proses bisnis yang belum mampu memenuhi kebutuhan organisasi dilakukan perancangan ulang untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan yang dapat diterapkan pada instansi XYZ. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja Business Process Management (BPM) yang digunakan sebagai pedoman untuk mengidentifikasi, menganalisis dan menentukan usulan perbaikan pada proses bisnis. Hasil perbandingan estimasi waktu antara proses bisnis yang berjalan saat ini (as-is) dengan proses bisnis usulan (to-be) menunjukkan bahwa proses bisnis to-be dapat memperpendek durasi waktu proses bisnis as-is hingga 19 jam 55 menit (30% dari durasi waktu proses bisnis as-is). Proses bisnis to-be juga dapat mendukung pencapaian target nilai rerata CGI dengan menambahkan fungsi evaluasi nilai CGI pada setiap pelatihan. Selain menghasilkan model proses bisnis to-be, penelitian ini juga menghasilkan model proses bisnis as-is yang merepresentasikan proses bisnis saat ini sehingga dapat diusulkan menjadi dokumen resmi organisasi.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.05/KUR/e/2019/041906529
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.05 Computer applications
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 10 Oct 2022 01:53
Last Modified: 10 Oct 2022 01:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195459
[thumbnail of Uli Mahendra Kurniawan.pdf] Text
Uli Mahendra Kurniawan.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item