Oktavianus, Bryan Satthavana and Prof. Dr. Eng Widya Wijayanti, ST.,MT and Prof. Dr. Eng Mega Nur Sasongko, ST.,MT. (2022) Pengaruh Variasi Temperatur Terhadap Laju Reaksi Pirolisis Pada Proses Dekomposisi Senyawa Polypropylene (PP) dan Scrap Tire (ST). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sampah plastik dan ban bekas kendaraan menjadi salah satu penyumbang sampah anorganik terbesar di dunia. Sampah plastik dan ban bekas kendaraan merupakan jenis sampah anorganik, dimana jenis sampah anorganik adalah jenis sampah yang sulit terurai, sehingga apabila terus dibiarkan akan menyebabkan akumulasi sampah yang banyak dan akan berdampak negatif pada lingkungan. Untuk mengurangi dampak dari sampah plastik dan ban bekas kendaraan (scrap tire), kita dapat melakukan proses pirolisis, dimana pada proses ini sampah plastik dan ban bekas kendaraan dikonversi menjadi bahan bakar alternatif. Pada penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh variasi temperature pada laju reaksi pirolisis pada proses dekomposisi senyawa polypropylene dan scrap tire. Proses pirolisis ini menggunakan heating rate sebesar 10°C/menit, selama 90 menit dengan reactor jenis fixed-bed. Dari hasil pirolisis didapatkan produk berupa minyak, char, gas. Minyak hasil pirolisis yang didapatkan nantinya akan analisis kandungan senyawanya dengan melakukan pengujian Gas Chromatography Mass Spectrometry (GC-MS) dan sifat fisiknya dengan melakukan pengujian densitas, viskositas, dan nilai kalornya. Untuk mengalisa proses dekomposisi termal juga perlu dilakukan pengujian Thermogravimetric Analysis (TGA), yang kemudian dari data TGA dapat digunakan untuk mencari Energi aktivasi dan Laju reaksi. Hasil dari penelitian menunjukan hubungan antara komposisi campuran dengan laju reaksi dan laju reaksi dengan sifat fisik.
English Abstract
Plastic waste and scrap tires are among the most significant contributors to inorganic waste globally. Plastic waste and vehicle scrap tires are types of inorganic waste. Inorganic waste is a type of waste that is difficult to decompose, so if left unchecked, it will cause a lot of waste accumulation and harm the environment. To reduce the impact of plastic waste and used vehicle tires, we can carry out a pyrolysis process, wherein this process plastic waste and used vehicle tires become alternative fuels. In this study, we will discuss the effect of temperature variations on the rate of the pyrolysis reaction in the decomposition process of polypropylene and scrap tire compound. This pyrolysis process uses a heating rate of 10°C/minute for 90 minutes with a fixed-bed reactor, from the pyrolysis products obtained in the form of oil, char, and gas. The pyrolysis oil obtained will be analyzed for its compound content by testing Gas Chromatography-Mass Spectrometry (GC-MS) and its physical properties by testing its density, viscosity, and heating value. To analyze the thermal decomposition process, it is also necessary to carry out a Thermogravimetric Analysis (TGA) test, which then, from the TGA data, can be used to find the activation energy and reaction rate. The results showed a relationship between the mixture composisition with the rate of reaction and the reaction rate with physical properties.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522070195 |
Uncontrolled Keywords: | Pirolisis, Polypropylene, Scrap Tire, GC-MS, TGA, Sifat Fisk, Laju Reaksi, Pyrolysis, Polypropylene, Scrap Tire, GC-MS, TGA, Physical Properties, Reaction Rate. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.8 Machine engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 01:43 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 01:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195451 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Bryan Satthavana Oktavianus.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |