Reformulasi Sistem Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung Menurut Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 2016

Hindiawati, Wahyu and Prof. Dr. Sudarsono,, S.H., M.S and Dr. Iwan Permadi,, S.H., M.Hum (2019) Reformulasi Sistem Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung Menurut Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 2016. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem pemilihan kepala daerah secara langsung terdapat pada Pasal 1 angka 1 UU Nomor 10 Tahun 2016 berbunyi “pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota yang selanjutnya disebut pemilihan adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di wilayah provinsidan kabupaten atau kota untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota secara langsung dan demokratis. Pasal ini sejalan dengan Pasal 18 ayat (4) UUD NRI Tahun 1945 yaitu Gubernur, Bupati, dan Walikota masing-masing sebagai kepala pemerintah daerah provinsi, kabupaten, dan kota dipilih secara demokratis. Pergantian regulasi yang mengatur tentang pilkada, yang menunjuk Pasal 18 ayat (4) UUD NRI Tahun 1945 itu kata demokratis ditafsir dipilih oleh rakyat secara langsung, padahal demokrasi itu dapat dilakukan secara langsung maupun perwakilan. Ada satu tafsir yang tidak pernah digunakan adalah tafsir bahwa demokratis itu musyawarah mufakat. Apabila dilihat, pembentuk Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 menafsirkan bahwa pemilihan kepala daerah secara langsung sangat penting karena pemilihan lebih demokratis dan lebih terbuka terdapatnya partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam memberikan suara maupun untuk menjadi kandidat sangat terbuka. Dan disamping itu pula bisa dikatakan sitem pemilihan kepala daerah secara langsung lebih legitimasi dan kompetitif. Melalui penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute Approach), pendekatan filsafat (Philosophy approach), dan pendekatan konseptual (conceptual approach) sehingga penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tiga hal yang menjadi objek penelitian yaitu 1)Bagaimana reformulasi pengaturan sistem pemilihan kepala daerah secara langsung di dalam Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota menjadi Undang-Undang? 2). Apa akibat hukum yang dapat timbul dari pengaturan sistem pemilihan kepala daerah secara langsung? 3). Bagaimana pengaturan sistem pemilihan kepala daerah kedepannya? Hasil Penelitian ini dan sekaligus sebagai kesimpulan menunjukkan bahwa pertama reformulasi pengaturan sistem pemilihan kepala daerah secara langsung di dalam Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota menjadi Undang-Undang adalah untuk menyempurnаkаn mаteri muаtаn berdаsаrkаn Putusаn Mаhkаmаh Konstitusi, memberi kejelаsаn rumusаn terhаdаp pаsаl-pаsаl yаng bersifаt multitаfsir dаn mengаkomodаsi kebutuhаn pengаturаn demi terwujudnyа penyelenggаrааn pilkаdа yаng lebih demokrаtis. Kedua, akibat hukum yang dapat timbul dari pengaturan sistem pemilihan kepala daerah secara langsung adalah semua daerah dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah wajib dilaksanakan secara langsung. Ketiga, Undаng-Undаng memberi peluang kepala daerah untuk menentukan pilihan, apakah pemilihan kepada daerah dilaksanakan secara langsung atau lewat pemilihan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat dengan mempertimbangkan faktor kesejahteraan masyarakat, pendidikan masyarakat, kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warganegara, serta melihat situasi dan kondisi alam daerah tersebut. Rekomendаsi bаgi pembentuk undаng-undаng bаhwа sehаrusnyа pembentuk undаng-undаng mengkаji lebih dаlаm terkаit sistem pemilihаn kepаlа dаerаh secаrа lаngsung. Kаrenа mаsih bаnyаk kendаlа yаng dihаdаpi di negri ini, yаng аntаrа lаin bаnyаknyа prаktek money politic, menghаbiskаn banyak biaya, baik yang bersumber dari APBN maupun APBD dan sering terjadi konflik horisontal antara pendukung pasangan calon kepala daerah. Disаmping itu pulа sehаrusnyа jugа dipikirkаn mаnа-mаnа daerah yаng cocok untuk diterаpkаn sistem pemilihаn kepаlа dаerаh secаrа lаngsung.Kаrenа tidаk semuа dаerаh sudаh siаp dаlаm melаksаnаkаn pilkаdа lаngsung. Seperti contohnyа dаerаh Papua, dаerаh ini terkendаlа dengаn аkses medаn yаng tidаk mendukung. Terkаit dengаn hаl itu, setiаp dаerаh diberi kewenаngаn untuk menentukаn pilihаn menggunаkаn sаlаh sаtu model (pilihаn lаngsung, pilihаn lewаt perwаkilаn DPRD) sesuаi situаsi dаn kondisi dаerаh tersebut.

English Abstract

Direct elections of local government heads are regulated in Article 1 Point 1 of Act Number 10 of 2016 stating that governor and vice-governor, regent and vice-regent, and mayor and vice-mayor elections are conducted as to run the sovereignty of the people residing in provinces, regencies, and cities for fair and democratic elections. This article is found relevant to Article 18 Paragraph (4) of 1945 Indonesian Constitution suggesting that governors, regents, and mayors are democratically elected as local government heads of provinces, regencies, and cities. There has been a change in the regulation concerning the elections, where in Article 18 Paragraph (4) of 1945 Constitution, the term‘democratic’ is interpreted by most as ‘direct’ while ‘democratic’ is not aimed to be restricted to only ‘direct’, but it can be understood as ‘to represent’. Another interpretation that has never been used is that ‘democratic’ can also mean ‘a discussion to come to an agreement’. It is clear that Act Number 10 of 2016 suggests that direct elections for local government heads are paramount since the elections can be carried out in a more democratic way and more open for people to participate in voting or to become candidates. Moreover, direct system of elections is deemed more legitimate and competitive. Through normative legal research with statute, philosophical, and conceptual approaches, this research is aimed to study the three following issues: 1) reformulation in system regulation over elections of direct government heads in Act Number 10 of 2016 concerning Second Amendment to Act Number 1 of 2015 concerning Stipulation of Government Regulation in Lieu of Law Number 1 of 2014 concerning Elections of Governors, Regents, and Mayors to an Act, 2) legal consequence caused by the system regulation concerning the direct elections, 3) regulating the system required in direct elections in the future. This research concludes that the reformulation of the regulation of the system required in direct local government head elections in Act Number 10 of 2016 concerning Second Amendment to Act Number 1 of 2015 concerning Stipulation of Government Regulation in Lieu of Law Number 1 of 2014 concerning Elections for Governors, Regents, and Mayors to an Act are aimed to improve the relevant matters based on Decision of Constitutional Court, to clarify multi-interpretation of Articles, and to accommodate the need for regulation for a more democratic local government head elections. Moreover, it is concluded that the legal consequence caused by the system regulation over the direct elections is that it is a must for the elections to be conducted directly, and the law should give a chance for the local government heads to participate in voting. Whether the elections take place directly or involve representatives in the Regional House of Representatives, the elections should still take into account people’s welfare, education, and their awareness of their rights and obligations as citizens, and the nature of the conditions of the regions involved. It is recommended that the law making further involve the system required in direct elections of local government heads, since elections are prone to money politic and huge expenses deducted from both state budget and regional budget, where conflict among candidates for local government heads is potential to occur. Considering which areas are safe for elections is important to take since not all areas hold direct elections. For example, Papua is the area where elections are not possible to hold since this region has limited accessibility. This situation shows that there is an option of using authorities to elect local government heads whether by means of direct election or representatives assigned in the Regional House of Representatives.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/328.35/HIN/r/2019/041904236
Subjects: 300 Social sciences > 328 The legislative process > 328.3 Specific topics of legislative bodies > 328.35 Sessions
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Hukum, Fakultas Hukum
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Oct 2022 01:10
Last Modified: 10 Oct 2022 01:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195438
[thumbnail of Wahyu Hindiawati.pdf] Text
Wahyu Hindiawati.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item