Pertamina Spiritual Marketing Sebagai Bentuk Penerapan Marketing 3.0 Di Wilayah Marketing Operation Region I Medan. P.T. Pertamina (Persero)

Marsono, Tito Rivanto and Dr. Sumiati, SE., M.Si., CSRS., CFP and dr. Wahdiyat Moko, Se., MM. (2019) Pertamina Spiritual Marketing Sebagai Bentuk Penerapan Marketing 3.0 Di Wilayah Marketing Operation Region I Medan. P.T. Pertamina (Persero). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teori marketing berkembang sangat pesat setelah semakin cepatnya teknologi informasi dan komunikasi. Dimulai dari saat perusahaan mobil Ford memproduksi kendaraan Ford model T yang terkenal, teori marketing 1.0 cukup lama mendominasi, dari awal abad 20 sampai dengan akhir abad 20. Kemudian di awal abad 21 disaat teknologi informasi berkembang, teori marketing 2.0 muncul. Selanjutnya teori marketing 3.0 muncul sebagai kelanjutan dari teori sebelumnya untuk menjawab kebutuhan konsumen akan aktualisasi diri yang ingin memberikan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan. Pertamina Spritual Marketing (PSM) hadir sebagai bentuk adaptasi dan jawaban PT Pertamina (Persero) serta aplikasi teori marketing 3.0. PSM dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang bertujuan agar PT Pertamina (Persero) dapat memberikan kontribusi positif kepada para stakeholder.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.8/MAR/p/2019/042000794
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Oct 2022 00:09
Last Modified: 10 Oct 2022 00:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/195434
[thumbnail of Tito Rivanto Marsono.pdf] Text
Tito Rivanto Marsono.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item